Cek Processor HP, Simak Cara Mudahnya Hanya di Sini!

Cek Processor HP

Tak dapat kita pungkiri bahwa cek processor HP menjadi hal yang sangat penting bagi setiap pengguna. Meskipun terdengar sepele, akan tetapi hal tersebut tidak kalah penting seperti melakukan pengecekan pada spesifikasi lain.

Seperti yang kita tahu bahwa processor merupakan salah satu komponen sangat penting pada sebuah HP. Bahkan, menjadi otak mekanik sebagai sumber tenaga bagi HP itu sendiri.

Baca Juga : Fungsi Sinkron pada HP, Bisa Amankan Akun dan Data 

Bila terjadi kerusakan maupun masalah, sudah pasti HP tidak akan bekerja dengan maksimal. Bukan hanya itu saja, melainkan ada kemungkinan HP tidak dapat menyala sama sekali.

Cek Processor HP, Simak Berikut Ini Cara Melakukannya!

Sering kali orang melakukan cek bagian spesifikasi HP yang satu ini karena rasa penasaran. Keingintahuan pengguna terhadap processor HP yang mereka milikilah menjadi pendorongnya.

Namun, ternyata bukan hanya sekedar mengatasi rasa penasaran saja. Dengan melakukan cek processor ini, anda dapat memastikan sendiri benar atau tidaknya keaslian processor tersebut seperti data yang tertera di boks.

Hal tersebut sering kali pengguna lakukan ketika membeli HP baru. Dengan melakukan pengecekan sendiri, maka anda tidak akan merasa tertipu.

Sehingga anda tidak akan mendapatkan kerugian. Bagi anda yang sekarang ini ingin memastikan sendiri processor HP yang dimiliki, bisa simak ulasan berikut ini. Yang mana anda akan segera tahu seperti apa cek processor HP dengan mudah, cepat, dan berhasil.

Melalui Menu Pengaturan

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan menu “Pengaturan”. Dalam menu “Pengaturan” ini, anda bisa memanfaatkan berbagai fitur internal.

Baca Juga : Menghilangkan Baret HP, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini! 

Fitur-fitur internal inilah yang akan membantu dan memudahkan anda dalam melakukan pengecekan. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini cek processor dengan melalui menu “Pengaturan”.

  1. Pertama, silahkan anda buka menu “Pengaturan” atau menu “Setting”
  2. Setelah itu, anda buka menu “About Phone” atau menu “Tentang Ponsel”. Menu yang satu ini dapat anda jumpai dengan melihat bagian paling bawah dari menu-menu “Pengaturan”
  3. Jika anda sudah berhasil masuk ke menu “About Phone”, maka langkah selanjutnya, anda masuk ke bagian informasi perangkat atau “Device Information”. Pada bagian inilah anda akan melihat berbagai informasi mengenai perangkat anda. Mulai dari ROM, RAM, tipe atau model HP, dan spesifikasi yang paling anda ingin tahu yaitu processor.
  4. Cek processor HP yang anda lakukan pun sudah selesai

Menggunakan Terminal

Hal lainnya yang bisa anda lakukan berikutnya adalah dengan menggunakan terminal. Salah satunya adalah melalui aplikasi built-in dari HP anda.

Penting untuk kita ketahui bersama bahwa dengan menggunakan built-in dari HP tersebut, secara mudah dapat mengetahui informasi-informasi penting. Yang salah satunya adalah processor HP.

Pastinya anda penasaran bukan cara untuk menggunakan aplikasi ini? Berikut ini adalah penjelasannya agar anda dapat cek processor HP.

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka terminal
  2. Setelah itu, dalam tab yang sudah terbuka, kalian masukkan saja perintah “cat/proc/cpuinfo”
  3. Kemudian, selang beberapa saat akan terlihat tampilan informasi tentang processor yang HP anda gunakan
  4. Untuk lebihnya, anda juga dapat mengetahui informasi lainnya, tidak hanya jenis processor saja. Caranya adalah dengan mengganti perintah, misalnya “cat/proc/version”

Perintah tersebut akan memberikan informasi yang berkaitan dengan memori HP anda. Bukan hanya itu saja, melainkan juga sistem operasi HP yang anda gunakan.

Dengan menggunakan terminal ini, pada dasarnya akan memberikan informasi kepada anda yang lebih detail. Sehingga, tidak hanya cek processor HP saja yang bisa anda lakukan, melainkan kebutuhan yang lainnya juga.

Menggunakan Buku Panduan dari Perusahaan

Cara lainnya yang bisa anda gunakan adalah dengan melihat langkah-langkah dari buku panduan atau manual book. Manual book ini biasa pengguna dapatkan ketika membeli HP baru,

Pihak perusahaan akan menuliskan langkah-langkah yang jelas dan terperinci untuk anda gunakan. Dengan demikian, anda akan jauh lebih mudah dalam memahaminya.

Selain itu, untuk cek processor HP yang anda miliki akan menjadi mudah pula. Maka dari itu, jangan pernah malas untuk membaca buku panduan yang HP anda miliki. Dengan begitu, anda tidak perlu repot dan kebingungan untuk melakukan pengecekan. (R10/HR-Online)

Baca Juga : USB HP Tidak Terbaca, Simak Cara Mudah untuk Mengatasinya!

The post Cek Processor HP, Simak Cara Mudahnya Hanya di Sini! appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/cek-processor-hp/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064