Jenis Sendi pada Manusia, Pengertian dan Fungsinya Secara Lengkap

Jenis Sendi Pada Manusia

Jenis sendi pada manusia memiliki beberapa fungsi untuk tubuh. Karena tubuh manusia mempunyai struktur tulang yang kompleks, yakni 206 tulang (pada orang dewasa). Kemudian, tulang tersebut terhubung dengan melalui tulang rawan, otot, ligamen, serta berbagai jenis sendi.

Semua hal yang ada pada tubuh kita memiliki kegunaan yang saling berkaitan dengan semua struktur, salah satunya adalah bagian persendian.

Jenis Sendi pada Manusia

Mengutip dari Wikipedia, sendi adalah perhubungan antara tulang yang satu dengan yang lain sehingga dapat bergerak menjalankan fungsinya. Jadi, sendi menjalankan fungsi sebagai penghubung antar tulang, membantu otot menggerakkan tulang, dan juga memberi struktur pada tulang.

Hubungan antara dua tulang dapat kita sebut dengan persendian (artikulasi). Paling tidak, terdapat tiga macam sendi yang menghubungkan antar tulang pada tubuh manusia. Macam-macam sendi tersebut adalah sinartosis, amfiartosis, serta diartrosis.

Jenis sendi pada manusia tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda pada tubuh. Sehingga, kita dapat melakukan berbagai aktivitas dalam sehari-hari.

Jumlah sendi antara orang yang satu dengan yang lain berbeda-beda. Hal tersebut tergantung pada beberapa faktor. Akan tetapi, pada umumnya, manusia mempunyai sendi sejumlah 250 hingga 350 sendi.

Peran sendi dalam tubuh sangatlah besar untuk membuat tubuh dapat bergerak dengan bebas dan lincah. Tubuh manusia akan mengalami kesulitan jika sendi terdapat gangguan. Gangguan tersebut bisa berupa radang sendi atau juga dislokasi sendi.

Untuk beberapa pengertian tentang sendi menyebutkan jika sendi adalah titik yang mana dua tulang dapat saling berhubungan. Kemudian juga terdapat definisi lain jika sendi merupakan hubungan yang kuat antar tulang. Berikut adalah jenis-jenis sendi berikut dengan fungsinya.

Baca Juga: Pita Suara Manusia, Pengertian, Fungsi dan Jenis Secara Lengkap

Sinartrosis

Jenis sendi pada manusia yang pertama adalah sinartrosis atau dapat kita sebut dengan sendi mati. Sendi ini menghubungkan antara dua tulang atau lebih yang tak memberikan pergerakan.

Contoh dari jenis sendi mati ini adalah gormofosis yakni penghubung antara gigi dan juga tengkorak. Lalu juga tulang tengkorak (sutura).

Amfiartrosis

Jenis sendi yang kedua adalah amfiartrosis atau sering kita kenal dengan sebutan sendi kaku. Sendi ini dapat menghasilkan atau memungkinkan tubuh bergerak, akan tetapi hanya terbatas. Sendi jenis ini terdapat pada ruas tulang lekang dan juga pada simfisis pubis pinggul.

Baca Juga: Fungsi Usus 12 Jari pada Sistem Pencernaan Manusia dan Cirinya

Diartrosis

Jenis sendi pada manusia yang terakhir adalah diartrosis atau dapat kita sebut dengan sendi gerak. Sama seperti sebutannya, sendi gerak ini sangat memungkinkan tubuh kita untuk bergerak bebas dan juga leluasa.

Sendi ini juga dapat kita kenal dengan sendi sinovial. Dalam sendi jenis ini, terdapat cairan yang juga disebut dengan cairan sinovial. Dengan bantuan cairan ini, yakni cairan pelumas, maka sendi dapat kita gerakkan. Terdapat berbagai macam sendi gerak.

Jika menurut klasifikasinya, letak dan juga fungsinya, sendi gerak dapat terbagi atas 6 jenis, yaitu sendi putar (pivot), sendi geser (plane), sendi pelana (saddle), sendi engsel (hinge), sendi gulung (condyloid), dan sendi peluru (ball and socket).

Sendi putar adalah sendi yang mempunyai karakteristik dimana memungkinkan satu tulang dapat berputar terhadap tulang lain. Contohnya adalah sendi pada tulang hasta.

Baca Juga: Tulang Rusuk Manusia, Mengenal Struktur dan Fungsi pada Tubuh

Jenis sendi pada manusia yang kedua adalah sendi geser. Sendi yang memungkinkan tulang bergerak dengan gerakan datar. Contohnya sendi intercarpal (penghubung tulang pergelangan tangan).

Kemudian sendi pelana adalah sendi yang persis seperti pelana. Ia dapat memberikan gerakan dua arah. Contohnya adalah sendi pada pangkal tulang ibu jari.

Sendi engsel adalah sendi yang dapat membuat tulang bergerak seperti pintu dan dengan satu arah. Contohnya adalah sendi pada lutut.

Selanjutnya adalah sendi gulung yang merupakan sendi yang mempunyai rongga elips. Permukaan pada tulang lain berbentuk bulat seperti telur.

Fungsi sendi ini memungkinkan pada tulang dapat melakukan dua sumbu gerakan, yakni membengkok-lurus serta menjauh-mendekat dari tubuh. Contohnya sendi penghubung tulang telapak tangan dengan tulang jari.

Berikutnya adalah sendi peluru, merupakan sendi yang memungkinkan tulang dapat bergerak ke segala arah. Jenis sendi pada manusia terdapat sebuah tulang yang bentuknya lingkaran yang duduk menempel pada rongga tulang yang lainnya. Pada manusia terdapat dua sendi peluru, yakni sendi pada panggul dan sendi pada bahu. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

The post Jenis Sendi pada Manusia, Pengertian dan Fungsinya Secara Lengkap appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/jenis-sendi-pada-manusia/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service