Ingin Mencari Peluang Bisnis Baru Minim Saingan? Begini Strateginya!

peluang bisnis baru

Mencari peluang bisnis baru yang minim saingan bukanlah hal yang mudah. Sebab bisnis yang menguntungkan pastinya akan menjadi buruan banyak orang. Sebaliknya, usaha yang minim saingan berisiko tak menguntungkan.

Pada era sulitnya mencari lapangan pekerjaan baru, membuka usaha bisa menjadi jalan tengah yang tepat.  Berwirausaha sangat bagus untuk menempa jiwa kemandirian. Penghasilan dari membuka usaha bisa melebihi gaji seorang karyawan pabrik maupun PNS.

Apalagi dengan menjadi pengusaha kita akan lebih bebas menentukan jam kerja dan juga bebas menentukan besaran penghasilan kita. Karena itu menjadi pelaku usaha bisa menjadi alternatif terbaik pada saat situasi yang serba sulit.

Mencari peluang bisnis baru yang menjanjikan bukan perkara mudah. Tak jarang usaha terbaru yang muncul segera saja menjadi buruan banyak orang. Sehingga suatu bisnis baru akan segera mempunyai banyak saingan.

Baca juga: Anda Ingin Modal Usaha Gratis? Lakukan Cara Mudah Ini!

Lantas bisnis apa yang memberikan peluang usaha baru yang potensial dan masih rendah persaingannya? Hingga saat ini jenis usaha baru terus bertambah setiap saat terutama dalam bisnis online.

Padahal, salah satu elemen penting dalam kesuksesan bisnis adalah melakoni usaha yang masih jarang pesaing. Kalau bisa usaha itu tak ada pesaingnya namun kebutuhan pasarnya juga sangat besar.

Strategi Menangkap Peluang Bisnis Baru yang Potensial

Ada banyak alasan seseorang lebih memilih peluang usaha baru modal kecil yang masih jarang pesaing. Yang sering terungkap adalah bosan bekerja ikut orang dan keuntungan akan lebih mudah dan besar dengan usaha sendiri.

Ada banyak jenis usaha tersebut yang masih rendah persaingannya tapi menguntungkan. Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Berikut cara mendapatkan peluang bisnis baru yang menjanjikan dan minim pesaing.

Memilih Model Bisnis

Peluang usaha modal kecil merupakan jenis usaha yang menjadi incaran banyak orang. Selain hanya membutuhkan modal kecil, banyak orang yang lebih memilih untuk membuka usaha yang masih minim pesaing.

Untuk membantu Anda menemukan peluang bisnis yang rendah pesaing namun masih prospektif, berikut daftar model bisnis yang bisa Anda jalankan dengan modal minim dan pesaing yang masih sangat sedikit.

  1. B2B (Business to Business)

Cara mencari peluang bisnis baru bisa berdasarkan konsep bisnis ke bisnis. Dalam konsep ini Anda menjual barang bukan secara eceran tapi grosiran. Karena barang yang Anda jual akan dijual lagi oleh konsumen kepada orang lain.

  • B2C (Business to Customer)

Ini merupakan konsep bisnis kepada konsumen langsung. Misalkan Anda menjual minuman dan makanan yang langsung ke konsumen. Itu merupakan bisnis yang sudah umum dan mungkin Anda juga tertarik membuka usaha serupa.

  • Bisnis dengan Pemerintah

Peluang usaha baru yang minim pesaing juga bisa Anda dapatkan dengan berburu order atau pekerjaan dari pemerintah. Baik untuk pengadaan seragam, alat tulis, dan lainnya.

Melakukan Riset Pasar

Untuk mendapatkan peluang bisnis baru yang potensial juga perlu berdasarkan riset yang Anda lakukan. Riset ini utamanya untuk menguji kelayakan usaha, pangsa pasar, besaran permintaan terhadap produk, atau cara memproduksi produk.

Baca juga: Situs Freelance Indonesia Terbaik untuk Mencari Uang dengan Cepat

Riset juga penting untuk menemukan suplier bahan baku, saluran distribusi, media promosi yang akan kita gunakan, hingga kemasan produk yang menjual.

Melihat Apa yang Banyak Orang Butuhkan

Mendengar keluhan orang lain sangat bagus dalam rangka mencari peluang bisnis baru modal minim yang sedikit pesaing. Contohnya banyak orang yang mengeluhkan kesulitan dalam membeli pupuk urea.

Dari sini Anda dapat membuka usaha jualan pupuk urea sebagai jalan keluar dari masalah banyak orang yang ada pada wilayah Anda.

Bisnis Sesuai Keterampilan

Bisnis yang kita pilih juga perlu berdasarkan kemampuan Anda. Anda ahli dalam bidang tersebut sehingga bisa menjalankan bisnis dengan baik tanpa kendala berarti. Usaha semacam ini juga lebih mudah sukses.

Mengamati Tren Pasar

Untuk mendapatkan peluang bisnis baru yang menjanjikan lainnya yang tepat adalah dengan melihat tren bisnis yang ada. Bisnis apa saja yang sekarang sedang menjadi tren?

Baca juga: 5 Cara Bermain Forex yang Aman dan Benar untuk Pemula

Anda bisa membuka usaha tren tersebut yang tentu saja akan menguntungkan karena sedang banyak orang yang mencari dan ingin membeli.

Bisnis Sesuai Hobi

Mencari usaha baru yang minim pesaing sebaiknya Anda sesuaikan dengan hobi. Karena bisnis yang kita jalankan berdasarkan hobi akan lebih mudah untuk sukses. Menjalankan bisnis dengan senang hati tanpa mempersoalkan waktu dan tenaga.

Itulah beberapa strategi cara mencari peluang bisnis baru yang masih rendah persaingannya dan menjanjikan. Dengan mempertimbangkan berbagai faktor itu, maka peluang untuk sukses juga akan menjadi lebih besar. (R11/HR-Online)

Editor: Jujang

The post Ingin Mencari Peluang Bisnis Baru Minim Saingan? Begini Strateginya! appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/peluang-bisnis-baru/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service