Pemkab Ciamis Siapkan TPU Pasien Covid-19 Seluas 5,2 Hektare

Pemkab Ciamis Siapkan TPU Pasien Covid-19

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH), telah menyediakan tempat pemakaman umum (TPU) bagi pasien Covid-19.

TPU yang berada di Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tersebut seluas 5,2 hektare.

“Kami sudah menyiapkan lokasi untuk TPU seluas 5,2 hektare. Ini status tanahnya memang milik Pemerintah Kabupaten Ciamis,” kata Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan DPRKLH Kabupaten Ciamis, Giyatno, Selasa (20/10/2020).

Giyatno mengungkapkan, TPU itu sebagai upaya antisipasi adanya penolakan oleh masyarakat terhadap jenazah yang terkonfirmasi atau pasien positif Covid-19.

“Peruntukan TPU ini juga nantinya untuk pasien Covid-19 yang meninggal, kalau ada penolakan dari masyarakat. Mudah-mudahan saja, tidak ada penolakan supaya pasien yang meninggal bisa dimakamkan di lokasi terdekatnya,” ungkapnya.

Menurutnya, lokasi TPU ini memang sudah memenuhi layak untuk pemakaman. Dan secara tata ruangnya juga peruntukannya untuk tempat pemakaman umum. “Nantinya pengelolaan TPU ini oleh Pemkab Ciamis,” ujarnya.

Sementara untuk untuk menindaklanjutinya, nanti akan ada peraturan daerah (Perda) tentang retribusi pemakaman oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Selain untuk pasien Covid-19, tempat pemakaman umum ini juga bisa digunakan oleh masyarakat sekitar.

“Karena TPU ini sifatnya umum, jadi boleh siapa saja untuk menggunakannya. Namun tetap harus sesuai aturan dan SOP yang nanti Pemkab Ciamis akan menindaklanjutinya,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

The post Pemkab Ciamis Siapkan TPU Pasien Covid-19 Seluas 5,2 Hektare appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/pemkab-ciamis-siapkan-tpu-pasien-covid-19/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064