Ducati Multistrada V4, Motor Pertama dengan Teknologi Radar

Ducati Multistrada V4, Motor Pertama dengan Teknologi Radar

Ducati Multistrada V4 merupakan motor pertama yang menggunakan teknologi radar. Motor ini pastinya akan sukses besar segera setelah memasuki pasar, meski belum ada info mengenai harga.

Ducati secara resmi mengumumkan rencananya untuk membuat motor tersebut pada September lalu. Mengkonfirmasikannya sebagai tambahan pada rangkaian Multistrada daripada mengganti model V-twin 950cc atau 1.260cc.

Multistrada V4 hampir pasti akan menjadi motor produksi paling kuat yang pernah ada pada kelas tur petualangan. Selain itu, tingkat kinerja tersebut pasti akan memberikan serangkaian tantangan unik bagi para perancangnya.

Terlihat bahwa perusahaan telah mengadopsi radiator yang terpasang pada bagian samping untuk mendinginkan V4. Sehingga memungkinkan penempatan mesin lebih jauh ke depan dalam sasis.

Teknologi Radar pada Ducati Multistrada V4

Jauh pada tahun 2018, Ducati mengumumkan sedang mengerjakan sistem radar depan dan belakang untuk model baru. Ternyata Multistrada V4 adalah motor yang akan meluncur pada tahun 2020 itu.

Sensor radar depan terlihat sangat jelas pada celah antara lampu depan dan “paruh” pada bagian depan. Panel harus terpasang seperti ini agar mendapatkan tampilan jalan yang jelas.

Baca Juga : TVS XL 100, Hadir dengan Menganut Mesin 4-tak 99,6 cc

Sistem radar depan dan belakang sepertinya akan menjadi fitur utama pada Multistrada baru. Pengaturan radar akan berkombinasi dengan cruise control untuk menciptakan pelayaran adaptif .

Memungkinkan Ducati Multistrada V4 mengikuti kendaraan lain dan menjaga jarak konstan ke mereka bahkan saat kecepatan berubah. Itu juga akan terikat dengan ABS untuk memberikan peringatan kepada pengendara jika ia harus melakukan intervensi.

Radar belakang tidak terlalu mengganggu dalam hal gaya sepeda motor. Tetapi masih terlihat sangat jelas tepat pada bagian bawah lampu belakang.

Mesin dan Desain Multistrada V4

Istilah “mesin V4 spesifik” tampaknya menegaskan bahwa motor tidak 100 persen identik dengan unit 1.103cc. Yang mana terdapat pada Panigale V4, Street Fighter V4, atau versi 998cc

Pada streetfighter, puncaknya 90,4 pon kaki dan membutuhkan 11.500 rpm untuk mencapai angka itu. Artinya 4.000 rpm lebih tinggi dari puncak torsi 7.500 rpm multistrada 1260.

Baca Juga : Suzuki Swish 125 2020, Memasang Mesin Berkapasitas 124 cc

Jadi, untuk menjaga keunggulan performa, mesin Ducati Multistrada V4 pasti akan menghasilkan tenaga 180hp atau bahkan menembus batas 200hp. Ducati mungkin memilih untuk membuat kapasitas mesin baru lebih besar untuk Multistrada.

Setiap casing mesin yang terlihat identik dengan yang ada pada Streetfighter dan Panigale V4s. Menunjukkan bahwa perubahan Ducati terbatas pada pengaturan dan penyesuaian internal agar sesuai dengan peran tur petualangan Multistrada.

Sementara subframe jok yang sangat terlihat mempertahankan gaya sasis teralis Ducati tradisional. Rangka utama Multistrada V4 terbuat dari aluminium cor dengan mesin berperan sebagai bagian yang mendapat penekanan.

Pada bagian belakang, lengan ayun dua sisi adalah awal untuk Multistrada top-of-the-range, model sebelumnya cenderung ke satu sisi. Keputusan untuk menggunakan lengan dua sisi mungkin karena kebutuhan untuk menghemat berat dan swing arm terlihat ringan.

Desainnya yang terbuat dari paduan cor dan triangulasi membuatnya dapat bekerja pada guncangan belakang. Suspensi pada kedua ujungnya pasti merupakan sistem Skyshook yang terkontrol secara elektronik dari Ducati. Sementara rem Ducati Multistrada V4, tentu saja merupakan Brembos kelas atas.

Teknologi Lainnya

Jepretan baru memberikan sekilas pandangan mata pengendara dari Multistrada V4. Termasuk tampilan TFT yang besar daripada instrumen konvensional apapun.

Tampaknya fitur penghitung putaran besar bergaya analog pada sisi kanan dengan indikator posisi gigi pada tengahnya. Pada sebelah kiri terdapat tampilan kecepatan digital yang sederhana dan jelas.

Tidak ragu lagi bahwa tata letak seluruh panel berubah karena pemilihan mode berkendara yang berbeda. Teknologi lain pada motor ini jelas mencakup quickshifter yaitu sensor beban pada persambungan roda gigi.

Mengingat status motor Ducati Multistrada V4 tersebut merupakan kelas atas. Sehingga pasti jenisnya naik turun dengan kecepatan throttle otomatis saat turun gigi.

Saat pengumuman secara resmi akhir tahun ini, motor ini kemungkinan akan menjadi tur teknis untuk Ducati. Dengan berbagai rangkaian akronim tanpa akhir untuk menyertai setiap gadget yang komputer kendalikan.

Wheelie control, launch control, lean-sensitive traction control, dan cornering ABS, pasti semuanya akan hadir. Bersama dengan teknologi lain seperti bantuan hill-start dan tentu saja konektivitas Bluetooth untuk telepon serta hiburan.

Kemungkinan Ducati Multistrada V4 akan meluncur pada acara online sekitar bulan Oktober atau November. Sementara kemungkinan Ducati akan mulai menjualnya pada awal tahun 2021. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Honda H’ness CB 350, Motor Bergaya Retro dengan Berbagai Fitur Terkini

The post Ducati Multistrada V4, Motor Pertama dengan Teknologi Radar appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/ducati-multistrada-v4/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service