Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar, Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan

bisnis jajanan anak sekolah dasar

Bisnis jajanan anak sekolah dasar merupakan pilihan praktis yang menguntungkan. Cara memulai usaha dengan modal kecil yang menjanjikan ini juga mudah. Namun agar bisnis jajanan anak berhasil Anda mesti kreatif.

Setiap jenis usaha tentunya memiliki pangsa pasarnya masing-masing. Ada bisnis yang membidik kalangan wanita, para karyawan, atau yang membidik kalangan anak-anak sekolah dan pelajar, khususnya siswa SD.

Bisnis yang membidik pangsa pasar pelajar sekolah termasuk jenis usaha yang sangat prospek. Selain pasarnya jelas dan tertarget, jumlahnya juga tidak sedikit. Umumnya dalam satu sekolah jumlah muridnya bisa mencapai ratusan hingga ribuan anak.

Bisnis ini juga sangat menguntungkan karena kebutuhan anak kecil untuk makan jajan jauh lebih besar dan intens ketimbang remaja. Jenis makanan apa pun yang Anda jual pasti akan laris dibeli anak.

Baca juga: Peluang Usaha Kuliner Jajanan Anak Sekolah yang Paling Menguntungkan

Potensi pasar anak sekolah juga tak bisa kita remehkan karena berlangsung setiap hari dari pagi hingga sore. Bahkan saat bubar sekolah, Anda juga bisa menarget orang tua atau saudara anak sekolah yang ikut menjemput.

Keutamaan Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Menjalankan usaha kuliner untuk anak termasuk sangat menguntungkan. Berikut ini kelebihan dan keutamaan bisnis jajanan anak sekolah dasar ketimbang jenis usaha lain yang sebaiknya Anda tahu.

Keuntungan Setiap Hari

Menjual jajanan anak sekolah akan mendapatkan laba atau keuntungan bersih yang bersifat harian. Selama anak-anak masuk sekolah dan tidak libur, Anda bisa menjual produk Anda setiap hari.

Potensi Omsetnya Besar

Potensi omset penjualan berjualan makanan camilan juga sangat besar. Apalagi jika menyasar anak SD. Anda dapat meningkatkan omset penjualan dengan cara membuka cabang atau menitipkan produk kuliner Anda ke berbagai kantin sekolah lainnya.

Membutuhkan Modal Kecil

Bisnis jajanan anak sekolah dasar termasuk jenis usaha dengan modal kecil. Anda tidak perlu menyediakan dana yang besar untuk memulai berjualan. Bahkan bisnis ini bisa Anda jalankan dengan modal Rp 1 juta rupiah saja.

Tak Pernah Sepi Konsumen

Usaha jajanan anak sekolah juga termasuk jenis bisnis yang tahan banting. Dalam keadaan krisis ekonomi, usaha jualan jajanan senantiasa laris manis. Hal ini karena jajan merupakan kebiasaan anak-anak sekolah yang tak pernah alpa.

Apalagi sifat jajanan yang tidak mengenyangkan. Sehingga setiap pelajar sekolah bisa jajan beberapa kali saat sekolah. Peluang bisnis ini sangat sayang Anda lewatkan jika Anda ingin menambah penghasilan dari bisnis kuliner.

Strategi Sukses Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Setelah mengetahui berbagai keutamaan jenis usaha ini, lantas bagaimana cara atau strategi memulai dan menjalankan bisnis jajanan anak agar berhasil? Berikut ini beberapa faktor yang sebaiknya Anda perhatikan.

Rasanya Harus Enak

Yang namanya bisnis makanan, apalagi jajanan anak sekolah mesti menjamin kualitas rasa yang enak dan lezat. Walaupun harga jajanan sangat murah dan terjangkau bagi pelajar SD tetap harus menjaga rasa produk jualan yang lezat.

Harus Unik

Sifat siswa sekolah umumnya sangat menyukai jenis makanan atau kuliner yang baru dan unik. Karena agar jualan Anda laris, makanan yang Anda tawarkan harus berbeda dengan pesaing yang ada.

Baca juga: Jajanan Anak Bernilai Seni Tinggi Ini Sudah Jarang Terlihat di Ciamis

Keunikan tak harus menciptakan jenis makanan baru karena yang mesti Anda perhatikan adalah kompetitor yang ikut berjualan makanan sekolah. Ketimbang harus bersaing, ada banyak kreasi yang bisa Anda buat agar menarik.

Selalu Inovatif

Selain unik, menjalankan bisnis jajanan anak sekolah dasar juga perlu inovatif. Hal ini karena anak-anak cepat bosan dengan makanan yang sama. Mereka akan selalu mencari dan mencoba untuk membeli produk jajanan yang baru.

Karena itu wajar jika pada tahun pertama usaha jajanan Anda akan mengalami masa laris manis. Namun pada tahun kedua, penjualan akan mulai menurun. Karena itu penting mengubah tampilan atau mengembangkan produk saat penjualan menurun.

Harga yang Terjangkau

Menjual produk kuliner berupa jajanan anak sekolah harus dengan harga terjangkau. Anda perlu membatasi harga makanan kurang dari Rp 5 ribu. Sebab uang saku anak-anak sekolah biasanya tak lebih dari Rp 10 ribu.

Baca juga: Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

Anda tidak bisa mematok harga jual jajanan anak secara sembarangan. Untuk memastikannya Anda bisa survei berapa uang jajan anak-anak. Besaran yang saku biasanya tergantung kelas sosial keluarganya yang bersekolah.

Menjalankan bisnis jajanan anak sekolah dasar bisa menjadi pilihan yang menarik. Ini juga merupakan usaha dengan modal kecil yang hanya membutuhkan sedikit kreativitas agar mampu bersaing dan sukses. (R10/HR-Online)

Editor: Deni Supendi

The post Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar, Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/bisnis-jajanan-anak-sekolah-dasar/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service