Organ Sistem Pernapasan Manusia dan Cara Kerjanya

Organ Sistem Pernapasan Manusia Dan Cara Kerjanya

Organ sistem pernapasan manusia sangat penting untuk menunjang kelangsungan hidup. Rata-rata manusia bisa bernapas dalam satu hari sebanyak 17 sampai 30 ribu kali.

Agar bisa bernapas dengan baik, maka manusia harus memiliki dukungan sistem organ yang sehat. Tidak hanya mengandalkan hidung dan paru-paru saja untuk bernapas. Namun ada beberapa organ lain yang penting untuk jaringan pernapasan.

Untuk orang dewasa bisa bernapas dalam satu menit sebanyak 17 kali dalam kondisi beristirahat. Sehingga harus memiliki saluran dan jaringan pernapasan yang baik agar bisa bernapas dengan lancar.

Organ Sistem Pernapasan Manusia Ada Atas dan Bawah

Bernapas adalah kegiatan untuk menghirup udara, yaitu oksigen serta mengeluarkan gas bernama karbon dioksida melalui paru-paru. Dalam satu kali menghirup napas, maka masuk dalam satu kali hitungan.

Baca juga: Sistem Ekskresi pada Manusia, Kenali Beberapa Organ dan Fungsinya

Proses ini sering disebut dengan respirasi manusia. Manusia membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Untuk mencerna makanan, mengerakkan anggota tubuh, dan berpikir juga membutuhkan oksigen. Dengan bernapas berarti telah memenuhi kebutuhan oksigen untuk organ tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Sementara itu, untuk hasil limbah pernapasan adalah karbon dioksida. Pembuangan limbah ini merupakan tanggung jawab dari sistem pernapasan. Adanya respirasi ini juga melindungi tubuh dari benda asing yang masuk, misalnya partikel berbahaya ketika batuk, pilek, sampai dengan bersin.

Adapun organ sistem pernapasan manusia atas yang bisa anda tahu sebagai berikut. Simak untuk lebih memahami tubuh anda, terutama bagian sistem pernapasan.

Hidung

Untuk organ pertama yang sudah sangat familiar adalah hidung. Hidung berfungsi sebagai pintu gerbang dari udara untuk bernapas. Hidung akan memiliki rambut pada sekitaran dindingnya yang berfungsi sebagai penyaring ketika udara masuk.

Selain menggunakan hidung, biasanya bernapas bisa menggunakan mulut. Ketika bernapas menggunakan mulut, tentunya pada saat anda memerlukan udara lebih banyak misalnya ngos-ngosan sehabis olahraga.

Bisa juga karena hidung sedang bermasalah atau mampet akibat pilek dan flu sehingga anda bernapas menggunakan mulut. Hidung merupakan salah satu dari organ sistem pernapasan manusia.

Sinus

Sinus merupakan salah satu rongga udara yang berada pada tulang tenggorokan. Rongga ini biasanya berada pada kedua sisi hidung yang berdekatan dengan tulang pipi, belakang tulang hidung, antara mata, dan juga tengah dahi.

Fungsi dari sinus ini adalah untuk mengatur suhu dan kelembaban dari udara yang anda hirup dari hidung. Sehingga suhu yang masuk akan terkontrol dengan baik.

Adenoid

Selanjutnya ada sistem pernapasan adenoid yang merupakan salah satu kelenjar getah bening yang berada pada bagian tenggorokan. Dalam sistem ini, terdapat simpul sel serta pembuluh darah yang saling berhubungan untuk membawa cairan menyebar ke seluruh tubuh.

Selain itu, adanya adenoid ini bisa membantu tubuh untuk melawan adanya infeksi sehingga menyaring benda asing. Seperti kuman, bakteri, dan mampu memproduksi sel limfosit agar bisa membunuh kuman dan bakteri. Sehingga adenoid menjadi organ sistem pernapasan manusia.

Tonsil

Seringkah mendengar kata amandel? Amandel atau tonsil ini merupakan kelenjar getah bening yang bisa anda temukan pada bagian dinding tenggorokan.

Baca juga: Sistem Peredaran Darah Manusia, Susunan Organ dan juga Fungsinya

Sebenarnya amandel bukan merupakan bagian penting dalam sistem pernapasan maupun sistem imun. Sehingga ketika amandel ini mengalami peradangan, maka dokter akan membuang amandel melalui jalan operasi.

Faring

Tenggorokan bagian atas atau faring bisa menjadi tabung yang berada pada bagian tulang belakang mulut serta rongga hidung. Faring yang akan menghubungkan dengan saluran pernapasan yang lainnya yaitu trakea.

Faring ini merupakan sistem respirasi manusia yang berfungsi untuk menyalurkan udara yang berasal dari hidung dan mulut. Dimana agar bisa menyalurkan aliran udara ke trakea atau batang tenggorokan. Faring menjadi salah satu organ sistem pernapasan manusia.

Epilogtis

Lipatan tulang rawan yang memiliki bentuk seperti daun yang berada pada bagian lidah dan diatas laring atau kotak suara ini adalah epilogtis. Saat bernapas, bagian ini akan terbuka untuk memungkinkan udara bisa masuk laring.

Nantinya udara akan menuju paru-paru. Akan tetapi, ketika anda makan, maka saluran ini menutup agar makanan tidak bisa masuk sehingga membuat anda tersedak.

Apabila tadi merupakan bagian organ sistem pernapasan manusia bagian atas, kini akan membahas untuk yang bagian bawahnya.

Laring

Laring atau kotak suara merupakan bagian dari pita suara yang berada pada persimpangan saluran faring untuk membelah trakea serta tenggorokan. Organ ini sendiri memiliki dua bagian pita suara yang akan otomatis membuka ketika bernapas dan menutup untuk memproduksi suara.

Ketika bernapas, aliran udara akan mengalir melalui dua pita yang saling berhimpitan untuk menghasilkan sebuah getaran. Nah, getaran inilah yang namanya suara dan menjadikan laring sebagai organ sistem pernapasan manusia.

Trakea

Batang tenggorokan adalah sistem vital untuk jalur pernapasan. Dengan adanya organ ini, akan mengalirkan seluruh udara sampai pada paru-paru. Trakea ini berbentuk seperti tabung yang memiliki rongga lebar.

Baca juga: Struktur Kulit Manusia, Organ Paling Besar Sebagai Pelindung Tubuh

Sehingga bisa menghubungkan laring pada bronkus paru-paru. Organ ini sendiri memiliki panjang 10cm dengan diameter kurang dari 2,5cm. Nantinya sistem organ ini bisa memanjang sampai pada tulang dada bagian bawah atau sternum.

Bagian ini akan membelah tabung kecil bronkus. Untuk setiap sisi paru-paru akan memiliki satu bagian bronkus. Salah satu organ sistem pernapasan manusia yang bisa anda ketahui adalah trakea.

Tulang Rusuk

Tulang yang ikut menopang tulang dada serta melindungi organ yang ada dalam dada. Misalnya jantung dan paru-paru dari adanya benturan dan goncangan. Sehingga kedua organ vital ini bisa aman dan berfungsi dengan baik.

Paru-paru

Merupakan pasangan organ yang berada dalam kedua sisi dada yang terletak dalam tulang rusuk. Fungsi utama dari paru-paru ini adalah untuk menampung oksigen yang masuk melalui hidung dan mulut sehingga paru-paru menjadi organ sistem pernapasan manusia yang penting.

Selanjutnya akan mengalirkan oksigen tersebut menuju pembuluh darah yang akhirnya menyebar pada seluruh bagian tubuh dengan baik. Fungsi paru-paru ini perlu dijaga, sebab akan berbahaya jika mengalami masalah.

Pleura

Paru-paru memiliki sebuah lapisan untuk melindunginya yang bernama pleura. Organ ini berfungsi untuk melumasi paru-paru agar bisa mengembang dan mengempis setiap bernapas.

Lapisan ini juga berguna untuk memisahkan paru-paru dari dinding dada. Sehingga pleura termasuk dalam sistem pernapasan yang wajib anda jaga untuk kelancaran organ yang lainnya.

Bronkiolus

Salah satu cabang yang bronkus miliki adalah bronkiolus yang akan menyalurkan udara yang berasal dari bronkus untuk menuju alveoli. Bahkan sistem ini berguna untuk mengontrol jumlah udara yang masuk dan keluar ketika bernapas.

Alveoli

Paru-paru memiliki kantung-kantung kecil yang berada pada ujung bronkiolus. Tempat inilah yang berfungsi untuk melakukan pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida. Alveoli termasuk dalam jajaran organ sistem pernapasan manusia yang vital.

Dalam organ ini terdapat pula sistem pembuluh darah kapiler, sehingga udara akan terlebih dahulu melewati kapiler. Selanjutnya sampai pada vena dan arteri. Sehingga organ ini bisa menyerap oksigen dan mampu mengalirkan darah.

Tabung Bronkial

Sistem satu ini berada pada paru-paru yang berbentuk seperti rambut kecil yang bisa bergerak layaknya gelombang. Organ ini berfungsi sebagai pembawa dahak atau mukus untuk sampai ke atas dan menuju keluar tenggorokan.

Baca juga: Sistem Saraf Otonom, Pengertian, Jenis dan Fungsinya Terhadap Organ

Adanya lendir yang silia salurkan akan berfungsi sebagai penangkal adanya debu dan kuman yang masuk ke dalam paru-paru. Dengan fungsinya ini, membuat tabung bronkial menjadi organ sistem pernapasan manusia yang sangat penting.

Diafragma

Diafragma merupakan otot kuat yang bertugas untuk memisahkan rongga dada serta rongga perut ketika sedang bernapas. Sehingga diafrgama akan menciptakan sebuah rongga untuk menarik udara agar bisa masuk. Nantinya dengan adanya rongga ini, bisa membantu paru-paru agar lebih luas.

Proses kerja dari sistem pernapasan manusia merupakan bagian dari respirasi. Nah, respirasi ini mulai dari menghirup udara melalui hidung menuju tenggorokan. Selanjutnya akan masuk menuju laring dan trakea.

Mengingat sangat pentingnya organ pernapasan manusia, membuat manusia harus menjaga organ ini dengan baik agar bernapas secara sehat. Dengan adanya pernapasan yang sehat, maka organ tubuh lainnya akan bekerja secara baik. Organ sistem pernapasan manusia memang sangat penting untuk anda ketahui. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

The post Organ Sistem Pernapasan Manusia dan Cara Kerjanya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/organ-sistem-pernapasan-manusia/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service