Bedak untuk Kulit Sensitif, Pilih dengan Selektif Kenali Kandungannya

bedak untuk kulit sensitif

Memilih bedak untuk kulit sensitif tak ubahnya seperti memilih jodoh. Salah memilih tak hanya akan membuat wajah mengalami alergi namun juga bisa membuat trauma. Apalagi kulit sensitif rentan mengalami kerusakan.

Bagi Anda yang memiliki wajah sensitif tentu akan merasakan ketakutan dalam menggunakan atau membeli kosmetik yang banyak terdapat di pasaran. Ketakutan produk tidak cocok dengan jenis kulitnya.

Baca Juga: Perawatan Wajah Alami, Cara Mudah dan Murah untuk Terlihat Cantik

Banyak orang yang bingung dalam memilih kosmetik yang tepat. Oleh sebab itu, mereka tak jarang menjajal berbagai jenis produk hanya untuk mendapatkan yang cocok bagi jenis kulitnya.

Setiap orang sudah tahu bahwa kulit sensitif mudah sekali mengalami breakout. Ini adalah gejala gatal atau kulit kemerahan akibat pemakaian bedak atau krim yang salah atau tidak cocok.

Kandungan zat pada bedak tersebut yang membuat kulit menjadi alergi. Kulit yang sensi memerlukan bedak khusus yang mengandung bahan yang memang cocok dan sesuai dengan jenisnya.

Cara Memilih Bedak Untuk Kulit Sensitif

Untuk seseorang yang memiliki jenis kulit peka maka tak usah risau dalam mendapatkan kosmetik yang cocok. Berikut ini beberapa hal yang mesti kita perhatikan tentang cara memilih bedak untuk kulit sensitif yang cocok.

Mengetahui Penyebab Kulit Jadi Sensitif

Kulit sensitif rentan mengalami breakout. Pemicunya bisa karena kulit sering terkena sinar ultraviolet matahari, alergi dan kering, ataupun karena penggunaan bahan kimia berlebih pada kulit.

Untuk mengetahui bedak yang cocok bagi pemilik kulit peka ini dan penyebab wajah menjadi breakout maka Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan.

Untuk mengeceknya Anda bisa membeli produk bedak baru. Gunakan pada sekitar wilayah leher dan biarkan selama satu hari. Selepas 24 jam Anda bisa melihat reaksi bedak itu.

Baca Juga: Rekomendasi Masker Bilas Terbaik untuk Mengatasi Kulit Berjerawat

Apabila Anda gatal atau kulit memerah sebagai gejala alergi, maka Anda tidak cocok menggunakan bedak tersebut. Sebaliknya, jika Anda tidak merasakan gejala alergi berarti bedak tersebut cocok untuk Anda gunakan.

Mengetahui Kandungan Bedak

Kandungan dalam produk kosmetik bisa mengakibatkan alergi terutama pada jenis kulit tertentu. Sehingga sebelum membeli bedak untuk kulit sensitif, Anda bisa mengecek komposisi kandungannya. Kenali kandungan zat yang dapat memicu alergi pada kulit Anda.

Namun jika Anda tidak yakin dengan nama zat yang menjadi pantangan kulit, Anda bisa mengecek dengan cara mencoba memakai bedak itu pada leher. Jika timbul gatal, maka bedak itu tidak cocok untuk kulit Anda.

Anda juga bisa mencoba menggunakan bedak dengan komposisi yang berbeda. Rasakan efek yang timbul dari penggunaannya terhadap kulit leher atau wajah. Pilihlah bedak yang tak memberikan efek samping karena menunjukkan jenis bedak yang cocok bagi kulit anda.

Mengetahui Bahan Aktif Bedak yang Baik Bagi Kulit Sensitif

Bedak mempunyai unsur-unsur yang membentuknya. Salah satunya bahan aktif. Bedak untuk kulit sensitif yang cocok adalah yang mengandung bahan aktif yang menambah kekuatan dan ketahanannya.

Bahan aktif pada bedak yang baik untuk pertahanan kulit yakni zinc oxide dan titanium oxide. Anda bisa melihat bedak yang mengandung zat ini pada kemasan bedak dengan huruf kecil pada bagian komposisi.

Titanium oxide dan zinc oxide merupakan zat yang penting untuk kulit sensitif supaya kesehatan kulit terjaga. Bahan ini juga berguna melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit. Sebagian bedak tabur dari merk ternama sudah mengandung zat ini sehingga bermanfaat bagi kulit ini.

Baca Juga: Manfaat Masker Hydrogel untuk Perawatan Wajah Cantik Alami

Bedak yang mengandung zin oxide dan titanium oxide umumnya terbuat dari bahan dasar air kelapa. Adapun kandungannya hanya 3,7 persen. Sedangkan bedak dari bahan minyak umumnya tidak mengandung zinc oxide dan titanium oxide.

Tidak Mengandung Parfum

Bagi kulit yang peka jangan pernah menggunakan bedak yang mengandung parfum. Karena bisa merusak kulit. Penelitian sudah membuktikan bahwa bedak yang mengandung parfum dapat menipiskan lapisan kulit sehingga akan memperparah kulit jenis ini.

Karena itu Anda harus memilih bedak untuk kulit sensitif yang tepat. Pastikan bedak tidak mengandung parfum karena akan memperparah kondisi kulit Anda. Pilihlah bedak natural yang tanpa parfum.

Anda bisa mengetahui bedak mengandung parfum atau tidak dengan melihat kemasannya. Jika terdapat tulisan fragrance free maka bedak itu tak ada kandungan parfumnya. Sedangkan jika terdapat tulisan unscented berarti bedak itu mengandung wewangian.

Itulah berbagai pertimbangan dalam memilih bedak untuk kulit sensitif. Anda tidak boleh sembarangan dalam menggunakan bedak. Sehingga penting mengetahui jenis bedak yang tepat dan cocok dari komposisi bedak tersebut. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu

The post Bedak untuk Kulit Sensitif, Pilih dengan Selektif Kenali Kandungannya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/bedak-untuk-kulit-sensitif-pilih-dengan-selektif-kenali-kandungannya/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service