Mahasiswa PGMI IAID Ciamis Harus Kembangkan Talenta dan Potensi

Mahasiswa PGMI IAID Ciamis Harus Kembangkan Talenta dan Potensi

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Darusalam atau PGMI IAID Kabupaten Ciamis, menggelar kegiatan Dies Natalis ke-9 tahun 2020, Kamis (29/10/2020) di Aula Jendral Sudirman Darusalam Ciamis.

Ketua Prodi PGMI IAID Ciamis, Ujang Endang mengatakan, Dies Natalis ini merupakan kegiatan yang rutin tahunan.

Kegiatan ini khusus dilaksanakan oleh mahasiswa terkait dengan aktifitas organisasi dan juga akademik.

Ia menjelaskan, lewat organisasi HMPS PGMI ini, mahasiswa bisa mengembangkan aktifitas lain yang periodik, stimulan dan mobilitas.

“Aktivitas harus didukung dan dikembangkan dari tahun ke tahun tidak hanya dalam sisi jurusan yaitu guru kelas saja, tapi mahasiswa yang punya keahlian harus bisa terekspos paling tidak di prodi PGMI,” Ujang.

Ujang mengungkapkan, mahasiswa di IAID Ciamis ini tidak hanya sekedar ranah akademik saja.

Tapi juga ranah-ranah lain yang terkait dengan pengembangan potensi-potensi yang ada kaitanya dengan profesi keguruan.

Diantaranya kesenian daerah sunda, drama dan seni lain yang diakomodir dari bagiamana seni itu bisa mewarnai jamanya.

“Dalam Dies Natalis tahun ini juga bertepatan dengan momentum hari sumpah pemuda, jadi sangat tepat sekali. Pasalnya, bagaimana pelaksanaan heroik kepemudaan ini mahasiswa harus mempunyai ciri khas yang bisa ditampilkan dalam ranah kemahasiswaan,” ungkapnya.

Ujang berharap, mudah-mudahan dengan kegiatan Dies Natalis ini paling tidak mahasiswa di prodi PGMI, bisa melihat karena sesungguhnya dalam prodi ini tidak hanya sekedar akademik keguruan saja tapi juga bisa dikembangkan talenta-talenta lain baik, salah satunya dengan kesenian tradisional.

“Saya sangat berharap mahasiswa di prodi PGMI ini dapat melestarikan tradisi daerah dan juga bisa menerapkan kepada anak didik. Paling tidak kita sebagai pemuda itu bisa melestarikan kesenian daerah kita sendiri,” harapnya.

Mahasiswa PGMI IAID Harus Jadi Agen Perubahan

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, H. Tatang, M.Pd mengucapkan selamat kepada HMPS PGMI IAID Ciamis yang telah menggelar kegiatan Dies Natalis yang ke 9 tahun 2020.

Mudah-mudahan menjadi pemicu peningkatan semangat belajar bagi mahasiswa untuk menjadi generasi penerus yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia.

“Kemudian juga nantinya dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatnya kepada anak didik serta masyarakat. Supaya, apa yang di cita-citakan bisa tercapai,” ucapnya.

Tatang menambahkan, dimasa pandemi Covid-19, mahasiswa juga dapat menjadi agen perubahan ditengah masyarakat dan lingkungan untuk selalu mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan.

“Pandemi Covid-19 ini, saya meminta kepada mahasiswa agar dapat menjadi agen perubahan atas prilaku hidup sehat dan bersih (PHBS) terutama tentang 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan kepada masyarakat, supaya kita semua terhindar dari virus Corona,” pungkasnya. (Ferry Ramdani)

The post Mahasiswa PGMI IAID Ciamis Harus Kembangkan Talenta dan Potensi appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/mahasiswa-pgmi-iaid-ciamis-harus-kembangkan-talenta-dan-potensi/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064