Seorang Kakek dari Ciamis Terlantar di Kota Banjar Akan Dibawa ke Provinsi

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Ayi Karya Iriansyah, seorang kakek berusia 59 tahun warga RT 07/10 Desa Kawunglarang, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis terlantar pada sebuah rumah penginapan sementara (RPS) Dinsos P3A Kota Banjar, Jawa Barat.

Ia terlantar hingga menempati rumah tersebut sejak Sabtu malam lima hari yang lalu dan rencananya akan membawa ke lembaga kesejahteraan sosial (LKS) Provinsi Jawa Barat.

Menurut Petugas shelter Dinsos P3A Kota Banjar, Sri Mulyani, kakek berusia 59 tahun awalnya merupakan warga yang terlantar dan salah satu warga membawanya ke kantor.

Saat itu, petugas shelter yang berjaga langsung menerima kakek tanpa identitas tersebut dengan alasan kemanusiaan karena merasa iba.

Terlebih, pada saat dalam perjalanan, waktunya sudah larut malam serta kondisi kakek tersebut kurang begitu sehat.

“Setelah itu, mendapatkan perawatan dari RPS. Bahkan, sempat juga ke rumah sakit karena kakinya mengalami luka,” ujar Sri kepada HR Online, Rabu (28/10/20).

Lebih, lanjut ia menceritakan, karena kakek tersebut tidak membawa identitas serta sulit untuk berkomunikasi kemudian petugas berusaha mencari informasi alamat sang kakek namun tak kunjung ketemu.

Selang beberapa hari kemudian, datang keluarga yang pernah berhubungan dengan sang kakek atau (mantan isteri) sambil membawa identitas kakek tersebut.

Namun demikian, yang bersangkutan tidak bersedia membawa kakek itu dengan alasan tersendiri atau alasan keluarga.

“Alamat kakek itu orang Rancah, Kabupaten Ciamis. Kami sudah berusaha mencari anggota keluarganya yang lain tapi tidak ketemu,” terang Sri.

Baca juga: Warga Desa Cibeureum Kota Banjar Punya Akses Jalan Baru

Merujuk ke Provinsi

Lanjut Sri mengatakan, karena tidak menemukan pihak keluarga yang lain, untuk itu pihak Dinas Sosial P3A berencana akan merujuk kakek tersebut ke lembaga kesejahteraan sosial (LKS) Provinsi Jawa Barat.

Tujuannya, karena di LKS Provinsi fasilitasnya lebih komplit termasuk pelayanan medisnya juga sudah ada sehingga akan memudahkan perawatan kakek tersebut.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak LKS provinsi guna melengkapi persyaratan, seperti surat keterangan bebas dari penyakit menular dan juga persyaratan yang lain.

“Fasilitas di sini juga sudah memadai namun untuk lebih memudahkan perawatan akan kami rujuk ke provinsi. Kami sudah berkomunikasi. Mungkin nanti setelah cuti bersama,” pungkasnya. (Muhlisin/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

The post Seorang Kakek dari Ciamis Terlantar di Kota Banjar Akan Dibawa ke Provinsi appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/seorang-kakek-dari-ciamis-terlantar-di-kota-banjar/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064