Penampakan Mars Paling Terang, Begini Cara Melihatnya!

Penampakan Mars Paling Terang

Penampakan Mars paling terang terjadi pada langit Bumi pada 13 Oktober 2020. Fenomena langit ini terjadi karena Bumi berada antara Mars dan Matahari.

Hal ini dapat kita sebut dengan nama oposisi. Planet Merah ini lalu berada pada jarak yang paling dekat dengan Bumi dan bermanfaat bagi para pecinta astronomi dalam mengamati Mars dengan mata telanjang.

Penampakan Mars Paling Terang

Semua benda langit, terutama planet yang ada dalam tata surya mengorbit pada Matahari, tak terkecuali Bumi dan juga Mars. Bumi lebih dekat dengan Matahari karena selama perputarannya pada orbit tersebut, Bumi mempunyai kecepatan yang lebih daripada Mars.

Saat Bumi berputar dua kali mengelilingi Matahari, pada saat yang bersamaan, Mars baru melakukannya satu kali putaran. Sehingga, sering terdapat kemungkinan jika planet Bumi dan Mars berada pada posisi yang berlawanan dari Matahari.

Suatu ketika berjauhan dan suatu ketika Bumi menyusul dengan jarak yang relatif lebih dekat dengan Mars. Selama proses oposisi, Matahari dan Mars terletak pada sisi yang berlawanan dari planet Bumi. Maka, Bumi ada pada posisi tengah dari Mars dan Matahari.

Lalu, penampakan Mars paling terang ini akan terbit dari sebelah timur tepat pada saat Matahari terbenam. Kemudian, proses terus berlangsung saat Matahari terbit di ufuk timur, maka Mars akan terbenam pada bagian barat.

Oleh karena hal tersebut, para astronom mengatakan jika Mars berada pada oposisi. Apabila Mars dan Bumi mengikuti orbit yang sempurna, maka posisi akan terlihat lebih dekat yang dapat kedua planet ini capai.

Tentu saja hal tersebut akan sangat sulit mereka lakukan. Karena orbit kedua planet memiliki bentuk elips atau bulat telur (bukan lingkaran sempurna).

Dapat kita katakan, jika perjalanan mereka akan menjadi lebih dekat dengan Matahari secara bergantian, karena planet yang satu akan berada pada ujung yang berlawanan.

Baca Juga: Planet Mars Dekati Bumi Mulai 6 Oktober, Pertanda Apa?

Oposisi Mars 13 Oktober 2020

Melansir dari Earth Sky, penampakan Mars paling terang akan naik ke atas cakrawala sisi timur pada sore hari awal bulan Oktober. Lalu akan muncul lebih awal pada setiap harinya. Kemudian, Mars akan mencapai oposisinya pada 13 Oktober 2020.

Sebenarnya, pada bulan Oktober ini Mars tengah menggantikan Jupiter sebagai planet yang paling terang keempat setelah Matahari, Bulan, dan juga planet Venus. Pada bulan Oktober ini Mars menunjukkan cara kerjanya yang menjadi benda langit paling terang sampai bulan September 2035.

Oposisi planet ini terjadi setiap 26 bulan. Tiap 15-17 tahun, oposisi Mars terjadi dalam beberapa pekan setelah perihelion Mars. Sehingga pada 13 Oktober ini, kita akan dapat melihat Mars pada saat sore atau pagi hari.

Fenomena ini akan menjadi penampakan Mars paling terang dan terbesar. Lalu, planet ini terlihat sangat mencolok. Tingkat kecerahannya memuncak pada malam oposisi. Hal tersebut diukur dengan besar magnitudo logaritma para astronom, yakni -2,6 yang mengalahkan Jupiter.

Kemudian, akan terlihat memancarkan cahaya berwarna putih terang pada bagian barat daya. Dalam pekan-pekan ini setelah adanya oposisi, Mars akan tampak lebih awal dan memudar secara bertahap.

Hingga akhir November, planet Merah ini hanya akan mempunyai tingkat terang sekitar satu per empat dari terang oposisi puncak. Hal ini dapat kembali dihitung yakni menjadi pudar -1,1 sedikit lebih redup daripada Sirius (benda paling terang pada langit malam). Selanjutnya Mars akan terbit melalui langit bagian tenggara.

Baca Juga: Air di Planet Mars Menghilang dan Menjadi Fokus Penelitian Ilmuwan

Cara Melihat Penampakan Mars

Penampakan Mars paling terang ini akan berada pada jarak dengan Bumi sekitar 62 juta kilometer. Jarak paling jauh yakni 401 juta kilometer. Sehingga, jarak tersebut akan membuat kita menikmati dengan mudah tanpa bantuan alat seperti teleskop.

Warna Mars akan terlihat seperti bulatan atau bola berwarna merah. Kita dapat menyaksikan Mars pada saat pagi hari sebelah barat dan pada sore hari sebelah timur.

Meskipun Mars dapat kita lihat dengan mata telanjang, namun jika kita ingin melihat bagaimana permukaan planet ini, sebaiknya gunakan teropong bintang atau teleskop agar terlihat lebih jelas.

Oposisi planet Mars ini tak harus terlihat dengan bantuan cahaya yang gelap. Untuk perkotaan dengan cahaya yang gemerlap pun tetap bisa menyaksikan peristiwa penampakan Mars paling terang ini. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

The post Penampakan Mars Paling Terang, Begini Cara Melihatnya! appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/penampakan-mars-paling-terang/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service