Struktur Kuku Manusia Beserta Fungsi dalam Proses Pembentukannya

Struktur Kuku Manusia

Struktur kuku manusia dan fungsinya sangat berkaitan erat dengan proses pertumbuhannya. Tahukah anda kenapa kuku pada jari tangan pertumbuhannya lebih cepat daripada kuku pada jari kaki?

Anatomi dari kuku beserta fungsi terhadap pertumbuhan juga merupakan suatu hal yang penting untuk anda ketahui. Karena, dengan hal ini akan dapat mengetahui mengenai proses pertumbuhannya serta penyakit yang sering menimpa salah satu bagian organ tubuh tersebut.

Struktur Kuku Manusia

Mengutip Wikipedia, kuku merupakan lempengan dari keratin yang berupa cakar pada ujung jari kaki dan tangan yang terdapat pada primata. Salah satunya terdapat pada manusia.

Sama halnya dengan tulang dan juga gigi, kuku merupakan bagian paling sulit dari tubuh kita, sebab mengandung air yang sangat rendah. Kuku terdiri atas protein yang dapat kita sebut dengan keratin.

Keratin ini juga sama terdapat pada rambut dan kulit kita. Dalam tiap kuku akan tumbuh dari kantong kecil yang ada pada bagian bawah kulit, ini biasa kita kenal dengan nama matriks kuku.

Matriks kuku merupakan salah satu struktur kuku manusia yang selalu menghasilkan sel-sel baru. Kemudian, mendorong sel-sel yang lebih tua untuk tumbuh ke atas dan keluar ke ujung-ujung jari kita. Proses tumbuh kuku tersebut berasal dari sepetak kecil kulit yang ada pada bagian bawah kuku (dasar kuku).

Laluna merupakan sebuah garis keputihan yang kemungkinan terdapat pada kuku bagian bawah. Misalkan anda tak melihat laluna, jangan khawatir, karena sebenarnya laluna terdapat pada bagian bawah kuku anda.

Bahkan, jika dari beberapa orang dengan kuku yang lebih kecil akan melihat laluna dengan menggunakan kaca pembesar (karena laluna tak selalu dapat terlihat).

Untuk lebih lengkapnya, kuku juga terdapat struktur yang sangat penting dengan melakukan fungsi sebagaimana mestinya. Struktur kuku manusia tersebut meliputi:

Baca Juga: Struktur Hidung Manusia dan Fungsi Anatomi yang Penting untuk Diketahui

Matriks (Matriks Unguis)

Bagian dari kuku ini merupakan membran teratogenous, onikostroma, atau matrik kuku yang ialah jaringan (matrik germinal) yang terlindung oleh kuku.

Bagian ini sebagai bantalan kuku yang letaknya ada pada bagian bawah kuku. Kemudian mengandung saraf, pembuluh darah, dan juga getah bening.

Matrik akan menghasilkan sel yang nantinya akan menjadi lempeng kuku. Lebar, ketebalan, serta kepadatan pelat akan berdasarkan ukuran, panjang, dan ketebalan dari matriks. Sementara itu, bentuk dari tulang jari akan menentukan apakah pelat itu melengkung, rata, atau justru bengkok.

Laluna (Bulan Kecil)

Bagian dari struktur kuku manusia selanjutnya adalah laluna atau bulan kecil. Bagian ini akan terlihat pada matriks. Laluna adalah dasar kuku yang tampak seperti bentuk bulan sabit. Sementara itu, laluna yang paling baik akan tampak pada bagian ibu jari, dan kemungkinan tak tampak pada jari kelingking.

Dasar Kuku

Bagian ini merupakan bagian kulit pada bawah lempeng kuku. Seperti pada semua kulit, dasar kuku berasal dari dua jaringan yakni dermis yang dalam dan terletak pada bagian bawah lempeng kuku.

Ia bergerak ke ujung jari bersama lempeng. Lalu, epidermis yang melekat pada dermis oleh alur yang memanjang kecil (puncak matriks) atau krista matriks unguis. Kemudian, pada saat usia tua, lempeng akan menjadi lebih tipis dan juga lekukannya menjadi lebih tampak.

Baca Juga: Perbedaan Faring dan Laring, Pengertian, Fungsi dan Strukturnya

Sinus Kuku (Sinus Unguis)

Sinus unguis atau sinus kuku adalah tempat terdapat akar kuku, yaitu pangkal dari kuku yang ada pada bagian bawah kulit. Bagian sinus kuku ini berasal dari jaringan yang mana selalu tumbuh aktif pada bagian bawah (matriks).

Plat Kuku (Corpus Unguis)

Plat kuku merupakan struktur kuku manusia yang keras dan terbuat dari protein keratin. Kemudian tumbuh dan tembus cahaya. Hal yang menjadikan kuku kuat tapi fleksibel adalah adanya beberapa lapisan dari sel mati yang padat.

Bentuknya melintang yang berdasarkan bentuk tulang pada bagian bawahnya. Sehingga, pada penggunaan kata umum, kuku sering orang sebut pada bagian ini saja.

Baca Juga: Tulang Rusuk Manusia, Mengenal Struktur dan Fungsi pada Tubuh

Tepi Bebas (Margo Liber)

Tepi bebas atau dapat kita sebut dengan tepi distal. Bagian ini merupakan tepi anterior lempeng dari kuku yang berkaitan dengan tepi abrasif atau kuku yang tajam.

Hyponychium (Quick)

Bagian ini adalah bagian epitel dan juga kulit ujung pada jari. Bagian ini membentuk segel yang melindungi dasar kuku.

Pita Onikodermal

Bagian ini merupakan segel antara hiponikium dan lempeng kuku. Terletak pada bagian bawah tepi kebas, yang mana bagian kuku orang yang memiliki kulit putih akan terlihat seperti kaca yang keabu-abuan. Bagian struktur kuku manusia ini tak akan terlihat pada orang tertentu, akan tetapi juga lebih menonjol pada beberapa individu. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

The post Struktur Kuku Manusia Beserta Fungsi dalam Proses Pembentukannya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/struktur-kuku-manusia/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064