Cara Membangun Bisnis dan Riset Potensi Pasarnya

cara membangun bisnis

Cara membangun bisnis yang baik perlu dipahami secara detail oleh seorang pebisnis. Sebab hal itu penting untuk memastikan peluang usaha yang ada memang benar-benar menjanjikan. Ini merupakan langkah awal paling mendasar jika Anda ingin memiliki usaha yang berhasil.

Peluang usaha memang ada dimana-mana. Coba saja Anda perhatikan lingkungan sekitar rumah atau daerah Anda. Ada berapa banyak usaha yang berdiri dan jenis usaha apa yang belum ada?

Siapa pun bisa menekuni bisnis dalam segala bidang. Dari perdagangan, kuliner, pertanian, perikanan, retail, jasa, dan lainnya. Anda tidak perlu takut kehabisan ide usaha. Cara membangun bisnis unik yang belum ada juga bisa Anda lakukan

Namun semua jenis usaha tersebut tidak serta merta bisa langsung ‘kita telan mentah-mentah’. Semua harus melalui tahap analisis bisnis yang cermat untuk memastikannya benar-benar prospektif dan menguntungkan.

Melakukan riset dan analisis terhadap peluang usaha yang ada adalah proses yang tidak sebentar. Aktivitas ini membutuhkan waktu dalam proses mengidentifikasi suatu jenis usaha dan potensinya.

Sehingga kita dapat menentukan bisnis itu layak atau tidak kita jalankan. Dengan perhitungan yang cermat, suatu usaha akan memberikan keuntungan besar sepanjang masa atau dalam periode tertentu.

Baca juga: Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal yang Menghasilkan untuk Pemula

Cara membangun bisnis juga perlu melakukan riset pasar dan melakukan analisa terhadap potensi usaha dengan menggunakan berbagai sumber dan alat. Anda bisa memanfaatkan marketplace, forum, toko online, dan media sosial untuk menggali informasi.

Dengan informasi yang Anda dapatkan, Anda bisa mengetahui produk apa saja yang terlaris dan paling besar profitnya. Termasuk potensi kompetisinya. Jika Anda sudah menemukan bisnis baru yang tepat berikutnya tinggal melakukan persiapan usaha.

Tahapan Penting Cara Membangun Bisnis

Banyaknya peluang usaha yang ada tentunya perlu pertimbangan matang sebelum memutuskan mana yang akan kita pilih. Berikut ini tahapan penting cara membangun bisnis yang perlu Anda siapkan dan lakukan.

Potensi Ceruk Pasar

Langkah penting dalam melihat peluang adalah dengan melakukan riset pasar. Penelitian ini akan merangkum informasi tentang seberapa besar kebutuhan pasar terhadap suatu produk.

Perhatikan juga besarnya pasar apakah bersifat musiman atau abadi. Jika minat pasar bersifat sporadis atau karena viral, perhatikan lebih teliti segmentasi yang bisa Anda masuki lebih dalam lagi.

Cermati Tingkat Kompetisinya

Tak ada bisnis yang tanpa saingan sehingga sebuah usaha tidak bisa lepas dari yang namanya persaingan. Cara membangun bisnis harus melakukan kajian seberapa tinggi persaingannya yang ada dan apakah Anda masih bisa memenangkannya.

Jika sebuah usaha terlalu tinggi tingkat kompetisinya, Anda mungkin perlu memilih yang lebih ringan. Karena itu Anda bisa membuat list jenis usaha berdasarkan tingkat kompetisi yang ada.

Sesuai Hobi atau Kemampuan

Menjalankan usaha sesuai hobi atau kesenangan umumnya lebih memiliki daya tahan dan umumnya mampu berkembang. Karena itu dalam memulai sebuah bisnis perlu Anda lakukan dengan memilih usaha berdasarkan hobi atau yang Anda sukai.

Baca juga: Ingin Mencari Peluang Bisnis Baru Minim Saingan? Begini Strateginya!

Menjalankan usaha yang sesuai dengan hobi akan terasa ringan. Begitu juga kita memang menguasai atau terampil tentang bidang tersebut, segala tantangan akan lebih mudah kita hadapi dan atasi.

Kemampuan Modal

Cara membangun bisnis lainnya Anda juga perlu menyesuaikannya dengan kemampuan modal yang Anda miliki. Modal ini tak hanya dalam bentuk uang tunai melainkan juga bisa berupa peralatan, rumah, atau kendaraan.

Dari berbagai peluang bisnis yang ada, Anda bisa memilih yang lebih mampu Anda jalankan dengan modal yang ada. Sebaiknya hindari meminjam atau mencari modal dari pihak lain maupun bank dalam merintis usaha baru.

Apalagi lembaga perbankan ataupun calon investor lebih tertarik pada usaha yang telah berjalan. Bisnis yang sudah jalan lebih mudah melihat potensi pengembangannya ketimbang usaha yang baru akan Anda rintis.

Proses Produksi dan Pemasarannya

Memulai usaha juga penting dengan melihat bagaimana proses produksi berjalan. Produk baru yang penuh inovasi mungkin membutuhkan teknologi atau seorang ahli. Ini tentunya membutuhkan biaya modal yang tidak sedikit.

Baca juga: Merek Mesin Kopi Terbaik, Cocok untuk Bisnis atau Pemakaian Pribadi

Begitu juga dengan aspek pemasarannya juga perlu menjadi pertimbangan sejak awal. Setiap pelaku usaha tentunya ingin menjalankan usaha yang mudah dalam pembuatan dan juga produknya cepat laku terjual.

Itulah berbagai tahapan penting cara membangun bisnis agar tidak salah gagal. Dengan melakukan riset yang cermat dan perhitungan yang teliti, maka usaha yang Anda rintis lebih berpotensi untuk berkembang dan sukses. (R11/HR-Online)

Editor: Deni Supendi

The post Cara Membangun Bisnis dan Riset Potensi Pasarnya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/cara-membangun-bisnis/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064