Usaha Kambing Peranakan Etawa di Ciamis Menggiurkan

Usaha Kambing Peranakan Etawa di Ciamis Menggiurkan

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Nampaknya ternak kambing Sapera Sanen Peranakan Etawa memiliki banyak keuntungan dibandingkan jenis kambing yang lainnya.

Kambing tersebut memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan mudah untuk diternakan.

Selain  kokoh, besar dan dagingnya sangat banyak, kambing peranakan etawa ini juga bisa dikonsumsi susunya dan diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Yuda Yusup Daniel, warga RT 03 RW 07, Dusun Pasirkadu, Desa Petirhilir, Kecamatan Baregbeg, Ciamis, berhasil mengembangbiakan kambing jenis sapera sanen. Saat ini, ia sudah mempunyai sekitar 120 ekor kambing tersebut.

“Awal mulanya bertenak kambing jenis sapera sanen, yakni Desember tahun 2017. Dikarenakan melihat peluangnya sangat besar,” katanya Yuda.

Menurut Yuda, dari bertenak kambing tersebut, dirinya bisa meraup keuntungan puluhan juta perbulannya, terutama dari hasil susu perah kambing.

“Saya melihat usaha kambing peranakan etawa ini sifatnya harian. Dikarenakan susu dari kambing ini bisa diambil 1 hari dua kali pemerasan, pagi dan sore hari,” ucapnya.

Keunggulan dari susu kambing, kata Yuda, yaitu nutrisinya lebih tinggi 1 tingkat dari ASI. Sehingga banyak yang mencari susu kambing tersebut. Selain itu, susu ini juga bisa membantu mengatasi penyakit paru-paru.

“Kebetulan saya bekerjasama dengan pemerintah daerah, khususnya Desa Baregbeg, dalam rangka melawan stunting. Sehingga minat warga dalam mengkonsumsi susu kambing sangat tinggi,” jelasnya.

Yuda menambahkan, peluang bisnis kambing sapera sanen ini sangat mengiurkan. Dari mulai anakan jantannya bisa dijual sebagai pedaging dan indukan betinanya bisa dijadikan susu perah untuk penghasilan harian.

“Kalau omset dari indukan yang bisa diperah di kisaran Rp. 600 ribu sehari dan diakumulasikan perbulan mendapatkan Rp. 18 juta,” pungkasnya. (Fahmi/Koran HR)

The post Usaha Kambing Peranakan Etawa di Ciamis Menggiurkan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/usaha-kambing-peranakan-etawa-di-ciamis-menggiurkan/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service