Aplikasi Cek Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta, Berikut Cara dan Ketentuannya

Aplikasi Cek Bantuan UMKM

Aplikasi cek bantuan UMKM dapat anda gunakan untuk memastikan apakah anda masuk dalam daftar penerima BLT UMKM Rp 2,4 juta terbaru. Aplikasi tersebut adalah Eform.bri.co.id.

Kita ketahui, pemerintah saat ini menggulirkan program dana Bantuan Presiden (Banpres) produktif atau yang populer disebut dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM. Bantuan tersebut hadir dengan jumlah Rp 2,4 juta.

BLT UMKM Rp 2,4 juta tersalur melalui Kementerian Koperasi, UKM, dan Bank BRI. Kabar terbaru, Banpres produktif ini masih akan diperpanjang hingga akhir bulan November 2020. BLT UMKM tahap II ini rencananya akan menyasar 3 juta UMKM.

Aplikasi Cek Bantuan UMKM

Terdapat dua cara cek penerima BLT UMKM Rp 2,4 juta terbaru, yakni melalui aplikasi Eformbri.co.id/bpum. Langkah kedua adalah bagi anda yang telah menerima SMS dari bank penyalur BRI, maka anda dapat dengan segera untuk melakukan verifikasi menuju kantor BRI cabang terdekat rumah anda.

Pastikan anda sudah terdaftar sebagai penerima Bantuan Presiden (Banpres) produktif BPUM atau BLT UMKM dari Kementerian Koperasi serta UKM ini.

Sesuai dengan info yang beredar saat ini, terdapat perpanjangan pendaftaran bantuan UMKM Rp 2,4 juta hingga November 2020 dengan kuota 3 juta UMKM.

Apabila anda sudah terdaftar secara offline pada Dinas Koperasi dan UKM kabupaten atau kota masing-masing, maka anda dapat mengeceknya secara online pada situs atau aplikasi cek bantuan UMKM yang telah disediakan BRI.

Baca Juga: Aplikasi Konsultasi Psikologi Gratis Pecahkan Beban Pikiran dan Batin

Syarat dan Ketentuan Bantuan UMKM

Sebelum anda melakukan pengecekan pada aplikasi cek bantuan UMKM, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang syarat dan ketentuannya.

Mengenai syarat dan ketentuan bantuan UMKM, cukup mudah untuk anda lengkapi. Syarat tersebut antara lain anda merupakan pelaku usaha mikro yang sedang tidak menerima kredit modal kerja serta investasi dari perbankan atau unbankable.

Anda juga merupakan pelaku usaha Warga Negara Indonesia (WNI) dengan mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Selanjutnya, anda juga memiliki usaha mikro yang dapat anda buktikan dengan surat susulan dari pengusul lampirannya. Syarat terpenting lainnya adalah bukan ASN, bukan anggota TNI atau POLRI, atau pegawai BUMN/BUMD.

Mengenai berkas atau dokumen yang harus anda persiapkan adalah dengan mengisi persyaratan atau formulir usulan peserta program baru produktif usaha mikro.

Proses berikutnya anda dapat menyiapkan materai 6000 untuk penandatangan surat pertanggungjawaban mutlak dari pelaku usaha.

Berkas penting yang anda perlukan yaitu fotocopy e-KTP dan fotocopy izin usaha. Selain itu, juga perlu fotocopy buku rekening dengan saldo kurang dari Rp 2 juta.

Untuk syarat dan ketentuan yang sudah lengkap, dapat anda serahkan pada Dinas Koperasi dan UKM yang selanjutnya akan mereka serahkan kepada Kemkop UKM untuk proses verifikasi.

Baca Juga: Aplikasi Penyedot Kuota, Berikut Daftar dan Cara Mengatasinya

Cara Cek Bantuan UMKM Melalui Aplikasi

Para pelaku usaha yang telah terdaftar sebagai penerima bantuan UMKM Banpres Rp 2,4 terbaru, apabila lolos, maka bantuan akan langsung terkirim ke nomor rekening masing-masing.

Untuk mengecek penerima BPUM, dapat anda lakukan melalui aplikasi cek bantuan UMKM dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero). Aplikasi tersebut adalah Eform.bri.co.id/bpum.

Berikut ini cara cek penerima BLT Rp 2,4 juta pada aplikasi dari pihak BRI, yaitu masuk ke laman resmi https://ift.tt/35wp75g. Selanjutnya akan muncul 2 kolom yang harus anda isi, yakni nomor KTP serta kode verifikasi.

Isi kedua kolom tersebut secara benar. Kemudian anda dapat klik tombol “proses Inquiry”. Apabila anda benar-benar terdaftar sebagai penerima sesuai dengan NIK, maka akan muncul pemberitahuan pada laman tersebut.

Pemberitahuan tersebut akan mengkonfirmasi bahwa anda memperoleh insentif serta dapat mencairkannya pada kantor BRI terdekat.

Anda hanya perlu memasukkan nomor NIK Kartu Tanda Penduduk dengan benar pada aplikasi cek bantuan UMKM eform.bri.co.id/bpum. Nantinya anda dapat dengan mudah untuk mengetahui apakah anda lolos sebagai penerima BLT UMKM Rp 2,4 atau tidak.

Bantuan UMKM Banpres Rp 2,4 ini bukanlah pinjaman atau kredit, melainkan hibah. Jadi, penerima tidak akan mengeluarkan biaya berbentuk apapun dalam proses penyalurannya.

Sebagai informasi, aplikasi cek bantuan UMKM eform.bri.co.id merupakan aplikasi yang memiliki fungsi untuk mempermudah nasabah serta mitra BRI untuk bertransaksi keuangan secara online. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat membuka rekening, tabungan, giro, serta deposito. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

The post Aplikasi Cek Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta, Berikut Cara dan Ketentuannya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/aplikasi-cek-bantuan-umkm/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064