Ciri Khas Atom Karbon, Pengertian, Jenis Ikatan dan Bentuk Rantai

Ciri Khas Atom Karbon

Ciri khas atom karbon sangat penting untuk kita ketahui. Hal tersebut karena, jenis dan juga jumlah senyawa karbon ada banyak sekali. Hal ini yang dapat membentuk senyawa dari berbagai unsur yang strukturnya bervariasi. Senyawa karbon dapat kita ketahui, mulai dari pengertian, jenis dan juga ciri khasnya dari beberapa ulasan berikut ini.

Ciri Khas Atom Karbon dan Pengertian

Berdasarkan Wikipedia, pengertian dari karbon adalah sebuah unsur kimia yang memiliki simbol C pada tabel periodik unsur serta nomor atom 6. Ia juga merupakan unsur pada golongan 14 dalam tabel periodik.

Kemudian, ia juga merupakan unsur non logam serta bervalensi 4 (tetravalen). Hal ini dapat diartikan jika terdapat empat elektron yang dapat digunakan dalam membentuk ikatan kovalen.

Karbon juga merupakan unsur yang paling banyak dalam alam semesta yang menempati urutan nomor 4. Kemudian, jika dalam tubuh manusia, karbon menempati nomor 2 terbanyak. Senyawa ini harus memiliki minimal jumlah karbon satu.

Akan tetapi, jarang sekali terdapat karbon yang hanya memiliki satu atom karbon. Kekhasan yang terdapat dalam senyawa atom ini berupa jumlah dan juga bentuk rantainya.

Kemudian, hal ini mengakibatkan atom karbon mempunyai ciri khas yang tidak ada pada atom yang lainnya. Adapun ciri khas atom karbon adalah:

Baca Juga: Penemuan Planet Kaya Karbon dan Banyak Berlian, Apakah Layak Huni?

Jari-Jari Atom Relatif Lebih Kecil

Jika kita lihat dari tabel periodik unsur, atom karbon terdapat pada periode dua, yang artinya hanya mempunyai dua kulit paling luar. Oleh karena itu, jari-jari atom juga memiliki ukuran yang lebih kecil.

Besar atau kecilnya jari-jari atom dapat terpengaruh dari kuat atau tidaknya ikatan rantai yang terbentuk. Karena jari-jari atom ini memiliki ukuran yang lebih kecil, maka ikatan kovalen yang terbentuk akan menjadi relatif kuat.

Secara umum, terdapat dua bentuk rantai dari ciri khas atom karbon, yakni rantai terbuka dan rantai tertutup. Rantai terbuka mempunyai bentuk rantai yang lurus dan tidak mempunyai cabang.

Sedangkan rantai tertutup berbentuk melingkar atau rantai berbentuk seperti cincin (siklik). Lalu jika berdasarkan jumlah atom C yang ia ikat, atom C dengan jumlah 4 ikatan kovalen tunggal dapat terbagi dalam atom C primer (terikat dengan 1 atom C lainnya).

Kemudian, atom C sekunder (terikat dengan 2 atom C lainnya), atom C tersier (terikat dengan 3 atom C lainnya), dan juga atom C kuartener (terikat dengan 4 atom C lainnya).

Memiliki 4 Elektron Kovalen

Ciri khas Atom karbon memiliki 4 elektron valensi atau juga dapat kita sebut mempunyai 4 elektron pada kulit paling luar berdasarkan pada konfigurasi elektronnya. Hal ini berarti elektron valensi memiliki fungsi penting dalam membentuk ikatan kimia.

Pada tiap atom dapat membentuk kestabilan yang termasuk juga jenis atom karbon. Dalam mencapai kestabilan, atom ini memerlukan 4 buah elektron yang lain dengan cara membentuk sebuah ikatan kovalen. Lalu, hanya atom karbon yang dapat membentuk ikatan kovalen dari 4 buah sebagai cara mencapai kondisi oktet.

Baca Juga: Penemuan Meteorit Pelangi di Kosta Rika Mengandung Karbon

Atom Karbon Dapat Membentuk Rantai Karbon

Dengan adanya 4 buah elektron valensi, atom karbon mampu membentuk ikatan kovalen yang berupa rantai karbon yang begitu panjang. Ikatan tersebut dapat berupa ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, atau juga rangkap tiga. Bahkan, tak hanya itu saja, karbon juga dapat membentuk ikatan rantai siklik yang melingkar.

Jenis Atom Karbon

Ciri khas atom karbon juga mempunyai beberapa jenis alotrop. Yang paling populer adalah intan, grafit, dan juga karbon amorf. Sifat-sifat dalam ilmu fisika, karbon sangat bervariasi dan bergantung pada jenis alotropnya tersebut.

Untuk contoh, intan memiliki warna yang transparan, kemudian grafit memiliki warna hitam dan kusam. Jika intan adalah material yang paling keras, maka grafit adalah materi yang paling lunak di dunia.

Karbon juga merupakan salah satu senyawa yang mempunyai afinitas untuk berikatan dengan atom yang kecil lainnya. Kemudian akan terbentuk berbagai macam senyawa dengan atom itu.

Oleh karena hal tersebut, ciri khas atom karbon yakni bisa berikatan dengan jenis atom yang lain (termasuk juga dengan atom karbon itu sendiri) serta membentuk hampir 10 juta untuk jenis senyawa yang berbeda. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

The post Ciri Khas Atom Karbon, Pengertian, Jenis Ikatan dan Bentuk Rantai appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/ciri-khas-atom-karbon/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service