Idling Stop System, Mampu Mengurangi Pengeluaran Bahan Bakar

Idling Stop System, Mampu Mengurangi Pengeluaran Bahan Bakar

Idling Stop System (ISS) memiliki peranan yang cukup penting pada kendaraan. Salah satu yang terbukti yaitu mampu membuat bensin lebih irit.

Sepeda motor memang menjadi kebutuhan banyak orang untuk berbagai hal. Kini banyaknya orang yang menggunakan kendaraan yang satu ini membuat produsen semakin mengembangkan produksinya.

Jenis motor cukup beragam. Salah satu yang banyak menjadi pilihan yaitu jenis motor matic. Sepeda motor jenis matic memiliki banyak keunggulan sehingga membuat banyak orang memilihnya.

Teknologi modern dan canggih pun kini sudah banyak terdapat pada motor matic. Salah satunya yaitu adanya teknologi ISS. Adanya teknologi canggih ini membuat motor matic semakin maju dari beberapa segi.

Idling Stop System (ISS) belum banyak diketahui oleh sebagian besar orang akan fungsi dan cara kerjanya. Teknologi yang satu ini merupakan sistem untuk mematikan mesin secara otomatis.

Baca juga: Memanaskan Mobil Matic, Ini Dia Tips-Tips dan Manfaatnya

Ketika kendaraan berhenti sejenak atau saat berada pada lampu merah, teknologi ini berfungsi. Keunggulan dari ISS adalah mampu mengurangi atau menghemat BBM yang tidak perlu.

Sehingga dapat menurunkan emisi gas buang. Menggunakan teknologi ISS, kinerja motor lebih efisien, hemat BBM, dan tentunya ramah lingkungan.

Cara Kerja Idling Stop System (ISS)

Teknologi pada kendaraan motor matic semakin maju dan berkembang. ISS adalah salah satu teknologi yang ada pada kendaraan jenis yang satu ini.

Fitur ISS mampu memberikan beberapa keuntungan bagi penggunanya. Salah satu yang bisa anda rasakan yaitu membuat mesin mati secara otomatis selama 3 detik ketika kendaraan berhenti.

Selain agar irit BBM, masih banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan. Apalagi saat kendaraan dalam kondisi kemacetan jalan yang mengharuskan berhenti cukup lama.

Bagi anda yang belum begitu paham dengan Idling Stop System, begini cara kerjanya. Pastikan ISS anda tekan tombolnya dan lampu indikator pada speedometer menyala.

Saat kendaraan berjalan, sensor akan memberitahu ECM (Engine Control Module) untuk mengaktifkan ISS. Ketika dalam keadaan berhenti, teknologi tersebut akan langsung berfungsi secara otomatis.

Sedangkan lampu indikator berkedip pertanda bahwa ISS sedang anda gunakan. ECM akan mendapatkan signal dari Throttle Position Sensor (TP Sensor) ketika handle gas (throttle) terbuka.

Dengan demikian, untuk menghidupkan mesin, anda tidak perlu menekan starter lagi. Sebab, secara otomatis mesin akan nyala. Hal ini akan terus bekerja selama ISS anda aktifkan. Namun, ketika tombol ISS tidak aktif, maka pastinya tidak akan bekerja.

Cara Mengaktifkan ISS pada Motor Matic

Setelah anda tahu bagaimana cara kerja teknologi ISS, ada cara untuk mengaktifkannya. Caranya pun cukup mudah, anda tinggal mengubah posisi button switch, klik ke bawah untuk kondisi Idling Stop. Lampu hijau yang ada pada speedometer menyala secara otomatis.

Baca juga: Kaca Depan Mobil Seret, Rawat dan Bersihkan Karet Relnya

Tanda ini menunjukkan jika ISS sudah aktif. Saat ISS bekerja, lampu hijau tersebut akan berkedip dan menyala sempurna ketika anda mulai menarik tuas gas kembali. Adanya teknologi Idling Stop System, BBM berkurang pemakaiannya hingga 7%.

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi ISS

Kelebihan teknologi pada motor matic ini semakin terasa ketika penggunaan pada area kemacetan padat. Itulah alasan mengapa sebagian besar orang memilih menggunakan motor matic.

Kelebihan adanya teknologi ISS, yaitu mampu menghemat pemakaian BBM ketika berhenti sejenak. Selain itu, kelebihan lainnya yaitu dapat menurunkan gas buang dan tentunya ramah lingkungan.

Memiliki teknologi ISS juga membuat kinerja mesin menjadi lebih efisien. Sayangnya, adanya kelebihan pada kendaraan dengan teknologi Idling Stop System juga ada kekurangannya.

Baca juga: Penyebab Klakson Mobil Bunyi Terus, Segera Cabut Sekringnya

Kekurangan penggunaan ISS yaitu aki motor yang mudah tekor atau boros pemakaian. Sebab, karena adanya sistem ini kendaraan melakukan star dan stop lebih banyak.

Pemakaian aki menjadi lebih sering yang berujung membuatnya tekor. Bahkan jika kualitas aki tidak bagus, justru akan mudah rusak.

Oleh sebab itu, sebaiknya pilih merk aki terbaik agar teknologi ISS bisa bekerja secara maksimal. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya kembali untuk gonta-ganti aki dengan jangka waktu cepat.

Motor matic memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu kelebihannya yaitu adanya teknologi Idling Stop System (ISS). (R10/HR-Online)

Editor: Deni Supendi

The post Idling Stop System, Mampu Mengurangi Pengeluaran Bahan Bakar appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/idling-stop-system/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service