Ukuran Bearing Motor, Berbeda Pada Setiap Jenis Kendaraan

UKuran Bearing Motor, Berbeda Pada Setiap Jenis Kendaraan

Ukuran bearing motor berbeda-beda tergantung dari tipenya masing-masing. Gerakan motor yang bisa berjalan dengan lincah dan terkendali tidak luput dari adanya komponen dalam kendaraan tersebut.

Setiap komponen pada motor memiliki peranan yang cukup penting dan memiliki porsi masing-masing. Salah satu komponen yang memiliki fungsi penting pada motor yaitu bearing.

Bearing berfungsi dalam pergerakan sepeda motor. Misalnya bearing roda depan, roda belakang, kruk as, dan masih banyak yang lainnya.

Tidak hanya itu saja, bearing pada kendaraan roda dua ini juga terdiri dari beberapa bagian. Bearing juga memiliki jenis merk dan ukuran yang berbeda.

Baca Juga : Kamera Mundur Mobil Pilih yang Memiliki Sensor Inframerah

Selain itu, kualitas komponen ini juga berbeda, bahkan produsennya pun berbeda. Ada produsen dari Jerman, Prancis, Jepang, China, dan masih banyak yang lainnya.

Cara perawatan bearing cukup mudah dan simpel. Hanya saja, anda perlu memperhatikan nomor atau kode dari komponen tersebut. Anda bisa dengan mudah menggantinya dengan merk apa saja asalkan kodenya sama.

Komponen ini memiliki bentuk bulat dan pada bagian tengahnya terisi bola gotri. Bola kecil inilah yang membantu komponen ini bisa berputar dengan mudah tanpa terhambat.

Bearing berada pada bagian roda atau mesin. Mengetahui ukuran bearing motor adalah salah satu hal yang wajib anda ketahui. Sehingga saat akan melakukan penggantian anda tidak akan kerepotan untuk memasangnya kembali.

Pengertian dan Ukuran Bearing Motor

Bearing banyak juga yang menyebut dengan laker atau laher. Komponen yang satu ini memiliki fungsi sebagai penggerak sumbu dari sistem rotating yang cukup penting.

Baca Juga : Perawatan Sistem Kemudi Mobil, Mengurangi Resiko Kecelakaan 

Selain itu, komponen ini juga berfungsi sebagai bantalan atau penyeimbang. Bearing pada sepeda motor juga banyak terdapat pada sistem berputar seperti roda, kopling motor, dan lainnya.

Ukuran Bearing Sepeda Motor

Setiap ukuran bearing berbeda-beda, anda bisa melihat dari kode 4 digit bagian depan. Misalnya yaitu kode 6301. Kode tersebut bisa anda gunakan untuk membaca ukuran bearing atau laker. Cara bacanya yaitu:

  • 6 berarti tipe bola bearing
  • 3 berarti tebal bearing
  • 01 berarti diameter bagian dalam

Pada bagian ukuran diameternya juga berbeda dan memiliki kode yang berbeda. Ada beberapa ukuran yang bisa anda tahu pada ukuran bearing, yaitu:

  • 00 : diameter 10 mm
  • 01 : diameter 12 mm
  • 02 : diameter 15 mm
  • 03 : diameter 17 mm
  • 04 : diameter 20 mm
  • 05 : diameter 25 mm

Jadi, bearing memiliki kode 6303 bertanda ukuran diameternya adalah 17 mm. Semua kode memiliki ukuran berdasarkan tipe kendaraan masing-masing.

Ukuran bearing motor antara merk yang satu dengan lainnya berbeda. Namun, biasanya bearing yang sering mengalami kerusakan yaitu pada bagian roda, baik depan maupun belakang. 

Jenis-Jenis Bearing pada Motor

Bagi anda yang belum tahu apa saja jenis bearing motor, berikut penjelasannya. Jenis bearing memang cukup banyak, semua bisa anda pilih sesuai ukuran dan jenis kendaraan. Beberapa bearing motor yaitu:

Ball Bearing

Jenis yang pertama yaitu ball bearing, menjadi komponen yang mudah anda temukan. Sistem kerja bearing motor jenis ini cukup sederhana.

Sebab, hanya bergerak berputar yang cukup efektif. Sehingga penggunaannya sering berperan untuk menahan beban putaran atau radial load.

Roller Bearing

Rollar bearing menjadi jenis kedua yang memiliki bentuk silinder memanjang. Kinerja komponen yang satu ini cukup baik dalam menopang beban vertikal maupun horizontal.

Adanya jenis bearing yang satu ini cukup baik sebagai kekuatan tumpuan. Varian jenis beraing ini cukup banyak, salah satunya yaitu needle bearing. Jenis ini tak kalah penting untuk anda tahu selain ukuran bearing motor.

Ball Thrust Bearing

Berbeda dengan kedua jenis bearing sebelumnya, jenis yang satu ini biasa untuk pengaplikasian khusus. Pada umumnya jenis bearing yang satu ini hanya terpakai pada poros yang membutuhkan putaran rendah.

Baca Juga : Fungsi Pegas Daun Mobil untuk Membantu Kenyamanan Berkendara

Selain itu, komponen ini tidak dapat berfungsi untuk menahan beban radial load. Jadi, inilah perbedaan dari jenis-jenis yang lainnya.

Penggunaan bearing pada sepeda motor cukup vital dan mempengaruhi kinerja sistem berputar. Setiap kode dan ukuran pada jenis sepeda motor berbeda.

Sehingga anda harus tahu ukuran bearing motor saat ingin melakukan penggantian. Jika ukuran dan kodenya sama, merk apapun bisa anda gunakan. (R10/HR-Online)

The post Ukuran Bearing Motor, Berbeda Pada Setiap Jenis Kendaraan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/ukuran-bearing-motor/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service