KPU Pangandaran Tetapkan DPT Pilkada 2020 Sebanyak 320.008 Pemilih

Pilkada 2020

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- KPU Pangandaran menggelar rapat pleno DPSHP dan penetapan DPT secara terbuka pada Pilkada 2020.

Dalam agenda tersebut, KPU menetapkan DPT sebanyak 320.008 setelah melalui proses yang cukup panjang, mulai pencocokan dan penelitian (coklit) maupun dengan pemutakhiran data pemilih.

Ketua KPU Pangandaran, Muhtadin, mengatakan, penetapan ini tidak lepas dari kerjasama berbagai pihak, khususnya Bawaslu.

Meskipun telah ada penetapan DPT, lanjut Muhtadin, bila ada warga yang belum masuk ke dalam data tersebut, masih ada kesempatan untuk bisa memilih sebagaimna hak konstitusinya.

“Kalau yang bersangkutan punya alat bukti sah, sepeti KTP, surat keterangan masuk dalam DPTB itu masih bisa,” kata Muhtadin usai acara, Sabtu (10/10/2020).

baca juga: KPU Pangandaran Ingatkan Paslon Patuhi Protokol Kesehatan Saat Kampanye

Hasil Uji Publik

Sebelum adanya penetapan DPT ini, sambungnya, ada proses uji publik yang mendapatkan respon cukup baik. Bahkan bisa mengoreksi sekitar 400 data yang keliru karena masuk ke daftar pemilih sementara.

“Tadinya sebanyak 320.456 orang. Namun setelah melalui proses ini menjadi menjadi 320.008. Tentu saja ini membuktikan responnya sangat baik sehingga datanya bisa lebih akurat, kita apresiasi,” ucapnya.

Untuk 400 nama tersebut, KPU sudah mencoretnya dari DPS lantaran sudah meninggal dunia serta masuk dalam daftar ganda.

“Selain itu, kami juga harap kesempatan tahapan kampanye ini juga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya sesuai aturan yang berlaku, terutama dengan mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Pjs Bupati Pangandaran, Dani Ramdan, mengapresiasi KPU yang telah bekerja maskimal hingga proses tahapan yang sangat penting ini.

Tak hanya itu, kerjasama berbagai pihak dalam penetapan ini juga sangat membantu penyelenggara pemilu dalam melaksanakan kinerjanya.

“Kaitannya dengan antisipasi penyebaran covid-19 saat pemilihan nanti, pemilih yang datang dari luar Pangandaran harus tes ke Puskesmas masing-masing dan uji lab ke Labkesda. Mudah-mudahan saja nanti Pilkada 2020 ini berjalan dengan lancar,” singkatnya. (Mad/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

The post KPU Pangandaran Tetapkan DPT Pilkada 2020 Sebanyak 320.008 Pemilih appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/kpu-pangandaran-tetapkan-dpt-pilkada-2020-sebanyak-320-008-pemilih/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service