Pengelola Wisata Situ Mustika Banjar Wajibkan Pengunjung Patuhi Prokes

Pengelola wisata Situ Mustika Kota Banjar, Jawa Barat, mewajibakan kepada setiap pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Pengelola wisata Situ Mustika Kota Banjar, Jawa Barat, mewajibakan kepada setiap pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan. Bahkan, bagi pengunjung yang tidak mengenakan masker tidak diperbolehkan masuk area wisata.

Hal itu sebagai upaya mendukung pemerintah dalam rangka percepatan penanganan dan mencegah penyebaran virus Corona. Khususnya pada area wisata dan sektor publik, atau tempat keramaian.

Pengelola wisata Situ Mustika Kota Banjar, Bunda Jeni, mengatakan, sejak awal masa pandemi, pihaknya langsung mengambil langkah antisipasi. Salah satunya mewajibkan pengunjung disiplin mematuhi protokol kesehatan.

“Bukan hanya sekarang, tapi sejak awal pandemi kami sudah menyediakan fasilitas protokol kesehatan. Bagi pengunjung yang tidak patuh, kami berikan teguran,” kata Bunda Jeni, kepada HR Online, Minggu (02/10/2020).

Ia menjelaskan, beberapa langkah antisipasi itu antara lain melakukan pengecekan suhu tubuh kepada setiap pengunjung yang datang, ketika memasuki pintu masuk tempat wisata menggunakan alat thermo gun.

Selain itu, pihak pengelola wisata Situ Mustika juga membuat batas atau jarak pada setiap tempat duduk, baik tempat istirahat atau tempat wisata kuliner agar para pengunjung tidak berkerumun.

Kemudian, petugas yang ada juga sudah menyediakan fasilitas penunjang seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer, serta memasang papan imbaun pada setiap spot wisata. Hal itu untuk mengingatkan para pengunjung akan pentingnya menerapkan prtokol kesehatan.

“Kami sudah melengkapi fasilitas penunjang, tinggal kesadaran dari semua pihak. Terutama dari para pengunjung juga harus ikut pro aktif menerapkan disiplin protokol kesehatan,” tandas Bunda Jeni.

Baca Juga : Gegara Covid-19, Target PAD Ciamis Sektor Wisata Terancam Meleset

Ingatkan 3M

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Banjar, Ira Khairunnisa, mendukung upaya pengelola wisata Situ Mustika yang ikut mengkampanyekan protokol kesehatan melalui gerakan 3M.

Menurutnya, berdisiplin menerapkan protokol kesehatan pada sektor wisata, baik wisata alam maupun tempat wisata kuliner, harus menjadi perhatian. Terutama memakai masker untuk melindungi pribadi sendiri dan orang lain dari ancaman bahaya virus Corona.

Selain itu, juga pembatasan jumlah pengunjung dan pengaturan jarak tempat duduk. Hal itu, sebagai antisipasi penyebaran virus. Karena, setiap orang mempunyai potensi untuk tertular dan menularkan.

“Jangan sampai lalai mematuhi protokol kesehatan. Semua pihak harus pro aktif ikut memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tegas Ira. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

The post Pengelola Wisata Situ Mustika Banjar Wajibkan Pengunjung Patuhi Prokes appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/pengelola-wisata-situ-mustika-banjar-wajibkan-pengunjung-patuhi-prokes/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service