Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Sendiri di Rumah

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Sendiri di Rumah

Cara membersihkan blok mesin motor perlu anda lakukan sebagai perawatan kendaraan. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Jika sudah memilikinya, tentu perlu perawatan bahkan penggantian komponen saat membutuhkannya. Komponen setiap kendaraan terdiri dari beberapa macam dengan fungsi yang berkesinambungan.

Merawat kendaraan tidak hanya terletak pada bodinya saja, namun semua butuh perawatan. Salah satu komponen sepeda motor yang perlu anda perhatikan kebersihannya yaitu blok mesin.

Hal ini perlu anda lakukan karena blok mesin memiliki fungsi yang cukup penting. Oleh karena itu, jangan hanya menjaga kebersihan bodinya saja, komponen yang satu ini juga cukup penting.

Jika komponen dalam keadaan kotor dan tidak terawat, justru dapat mengganggu performanya. Selain itu, blok mesin yang kotor juga bisa mengganggu pandangan.

Apalagi jika tidak anda rawat dan bersihkan secara rutin, kotoran yang menempel bisa menimbulkan karat. Jika hal ini anda biarkan secara terus-menerus, akan semakin sulit saat membersihkannya.

Baca Juga : CVT Motor Matic, Gejala Kerusakan dan Cara Merawatnya

Sebaiknya anda bedakan mana kotoran dan rembesan oli. Jika tampak retak pada blok mesin dan kotoran menempel, tentunya tidak bisa anda ketahui.

Mulai sekarang sebaiknya jaga kebersihan blok mesin agar kotoran tidak menempel dan menimbulkan karat. Padahal jika oli bocor dan tidak anda ketahui secara cepat, akan timbul bahaya.

Jika terjadi kebocoran, mesin tidak terlumasi dengan baik. Bahkan akan aus dengan cepat dan parahnya lagi turun mesin.

Mencegahnya yaitu dengan cara membersihkan blok mesin secara rutin. Tujuannya agar ketika masalah timbul pada komponen tersebut, bisa terlihat dengan jelas.

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor

Bagian bawah motor terutama pada area mesin cenderung lebih mudah kotor karena tidak tertutup apapun. Sebaiknya jika mesin dalam keadaan kotor, segera bersihkan agar tidak timbul karat.

Selain itu, karat yang menempel juga membuat anda tidak tahu bagaimana kondisi mesin itu sendiri. Jika terjadi masalah pada blok mesin, justru bisa menimbulkan masalah yang lebih serius.

Sebaiknya lakukan pencegahan sebelum berakibat buruk. Tidak hanya itu saja, dengan membersihkan komponen tersebut, tampilan kendaraan juga bisa lebih menarik.

Cara membersihkan blok mesin motor tidak perlu anda bawa ke tempat cuci kendaraan atau bengkel. Hal ini bertujuan agar biayanya tidak mahal.

Anda bisa lakukan cara tersebut sendiri di rumah. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, yaitu:

1. Siapkan Peralatan

Langkah pertama yang bisa anda lakukan ketika akan mencuci blok mesin yaitu mempersiapkan peralatan. Jika anda perlu membelinya, harganya pun tidak mahal.

Peralatan yang bisa anda gunakan seperti sikat gigi, kuas cat, mangkok plastik, bensin, sabun cuci piring, dan amplas halus.

2. Campurkan Bensin dan Sabun Cuci Piring

Cara membersihkan blok mesin motor selanjutnya, anda bisa campurkan cairan pembersih piring dengan bensin. Aduk keduanya hingga merata dan bercampur.

Baca Juga : Perbedaan Rem Tromol dan Rem Cakram Sesuai Cara Kerjanya

Gunakan alat dan bahan tersebut untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada blok mesin motor. Kerak dan noda yang membandel pun bisa teratasi dengan mudah dan cepat.

Bersihkan dengan campuran ini hingga blok motor bersih secara sempurna. Selain menggunakan cairan cuci piring, ada alternatif lain.

Anda bisa gunakan detergen untuk cuci baju atau pembersih lantai kamar mandi. Jika tidak ada bensin, anda bisa menggantinya dengan cairan cuka.

3. Bilas dengan Air Bersih

Langkah berikutnya yaitu dengan membilasnya dengan air bersih. Ketika kotoran pada blok mesin benar-benar bersih, anda bisa langsung membilasnya.

Siramkan air dengan tekanan yang kuat agar bisa mengangkat noda, kerak, dan kotoran yang menempel pada blok mesin. Jika masih ada kerak yang menempel, cara membersihkan blok mesin motor ulangi sekali lagi.

Jika masih saja tidak hilang, bisa gunakan amplas halus. Dengan cara ini, kerak yang membandel akan hilang dengan sempurna.

4. Metal Polish

Agar blok mesin yang sudah bersih bisa terlihat kinclong, anda bisa gunakan metal polish atau autosol. Caranya cukup mudah, yaitu tuang cairan tersebut pada kain kering kemudian poles secara merata.

Cara membersihkan blok mesin motor bisa anda lakukan sendiri untuk menghemat biaya. Caranya mudah tanpa membutuhkan peralatan khusus. (R10/HR-Online)

Baca Juga : As Gear Depan Aus Akibat Kotoran yang Menempel Terlalu Banyak

The post Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Sendiri di Rumah appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/cara-membersihkan-blok-mesin-motor/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service