Asteroid TGI 2020 Berkecepatan Tinggi Mendekati Bumi, Bahayakah?

Asteroid TGI 2020

Asteroid TGI 2020 terlacak mendekati Bumi dengan diameter yang sangat besar. Hal tersebut telah NASA laporkan dalam program NEO atau Near Earth Object Programme.

Program tersebut mereka lakukan demi melacak objek-objek luar angkasa yang paling dekat dengan Bumi. Hal tersebut juga mereka lakukan demi mendapatkan hasil yang mampu memberikan pengetahuan dan peringatan apabila terdapat tanda bahaya yang mengancam.

Sehingga, harapan Bumi terselamatkan dari ancaman objek-objek luar angkasa yang berbahaya akan semakin besar. Salah satunya adalah jenis batu luar angkasa TGI 2020 yang meluncur dengan kecepatan besar dengan diameter hingga 100 meter.

Baca Juga: Asteroid 2020 TS1 Meluncur Mendekati Bumi, Berbahayakah?

Asteroid TGI 2020

Badan luar angkasa milik Amerika Serikat, NASA telah melaporkan program terbaru mereka yang bernama NEO (Near Earth Object). Program tersebut adalah program yang mereka lakukan untuk melacak keberadaan objek yang terdekat dengan planet kita.

NASA mengenalkan Program NEO pada akhir abad 20. Misi yang ada pada NEO ini adalah melacak benda-benda luar angkasa yang bergerak mendekat ke Bumi. Sampai sekarang terdapat 25 ribu objek NEO yang sudah mereka temukan sejak berdiri pada 1 Oktober 1958 tersebut.

Melansir dari Wikipedia, jarak asteroid yang dekat dengan Bumi yaitu sekitar kurang dari 1 jarak bulan atau sekitar 384,41 kilometer (238,860 mil) pada tahun 2020 ini. Untuk waktu peringatan pendekatan yang dekat tergantung pada ukuran benda atau asteroid itu sendiri.

Lalu, berdasarkan sputnik News, NASA kembali memberikan laporan jika terdapat asteroid yang mulai mendekati Bumi dalam waktu dekat, yakni pekan depan selain asteroid TGI 2020.

Benda langit ini mereka beri nama TGI 2020. TGI 2020 adalah sebuah batu luar angkasa (asteroid) dengan laju kecepatan yang sangat luar biasa, yakni 8,5 mil per detik atau sekitar 30.708 Mph atau hampir mencapai kecepatan 50.000 kilometer per jam.

Hal ini menjadi satu-satunya asteroid yang terlacak mendekati planet ini dengan kecepatan fantastis. Selain itu, TGI 2020 adalah sebuah benda luar angkasa dengan ukuran paling besar yang pernah melewati planet Bumi. Lebar dari asteroid ini yakni 100 meter.

Kemudian, asteroid ini merupakan benda asing yang sifatnya berbahaya karena proses perjalanannya tersebut akan memotong dari orbit Bumi.

Walaupun demikian, NASA mengungkapkan jika jarak asteroid TGI 2020 tersebut terhadap Bumi memiliki rentang yang cukup jauh, yakni 7,2 juta mil atau sekitar 11,5 juta kilometer.

Baca Juga: Asteroid 2020 SW, Objek NEO Melintasi Bumi Dengan Jarak Terdekat

Asteroid 2020 SO

Selain TGI 2020, benda luar angkasa yang ada di galaksi Bima Sakti dan terlacak oleh NEO NASA adalah 2020 SO. Planet ini akan kedatangan benda asing tersebut pada Desember 2020 mendatang.

Paul Chodas adalah salah satu ilmuwan dari NASA yang melaporkan jika terdapat benda luar angkasa yang masuk dalam kategori berbahaya.

Asteroid tersebut mereka temukan melalui roket NASA untuk meneliti bulan sejak tahun 1966. Sebelum menemukan adanya TGI 2020, NASA juga sudah melaporkan jika terdapat asteroid yang ukurannya lebih besar, yakni dengan kecepatan 13,5 kilometer per detik atau 48. 000 kilometer per jam yang mendekati Bumi.

Asteroid itu juga sama seperti dua asteroid lain, 2020 SO dan asteroid TGI 2020 yang merupakan hazardous asteroid (PHA). Asteroid-asteroid PHA tersebut memiliki potensi berbahaya yang mempunyai jarak lebih dari 5 juta kilometer dari planet Bumi.

Baca Juga: Asteroid 2014 QJ33 Seukuran London Bridge Tidak Berpotensi Bahaya

Kata NASA

Setiap hari, Bumi akan terus dihantam oleh lebih dari 100 ton partikel pasir dan juga debu luar angkasa. Kemudian, pada tiap tahunnya, terdapat sebuah asteroid yang ukurannya kecil (sebesar mobil) yang berupaya menabrak Bumi.

Hal tersebut akhirnya akan menjadi sebuah bola api ketika ia memasuki lapisan atmosfer dari Bumi. Ia akan terbakar karena memasuki lapisan atmosfer yang sangat panas.

“Setiap dua ribu tahun, akan terdapat meteor yang ukurannya seluas lapangan sepak bola yang menabrak. Lalu, akan terdapat dampak yang signifikan pada wilayah tabrakan tersebut,” kata NASA.

NASA juga melaporkan, selain asteroid TGI 2020 akan ada asteroid yang kecepatannya tinggi yang juga sedang mendekati Bumi. Asteroid ini memiliki nama 2008 UB95. Ia adalah benda NEO dengan kecepatan 7,63 kilometer per detik atau sekitar 17 ribu meter per jam.

Meskipun termasuk ukuran kecil, sekitar 31-68 meter, asteroid tersebut merupakan benda langit yang juga sedang dekat dengan Bumi. NASA juga melaporkan jika asteroid ini mempunyai orbit pada tahun yang sama, yakni 29 Oktober mendatang.

Dengan penemuan asteroid TGI 2020, menjadi asteroid yang termasuk ke dalam benda NEO yang mengorbit ke Matahari yang jaraknya dekat dengan Bumi. Meskipun termasuk ke dalam benda NEO, asteroid ini adalah benda yang sering berada dekat dengan planet-planet. Akan tetapi, tak benar-benar menabraknya. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

The post Asteroid TGI 2020 Berkecepatan Tinggi Mendekati Bumi, Bahayakah? appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/asteroid-tgi-2020/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064