Cara Menghitung Masa Subur Wanita Pasca Haid yang Akurat

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Pasca Haid Yang Akurat

Cara menghitung masa subur wanita menjadi sesuatu yang penting sebagai cara alami pencegahan kehamilan atau justru ingin mulai melakukan program program kehamilan. Sehingga, mengetahui masa subur untuk sebagian wanita menjadi sangat penting.

Ada banyak sebutan untuk menstruasi wanita yang datang setiap bulan dan tidak pernah absen, kecuali terjadi masalah penyakit atau sedang hamil. Sebagian menyebutnya dengan tamu bulanan, datang bulan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tanda-Tanda Hamil yang Sering Terabaikan, Apa Saja?

Pada dasarnya, menstruasi merupakan suatu kondisi yang selalu menghampiri wanita, mulai dari wanita yang sudah akhil baliq sampai berumur 50 tahunan. Datangnya menstruasi menandakan jika wanita ini sudah siap untuk pembuahan.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Sangat penting bagi seorang wanita untuk mengetahui kalender menstruasi sekaligus tahu bagaimana cara menghitung masa subur jika sudah melewati masa haid atau menstruasi.

Pasalnya, masa untuk pelepasan ovum sangat bervariasi, tergantung kondisi emosi dari wanita. Dengan kata lain, kondisi emosi wanita sangat memberikan pengaruh reflex hipotalamus. Sehingga mempengaruhi faktor FSH serta LG yang akan berdampak pada masa ovulasi.

Sedangkan untuk yang sudah menikah, menghitung masa subur sangat penting. Terutama untuk mereka yang merencanakan ingin memiliki buah hati. Cara menghitung masa subur wanita bisa menentukan pasangan mendapatkan buah hati.

Karena dengan mengetahui masa subur inilah, bisa merencanakan program kehamilan agar lebih cepat mendapatkan keturunan. Langkah ini sebaiknya pasangan lakukan sebelum menjalankan program yang lain.

Pada dasarnya, masa subur wanita sangat bergantung dengan siklus menstruasi, sehingga setiap wanita memiliki siklus yang berbeda untuk masa subur. Perlu anda tahu jika masa subur untuk wanita yang teratur masa menstruasinya, akan berbeda dengan wanita yang tidak teratur masa menstruasinya.

Berikut cara menghitung masa subur wanita yang akurat agar cepat mendapat keturunan atau menunda kehamilan. Hal ini sudah terangkum dari berbagai sumber terpercaya jika dilihat dari fasenya.

Masa Menstruasi

Ketika hari pertama siklus rahim (endometrium) mulai luruh, maka sering wanita kenal dengan menstruasi. Normalnya masa ini berlangsung selama 4 sampai 6 hari. Namun untuk kehilangan darah paling banyak hanya pada 3 hari pertama.

Masa ini wanita akan mengalami kram sekitar panggul, kaki, serta punggung. Terjadinya kram memberikan tanda jika rahim sedang kontraksi yang membantu endometrium luruhkan darah. Ini bisa menjadi cara menghitung masa subur wanita.

Fase Folikular

Masa setelah menstruasi adalah siklus folikular. Masa ini adalah masa folikuler telur telah siap untuk melepaskan telurnya pada ovarium. Umumnya hanya melepaskan satu telur saja.

Pada siklus kali ini akan memiliki panjang waktu yang berbeda, ada yang panjang dan pendek. Nantinya pada saat yang sama, rahim mulai memproses endometrium yang baru untuk persiapan kehamilan.

Baca Juga: Penyebab Gagal Diet, Berat Badan Bukannya Turun Malah Jadi Naik

Endometrium ini akan mendapat pembuahan jika berhasil dibuahi, namun akan kembali terlepas untuk fase berikutnya ketika tidak mendapat pembuahan. Hal ini akan terus terjadi setiap selesai masa menstruasi.

Fase Luteal

Untuk siklus yang terakhir ketika masa menstruasi selesai adalah fase luteal. Mulai ketika terjadi ovulasi, saat telur lepas dari foliker untuk berada dalam ovarium. Proses ini terjadi dari hari ke-7 sampai ke-22 terhitung dari siklus menstruasi yang normal.

Cara menghitung masa subur wanita dengan melihat fase luteal. Apabila sel telur telah sperma buahi, maka akan terjadi kehamilan. Namun ketika sel telur tidak mendapat pembuahan, maka akan kembali luruh.

Sehingga hal ini akan berulang untuk masa menstruasi berikutnya. Perhitungan masa subur bisa untuk mempercepat mendapat keturunan maupun menunda keturunan.

Berubahnya masa menstruasi dari sebagian wanita biasanya terjadi karena adanya gejala penyakit yang muncul dan ada beberapa yang berkaitan dengan organ reproduksi wanita.

Apabila seorang wanita mengalami masa menstruasi yang normal dan teratur namun berubah menjadi tidak teratur, maka kemungkinan terjadi masalah hormon dan tiroid, gangguan pada usus besar, fungsi hati, diabetes, atau kesehatan lainnya.

Cara Hitung Masa Subur Untuk Haid Tidak Teratur

Ada sebagian wanita yang mengalami masa menstruasi teratur setiap bulannya, namun tidak sedikit pula yang mengalami masa menstruasi tidak teratur. Sehingga cara menghitung masa subur wanita berbeda.

Untuk mengetahui masa subur dari wanita yang mengalami masa menstruasi tidak teratur memang sedikit sulit. Karena harus mengetahui siklus haid selama 6 bulan terakhir.

Caranya untuk menghitung masa subur dari yang tidak teratur dengan menghitung mulai dari hari pertama ketika haid sampai sebelum haid hari pertama berikutnya. Lalu hitung dengan teliti jumlah hari dari masing-masing siklus.

Hal ini membuat anda harus mengamati siklus haid selama 6 bulan berturut-turut untuk mengetahui siklus terpanjang dan terpendeknya. Misalnya saja 6 bulan ini mulai dari 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, dan 30 hari.

Apabila melihat contoh tersebut, bisa terlihat jika siklus terpanjang adalah 31 hari dan terpendek 26 hari. Sehingga cara menghitung masa subur wanita bisa dimulai.

Cara Hitung Masa Subur Untuk Haid Teratur

Untuk bisa menghitung masa subur yang haidnya teratur setiap bulan, tentunya lebih mudah daripada yang tidak teratur. Perhitungan ini bisa menggunakan kalender dan secara online.

Cara menghitung masa subur wanita mulai pada hari pertama haid ketika dinding rahim luruh dan berubah menjadi darah. Ketika menstruasi, sel telur akan berkembang untuk ovarium. Ketika sel telur telah matang, maka ovarium melepaskan sel telur dengan sebutan ovulasi.

Proses ini akan terjadi pada hari 12-16 sebelum haid, sedangkan masa subur terjadi pada 5-6 sebelum terjadinya masa ovulasi. Biasanya wanita dengan haid teratur akan memiliki masa subur antara hari 19 sampai 17 setelah haid pertama.

Cara menghitung masa subur untuk haid yang teratur mudah saja. Cukup mengurangi haid hari pertama yang selanjutnya dengan 14. Dengan cara menghitung masa subur wanita untuk bulan berikutnya.

Contohnya untuk yang haid pertama tanggal 2 Juli, maka tambahkan dengan 28 yang merupakan haid pertama bulan berikutnya adalah tanggal 30 Juli. Baru setelah itu, 30 kurangi dengan 14. Nantinya masa suburnya adalah tanggal 16 Juli.

Ciri-Ciri Wanita Dalam Masa Subur

Untuk wanita yang mengalami masa subur, akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini. Perhatikan untuk bisa mengetahui kapan masa subur dan tidak. Sehingga bisa menjalankan program kehamilan dengan lancar maupun menunda kehamilan.

Selain cara menghitung masa subur wanita, ciri-ciri wanita yang sedang dalam subur pun harus wanita ketahui agar bisa menentukan masa untuk mendapatkan keturunan dengan cepat.

Suhu Basal Meningkat

Ketika wanita berada dalam masa subur, maka akan mengalami suhu basal meningkat. Arti dari suhu basal adalah suhu tubuh ketika baru bangun tidur pada pagi hari. Normalnya 36 derajat Celcius, namun akan meningkat sedikit dari angka tersebut.

Sehingga ketika wanita mengalami peningkatan suhu pada pagi hari, berarti sedang dalam fase ovulasi. Bagi yang sedang menjalankan program hamil pun bisa memanfaatkan masa subur untuk segera mendapatkan keturunan.

Mulut Rahim Berlendir

Selain suhu tubuh meningkat pada pagi hari, maka ciri selanjutnya adalah mulut rahim berlendir. Hal ini karena konsistensi menjadi encer. Tentu saja karena perubahan hormon tubuh estrogen yang menjadi pertanda jika dalam masa ovulasi.

Ketika masuk masa subur, wanita akan mengalami keputihan yang licin, bening, dan elastis seperti putih telur. Cairan inilah yang akan memberikan perlindungan kepada sperma untuk masuk ke dalam dinding rahim agar bisa bertemu dengan sel telur. Cara menghitung masa subur wanita bisa membantu untuk anda yang ingin menunda momongan.

Nyeri Perut

Bukan hanya suhu tubuh dan rahim berlendir saja, namun terkadang wanita yang mengalami masa subur akan merasakan nyeri perut atau bagian punggungnya sakit.

Sehingga ketika nyeri perut datang, bisa menjadi pertanda kalau sedang dalam masa subur. Untuk itu, sebagai wanita harus memahami terjadinya perubahan tubuhnya agar bisa mengetahui masa suburnya.

Lebih Bergairah

Wanita yang sedang masa subur memiliki perasaan lebih bergairah daripada sebelumnya. Tidak sedikit dari wanita yang merasakan lebih bersemangat dan mudah untuk sosialisasi ketika mengalami masa subur.

Cara menghitung masa subur wanita perlu anda pelajari dengan baik agar bisa membantu anda ketika ingin menjalankan program hamil. Bahkan juga bisa membantu anda saat ingin menunda kehamilan dengan berbagai alasan tertentu. (R10/HR-Online)

The post Cara Menghitung Masa Subur Wanita Pasca Haid yang Akurat appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/cara-menghitung-masa-subur-wanita/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service