Membuka Usaha Sendiri di Rumah yang Menghasilkan, Begini Caranya!

cara membuka usaha sendiri di rumah

Tak sedikit orang yang bingung memikirkan cara membuka usaha sendiri di rumah. Apalagi jika kita tidak memiliki keahlian tertentu untuk menghasilkan barang atau jasa. Namun dengan kemauan yang kuat membuka usaha bukan hal sulit.

Kondisi yang semakin sulit terutama dengan adanya pandemi Covid-19 membuat banyak orang kesulitan mendapatkan uang. Banyak orang yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat banyak perusahaan yang tidak bisa beroperasi.

Bahkan tak sedikit pula usaha warung atau lapak jualan yang terpaksa harus berhenti sementara karena efek virus Corona. Banyaknya PHK dan kesulitan mencari uang membuat aktivitas bisnis terasa menurun.

Namun terpuruknya kegiatan perekonomian masyarakat akibat pandemi ternyata tak terjadi pada semua jenis usaha. Saat tantangan muncul, usaha yang bertumpu pada koneksi internet justru meningkat penjualannya.

Salah satu cara membuka usaha sendiri di rumah yang bisa kita jalankan saat ini adalah dengan memanfaatkan teknologi internet. Sedangkan untuk jenis produknya bisa banyak sekali yang bisa kita pilih.

Baca juga: Usaha Ayam Geprek Rumahan Modal Kecil yang Menguntungkan

Menjalankan bisnis rumahan siapapun bisa melakukannya. Seperti ibu rumah tangga, mahasiswa, karyawan, buruh, hingga pengangguran. Jangan buang waktu luang tanpa aktivitas yang produktif. Anda bisa memanfaatkan waktu luang dengan bisnis yang menghasilkan uang.

Tahapan Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah

Lantas peluang bisnis semacam apa yang prospektif saat situasi yang serba sulit sekarang ini. Peluang usaha dalam bidang kuliner atau makanan termasuk yang prospek dan memiliki pasar yang luas.

Meskipun begitu Anda bisa mencari bidang lain yang sesuai kondisi dan kemampuan Anda. Nah, berikut ini cara membuka usaha sendiri di rumah yang bisa Anda lakukan agar memberikan hasil yang menguntungkan.

Menentukan Konsep Jualan

Pada dasarnya ada dua konsep untuk memulai bisnis. Yaitu dengan menjual produk orang lain atau berjualan produk sendiri. Dengan konsep pertama Anda tak perlu repot dalam produksi karena tugas Anda tinggal memasarkannya.

Sedangkan konsep kedua Anda harus terampil dalam membuat atau menghasilkan produknya. Jika ingin usaha makanan, Anda mesti memiliki resep yang unik dan enak sehingga bisa menarik minat calon konsumen.

Pengusaha pemula sering terkecoh dengan produk tertentu yang menurut perkiraannya bakal laris manis selamanya. Produk tertentu, seperti makanan tak jarang malah mempunyai masa popularitas dalam periode tertentu. Apalagi konsumen mudah bosan.

Karena itu penting melakukan inovasi produk jualan Anda supaya menarik dan tidak menimbulkan kebosanan konsumen. Untuk produk makanan, Anda bisa menambahkan variasi rasa, bentuk, maupun kreasi lainnya.

Menentukan Lokasi Usaha

Cara membuka usaha sendiri di rumah tak mesti lokasi jualannya juga berada rumah. Anda bisa merencanakan membuka kios pinggir jalan ataupun dengan berkeliling menggunakan sepeda atau gerobak. Sesuaikan dengan kemampuan maupun kebutuhan.

Analisa Kelayakan Usaha

Setelah Anda memilih produk untuk usaha Anda, langkah berikutnya untuk membangun usaha sendiri dari rumah adalah melakukan analisa kelayakan usaha. Caranya bisa dengan melihat seberapa besar potensi bisnis tersebut.

Anda juga perlu melakukan riset terhadap tingkat persaingan yang ada, seberapa besar pangsa pasarnya, dan apakah pasarnya memang potensial. Jika hasil analisanya memang prospek Anda bisa mulai menjalankannya.

Merencanakan Strategi Pemasaran

Tak sedikit pelaku usaha yang mampu membuat produk berkualitas namun tak tahu bagaimana cara menjualnya. Karena itu langkah selanjutnya cara membuka usaha sendiri di rumah yang tak kalah penting adalah merencanakan strategi pemasaran.

Baca juga: Anda Ingin Modal Usaha Gratis? Lakukan Cara Mudah Ini!

Jika Anda menjual produk makanan, baik jenis camilan atau makanan berat, saat ini pemasaran secara online sangat potensial untuk Anda jalankan. Anda bisa memanfaatkan dan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, ataupun Youtube.

Anda bisa bergabung dengan berbagai group online, termasuk Facebook. Tak sedikit pengusaha skala rumahan yang mampu meraih penjualan tak sedikit hanya karena sering memposting produk jualannya.

Baca juga: Ide Bisnis Makanan, Usaha Modal 1 Jutaan yang Mudah dan Menjanjikan

Jika Anda ingin menjalankan usaha makanan, Anda bisa juga memanfaatkan layanan pesan antar dari GoFood maupun GrabFood. Jasa antar ini saat ini menjadi pilihan terbaik akibat larangan berkumpul atau makan ke warung.

Itulah berbagai tahapan penting cara membuka usaha sendiri di rumah yang perlu Anda lakukan. Merintis suatu usaha saat kondisi sulit sekarang membutuhkan kepekaan dan kreativitas, termasuk dengan memanfaatkan internet. (R11/HR-Online)

Editor: Jujang

The post Membuka Usaha Sendiri di Rumah yang Menghasilkan, Begini Caranya! appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/cara-membuka-usaha-sendiri-di-rumah/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service