Tak Kuat Nanjak, Truk Trailer Melintang di Tanjakan Salawe Ciamis

Tak Kuat Nanjak, Truk Trailer Melintang di Tanjakan Salawe Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Truk trailer sepanjang 14 meter yang bermuatan semen sekitar 56 ton terperosok ke selokan karena tidak kuat menanjak di tanjakan Salawe, Dusun Tunggalrahayu, Desa/Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Kamis (22/10/2020).

Akibatnya, badan truk yang bernomor polisi S 9773 UH itu melintang ke tengah jalan sehingga menutup bahu jalan dan menyebabkan kemacetan.

Dengan adanya kejadian tersebut, jalur sementara dialihkan melalui jalan Dusun Sarirahayu, Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis.

Menurut salah satu warga setempat, Dodeng mengatakan, pihaknya mengetahui truk trailer yang terperosok ke selokan itu kemarin hari Rabu (21/10/2020) sore hari.

Memang kondisi medan jalan di tanjakan Salawe itu ada belokan tajam, jadi tidak mudah untuk dilalui kendaraan yang berat dan panjang.

“Ini dari kemarin, saya telah menanyakan kepada supirnya bahwa kata supirnya ia nyasar, mau ke arah Tasikmalaya namun malah belok ke arah Cimaragas, padahal sebelum tiba di tanjakan Sawale, masyarakat di Desa Cikawung sudah melarang agar tidak lewat sini karena tidak akan muat,” katanya.

Dengan adanya kejadian ini, jalur Cimaragas-Ciamis dan sebaliknya tertutup. Karena, badan truk menghalangi jalan tersebut. Akibatnya, jalan harus dialihkan ke Dusun Sarirahayu, Desa Cimaragas.

“Untuk sementara jalan dialihkan, tapi tetap saja kemacetan tak terbendung. Pasalnya jalan di Dusun Sarirahayu kondisinya hanya muat satu unit mobil saja. Jadinya, harus tutup buka jalur karena tidak bisa dilalui oleh dua jalur,” ucapnya.

Pengemudi Truk Trailer Orang Kebumen

Sementara itu, Kasat Satlantas Polres Ciamis, AKP. Zanuar Cahyo Wibowo mengatakan, truk trailer yang bermuatan semen itu dikemudikan oleh Wagiman (48) warga Desa Kotawinangun, Kecamatan Kota Winangun, Kabupaten Kebumen.

Jadi, lanjutnya, truk tersebut tujuannya ke Tasikmalaya. Namun, setelah masuk ke arah jalan Lingkar Selatan di Bojong, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Pengemudi malah mengambil jalur kiri yaitu ke arah Cimaragas, bukan jalur kanan yaitu arah Tasikmalaya.

“Kami saat ini sedang mengevakuasi truk tersebut. Pasalnya, truk trailer dengan panjang sekitar 14 meter ini bermuatan semen sekitar 56 ton, jadi lumayan sulit. Terlebih kondisi dilapangan medannya sangat terjal,” katanya.

Menurutnya, evakuasi terhadap kendaraan truk yang mogok sampai saat ini belum berhasil dilakukan.

Sehingga arus lalu lintas dari Cijeungjing menuju Cimaragas dan sebaliknya masih dialihkan ke jalan Dusun Sarirahayu, Desa Cimaragas,Kecamatan Cimaragas.

“Saya himbau kepada pengguna jalan agar berhati-hati melawati jalur saat ini. Pasalnya, pengalihan jalan dialihkan ke jalan Dusun Sarirahayu. Kondisi jalan tersebut kecil hanya cukup dilalui oleh satu unit mobil, jadi tidak bisa digunakan langsung dua jalur,” tuturnya.

Untuk sementara, petugas dari Polres Ciamis dan Dinas Perhubungan Ciamis dibantu oleh warga setempat, saat ini masih mengevakuasi truk trailer tersebut. (Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang

The post Tak Kuat Nanjak, Truk Trailer Melintang di Tanjakan Salawe Ciamis appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/tak-kuat-nanjak-truk-trailer-melintang-di-tanjakan-salawe-ciamis/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064