Kunci Determinasi Tumbuhan, Cara Membuatnya Beserta Contoh

Kunci Determinasi Tumbuhan

Kunci determinasi tumbuhan merupakan suatu kunci yang berguna dalam pengidentifikasian tumbuhan, yang berupa keterangan mengenai ciri-ciri. Adanya identifikasi ini adalah sebuah kegiatan dasar taksonomi.

Pengidentifikasian ini terdapat pada sebuah jenis makhluk hidup, yakni meliputi hewan dan juga tumbuhan. Kemudian juga meliputi tentang dua kegiatan, yakni tentang klasifikasi dan tata nama.

Baca Juga: Fungsi Ribosom pada Sel Tumbuhan, Pengertian, Ciri-Ciri dan Strukturnya

Kunci Determinasi Tumbuhan

Kunci determinasi ini menjadi suatu cara mengidentifikasi makhluk hidup. Dalam hal ini adalah tumbuhan, yang salah satu susunannya menggunakan taksonomi yang berlawanan.

Dalam langkah kunci akan terdapat dua alternatif atau dua ciri yang berlawanan, sehingga dapat kita sebut dengan kunci dikotomis.

Melansir pada laman Steemit.com, kunci dikotom merupakan sebuah langkah atau cara dalam mengenali makhluk hidup serta pengelompokan pada takson. Kunci dikotomis ini terdiri atas deretan pernyataan yang merupakan dua baris dalam mengelompokkan makhluk hidup.

Kemudian dalam kunci determinasi tumbuhan, juga berisi deskripsi tentang ciri-ciri makhluk hidup tersebut yang hadir dengan ciri yang saling berlawanan. Dalam membuat kunci determinasi dapat memperhatikan beberapa hal.

Hal-hal tersebut seperti kunci dikotom saling berlawanan, sehingga dalam satu bagian ditolak dan bagian yang lainnya dapat diterima. Lalu, agar mudah dalam pengamatan, ciri-ciri harus masuk.

Deskripsi karakter menggunakan istilah yang umum. Sehingga, hal tersebut bisa untuk orang mengerti. Dalam setiap kuplet harus menyertakan nomor. Lalu dalam kunci determinasi, kata yang pertama dalam setiap pernyataan dari satu kuplet harus identik.

Misalkan: Tumbuhan mempunyai bunga…..

Tumbuhan tidak mempunyai bunga….

Kunci determinasi tumbuhan berikutnya harus memperhatikan penggunaan kisaran tumpang tindih atau juga menggunakan hal-hal yang sifatnya relatif dalam setiap kuplet.

Misalkan: Lebar daun 4-8 cm

Daun kecil atau besar.

Salah satu kunci pengidentifikasian yang tersusun memakai ciri-ciri taksonomi berlawanan. Setiap tahap kunci tersebut terdiri dari dua alternatif atau dua ciri yang berlawanan.

Baca Juga: Fungsi Dinding Sel Untuk Kelangsungan Hidup Tumbuhan

Cara Menggunakan Kunci Pengidentifikasian

Kunci determinasi tumbuhan tersaji secara bertahap, mulai dari bangsa, suku, marga, dan seterusnya. Kemudian, ciri-ciri dari tumbuhan dapat tersusun sedemikian rupa sehingga secara bertahap pemakai kunci harus memilih satu dari dua atau beberapa sifat yang berlainan.

Hal tersebut terus berlanjut sampai pada akhirnya akan memperoleh satu jawaban yang merupakan identitas tumbuhan yang mereka inginkan. Cara menggunakan kunci determinasi adalah sebagai berikut:

  1. Membaca secara teliti kunci determinasi. Mulai dari awal yakni nomor 1a.
  2. Sesuaikan dari ciri-ciri dari kunci determinasi kepada ciri yang ada pada organisme atau makhluk hidup tersebut.
  3. Apabila ciri-ciri dalam kunci tersebut tak sesuai dengan ciri apa yang makhluk hidup miliki, maka harus mengalihkan langkah pada pernyataan yang berada pada bagian bawahnya, yaitu nomor yang sesuai urutannya. Misalkan, pernyataan 1a tak cocok, maka akan beralih pada nomor selanjutnya yang berada pada bawahnya, yaitu pernyataan 1b.
  4. Apabila ciri-ciri yang ada pada kunci determinasi tumbuhan cocok dengan apa yang makhluk hidup miliki, maka anda harus mencatat nomornya. Lanjutkan pada pembacaan kunci nomor yang cocok dengan nomor yang telah tertulis pada bagian belakang tiap pernyataan kunci.
  5. Apabila salah satu pernyataan terdapat kecocokan dengan organisme yang anda amati, maka alternatif lain akan gugur. Misalnya, kunci determinasi mencakup opsi herba atau juga berupa kayu. Apabila yang anda pilih adalah 1a, tumbuhan herba. Maka, untuk opsi 1b akan gugur.

Contoh Kunci Pengidentifikasian Tumbuhan

Berikut ini adalah beberapa contoh kunci determinasi tumbuhan.

  • 1a. Tanaman yang memiliki ciri dengan tidak mempunyai alat tubuh yang berupa batang atau ciri batangnya termasuk ke dalam batang yang tidak sejati…..Lumut hati.
  • Tanaman dengan ciri yang mempunyai alat tubuh yang menyerupai batang atau dengan ciri batang sejati…
  • 2a. Pada batang tanaman tidak terdapat pembuluh…Lumut daun.
  • Batang mempunyai jaringan pembuluh…..

Contoh kunci determinasi tumbuhan lainnya yang juga menarik untuk anda tahu:

  • 1a. Tanaman tak memiliki bunga…
  • Tanaman mempunyai bunga atau mempunyai organ yang fungsinya sama dengan bunga…
  • 2a. Pada daun ada bintik kuning atau coklat, apabila mendapat tekanan akan mengeluarkan serbuk yang kecil…….. Tumbuhan paku.
  • Pada daun tak ada bintik kuning atau bintik coklat…
  • 3a. Tanaman tidak mempunyai bunga sejati, ujung ranting atau juga ketiak daun ada sebuah badan yang bentuknya kerucut dan menghasilkan bakal biji……Gymnospermae.
  • Tanaman yang mempunyai bunga sejati serta tidak mempunyai organ yang berbentuk kerucut pada ketiak daun atau ujungnya…..

Cara menggunakan kunci determinasi tumbuhan tersebut akan terus berlanjut hingga memperoleh nama famili, ordo, kelas serta divisi atau juga filum tentang organisme hidup yang anda amati tersebut. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

The post Kunci Determinasi Tumbuhan, Cara Membuatnya Beserta Contoh appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/kunci-determinasi-tumbuhan/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service