Tempat Wisata di Jabar Diminta Batasi Pengunjung Saat Libur Panjang

Tempat Wisata di Jabar Diminta Batasi Pengunjung Saat Libur Panjang

Berita Jabar, (harapanrakyat.com),- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan, pihaknya akan menempatkan petugas parawisata di sejumlah tempat wisata di Jabar (Jawa Barat) untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan pada libur panjang akhir Oktober nanti.

Hal itu sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di area wisata yang diperkirakan akan banyak dikunjungi wisatawan dari mulai tanggal 28 Oktober hingga 1 November 2020.

Pemprov Jabar pun sudah meminta kepada seluruh pengelola wisata di Jabar agar membatasi kunjungan wisatawan hingga 50 persen.

“Jadi saat liburan panjang nanti jangan sampai ada tempat wisata yang menjadi tempat berkeruman manusia tanpa memperhatikan prokokol kesehatan. Kapasitas pengunjung harus setengahnya atau 50 persen. Apabila ada tempat wisata di Jabar yang melanggar akan kami beri sanksi,” tegasnya, seperti dikutip dari pres rilis Humas Pemprov Jabar, Minggu (25/10/2020).

Baca juga: Kepala Daerah Diminta Batasi Aktivitas Tempat Wisata Saat Libur Panjang

Emil—sapaan akrab Ridwan Kamil– mengatakan memang tidak ada larangan bepergian pada liburan panjang nanti. Namun pihaknya wajib mengingatkan masyarakat agar patuh menjalankan protokol kesehatan 3M.

Yakni menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand saniteser dan menjauhi tempat berkerumun serta selalu menjaga jarak dengan orang lain.

“Kami wajib mengingatkan agar pasca liburan panjang nanti tidak berdampak terhadap peningkatan angka kasus positif Covid-19. Makanya kami meminta kepada pengelola tempat wisata di Jabar untuk membantu mengendalikan mobilitas warga agar tidak menciptakan kerumunan,” ungkapnya.

Kawasan Puncak Cianjur Tempat Wisata di Jabar yang Dipantau Khusus

Emil juga mengatakan pihaknya sudah mempersiapakan langkah antisipasi agar tidak terjadi keramaian yang menciptakan kerumuman manusia di jalur puncak Cianjur. Karena menurutnya kawasan puncak kerap menjadi tempat tujuan wisata warga Jakarta.

“Kami akan memantau pergerakan mobilitas warga yang masuk ke kawasan puncak Cianjur. Apabila pergerakan warga sudah melebihi volume yang diperkirakan, maka langkah selanjutnya akan melakukan penyekatan atau penutupan,” ujarnya.

Namun, kata Emil, penutupan tersebut tidak 100 persen. Hanya pada jam-jam tertentu atau ketika terjadi peningkatan gelombang wisatawan.

Baca juga: Angka Kasus Covid-19 Dikhawatirkan Melonjak Pasca Libur Panjang

“Kami memperkirakan pada libur panjang akhir Oktober nanti akan terjadi gelombang wisatawan yang cukup besar ke sejumlah tempat wisata di Jabar. Makanya harus dikendalikan,” katanya.  

Emil pun menghimbau kepada warga Jakarta agar tidak memaksakan diri untuk berlibur ke kawasan puncak ketika angka positif Covid-19 saat ini masih terus menunjukan peningkatan.

“Lebih baik berwisata di wilayah dekat rumah masing-masing. Memang tidak ada larangan pergi kemanapun. Namun untuk mengantiaspasi penyebaran Covid-19 kami membatasi pengunjung masuk ke tempat wisata di Jabar. Makanya apabila kapasitas sudah melebihi batas, mohon maaf akses akan kami tutup,” ungkapnya.  

Emil berharap upaya pihaknya bisa mencegah penyebaran Covid-19 di tempat-tempat wisata. Sehingga tidak terjadi lonjakan angka pasien positif selang dua minggu pasca liburan panjang.

“Namun kami mengingatkan kepada masyarakat alangkah baiknya untuk menahan diri tidak berpergian pada libur panjang akhir Oktober nanti. Meskipun seluruh tempat wisata di Jabar kami buka, namun kapasitasnya hanya untuk 50 persen pengunjung. Artinya jika tidak dikendalikan dikhawatirkan menjadi tempat penyebaran Covid-19,” ujarnya. (Bgj/R2/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

The post Tempat Wisata di Jabar Diminta Batasi Pengunjung Saat Libur Panjang appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/tempat-wisata-di-jabar/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064