Simulasi Penyuntikan Vaksin Covid-19 di Jabar Mulai Dilaksanakan di Depok

Simulasi penyuntikan vaksin Covid-19

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Simulasi penyuntikan vaksin Covid-19 di Jabar mulai dilaksanakan. Gubernur Jabar Ridwan Kamil melakukan pemantauan langsung di Puskesmas Poned Tapos Depok, Kamis (22/10/2020).

Ridwan Kamil menyebutkan tujuan simulasi ini untuk mengetahui waktu dan kapasitas orang yang bisa menjalani proses vaksinasi dalam sehari.

“Dalam simulasi ini kita dapat gambaran penyuntikan vaksin dari Puskesmas bisa berapa kali dalam sehari. Misalnya, 100 orang sehari kemudian ada berapa jumlah puskesmas lalu kali jumlah target sasaran. Jadi simulasi ini penting,” kata Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan ini, Ridwan Kamil pun menjalani semua proses rangakain simulasi. Dari screening, lalu cuci tangan, lalu cek adminiatrasi, pemeriksaan kesehatan, penyuntikan dan menunggu 30 menit. Untuk memantau reaksi dari vaksin.

Ridwan Kamil menyebut membuat sejumlah skenario simulasi penyuntikan vaksin Covid-19. Untuk menilai kapasitas puskesmas terutama dalam hal kuota. Apabila kurang, akan menggunakan gedung publik untuk tempat penyuntikan vaksin.

Selain itu, tenaga kesehatan juga menjadi perhatian. Apabila kurang, Pemprov Jabar siap membuka rekrutmen tenaga relawan dengan berbagai kriteria sesuai fungsinya. 

“Jadi untuk mengetahui jumlah kapasitas, jumlah puskesmas di Jabar cukup atau tidak, kalau kurang nanti bisa memakai fasilitas gedung untuk tempat vaksinasi. Termasuk tenaga kesehatannya,” katanya.

Setelah simulasi penyuntikan vaksin Covid-19 ini, sekitar 9,1 juta penduduk Indonesia akan menjalani vaksinasi dari November-Desember 2020. Pemerintah membeli tiga vaksin dari tiga produsen luar negeri.

Proyeksi pertama yang akan menjalani vaksinasi adalah Kota Depok. Kemudian ke empat daerah lainnya kawasan Bodebek. Pemprov Jabar ajukan alokasi sekitar 3 juta untuk vaksinasi. Terutama untuk Bodebek dengan epidemiologi tinggi. Namun penentuan jumlah alokasi vaksin adalah kewenangan pusat.

Usai mendapat gambaran simulasi penyuntikan vaksin Covid-19, nantinya prioriitas vaksinasi adalah tenaga kesehatan rumah sakit rujukan, nakes laboratorium dan TNI/Polri. Juga vaksinasi untuk warga dengan usia 18-59 tahun. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang

The post Simulasi Penyuntikan Vaksin Covid-19 di Jabar Mulai Dilaksanakan di Depok appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/simulasi-penyuntikan-vaksin-covid-19-di-jabar-mulai-dilaksanakan-di-depok/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064