Mengganti SIM Card Tanpa Mematikan HP, Benarkah Aman?

Mengganti SIM Card Tanpa Mematikan HP

Mungkin dalam benak kita sebagai pengguna, mengganti SIM card tanpa mematikan HP menjadi sebuah keraguan. Pasalnya, bagi pengguna yang masih awam dengan hal ini pastinya berpikir mengenai tingkat keamanannya.

Seperti yang kita tahu, SIM card merupakan kartu informasi kecil, berisi tentang berbagai macam informasi berlangganan maupun informasi pribadi lainnya.

Informasi-informasi ini seperti halnya informasi penagihan identitas, nomor telepon, hingga sebagian kecil data pengguna tertentu. Selain itu, SIM card juga bisa kita gunakan dalam berbagai macam sistem. Mulai dari GSM maupun CDMA.

Salah satu komponen terpenting dalam HP ini mampu menyimpan sejumlah nomor telepon, pesan teks, maupun data yang lainnya. Mengingat dari fungsi SIM card ini tidak heran bila timbul pertanyaan mengenai cara mencopot maupun memasang dengan baik dan benar.

Mengganti SIM Card Tanpa Mematikan HP

Sebelum kita membahas mengenai hal tersebut secara lebih lanjut, ada baiknya kita memahami seperti apa cara kerja SIM card. Ini akan memudahkan kita untuk mencari jawaban mengenai keamanannya ketika melakukan cara tersebut.

Pada dasarnya, SIM card memiliki salah satu pekerjaan yang sangat penting dalam HP kita. Tak salah lagi yaitu mengidentifikasi pengguna sebagai pemilik asli langganan tersebut.

Baca Juga : Memperbaiki HP Bengkok dengan Cara Sederhana dan Ampuh

Sederhananya, apabila kita menjalankan panggilan, melakukan pengiriman pesan, maupun berbagai foto dan video, SIM card akan menjadi pusat pemberitahuan. Yang mana akan memberi tahu jaringan yang akan digunakan.

Sehingga, ini akan memberitahukan jaringan anda untuk melakukan tagihan terhadap layanan yang anda gunakan. Hal tersebut dapat kita lakukan dengan mudah karena adanya nomor IMSI (International Mobile Subscriber Identity).

Selain itu, juga ada kunci otentikasi yang mana berfungsi untuk memvalidasi IMSI. Kita dapat menganggapnya sebagai detail login. Hal ini penting untuk diperhatikan dalam mengganti SIM card tanpa mematikan HP.

Apabila kita menyalakan HP tersebut, maka IMSI akan mendapatkannya dari SIM. Kemudian akan melakukan pengiriman ke jaringan anda.

Jaringan anda setelah itu akan mencari IMSI pada database internal serta menemukan kunci otentikasi IMSI anda. Bagaimana menurut anda setelah melihat penjelasan kinerja SIM card ini?

Pastinya akan mulai berpikir untuk semakin hati-hati dalam melakukan pencopotan maupun pemasangannya bukan? Untuk lebih jelasnya, anda dapat menyimak pemaparan selanjutnya berikut ini.

Mengganti SIM Card Tanpa Mematikan HP, Apakah Aman?

Umumnya, ketika kita mengganti SIM card ini HP dalam posisi mati. Namun, bukan berarti jika dalam keadaan HP menyala kita tidak dapat melakukan penggantian.

Baca Juga : Jangan Menggunakan Charger Palsu! Risiko HP Rusak Hingga Meledak

Bila timbul keraguan aman atau tidaknya, maka jawabannya aman-aman saja. Sebab, HP masa kini terutama yang memiliki slot hybrid, memang sengaja didesain untuk bisa menjalankan hal tersebut.

Tentu saja ini dapat memberikan kita kemudahan yang lebih. Penting untuk kita pahami bersama bahwa kebanyakan HP telah mengadopsi sistem slot hybrid.

Ini tandanya telah menggunakan dan memanfaatkan fitur yang sering disebut sebagai on the fly. Fitur ini berfungsi untuk memungkinkan anda mengganti SIM card tanpa mematikan HP.

Keunggulan Fitur On The Fly

Mungkin sebagian orang belum memahami fitur penting yang satu ini. Padahal, fitur on the fly ini memiliki sejumlah keunggulan yang memberikan kita kemudahan.

Salah satunya dengan fitur ini, anda tidak harus merestart perangkat tersebut guna membaca SIM card yang baru. Atau hanya sekedar memasukkan kembali SIM card setelah anda keluarkan sebelumnya.

Bukan hanya itu saja, dengan adanya fitur on the fly ini, maka HP anda bisa secara langsung membaca SIM card yang baru. Kemudian akan menemukan sinyal operator yang anda gunakan.

Apabila fitur yang satu ini tidak tersedia dalam HP anda, ada kemungkinan sinyal tidak akan keluar. Bahkan, terkadang akan ada notifikasi yang muncul pada layar HP anda.

Biasanya berisikan permintaan perangkat untuk menjalankan reboot. Dari penjelasan ini, anda tidak perlu lagi merasa ragu untuk mengganti SIM card tanpa mematikan HP.

Itulah tadi sejumlah informasi penting yang wajib anda ketahui dan pahami sebagai pengguna HP. Jangan sampai anda salah dalam memahaminya.

Kini tidak perlu repot-repot lagi untuk mengganti SIM card. Sebab sudah dengan mudah dan aman untuk mengganti SIM card tanpa mematikan ponsel. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Menghilangkan Baret HP, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

The post Mengganti SIM Card Tanpa Mematikan HP, Benarkah Aman? appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/mengganti-sim-card-tanpa-mematikan-hp/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064