PKM Cimaragas Ciamis Gelar Test Masif Covid-19

PKM Cimaragas Ciamis Gelar Test Masif Covid 19

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Untuk menekan penyebaran virus Corona, UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Ciamis, lakukan test masif Covid, yang dilaksanakan di lingkungan PKM Cimaragas, Jumat (04/09/2020).

Kepala UPTD PKM Cimaragas, Tata Sudinta AMd,Kep.SKep.SKM, mengatakan. kegiatan tersebut diikuti oleh 120 orang peserta.

Terdiri dari Kepala Desa dan staf, perwakilan tenaga pengajar (guru), karyawan Bank, Alfamart/ Indomart, TNI/ Polri dan intansi lainnya.

“Pandemi Covid 19 di berbagai negara belum berakhir, demikian pula di Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Barat. Bahkan bila melihat angka kasus nasional per 30 Agustus 2020, berada di angka 172.053 kasus,” katanya.

Sementara jumlah kasus positif di Kabupaten Ciamis mencapai 31 kasus. Kondisi ini harus menjadi perhatian bersama.

Melalui kewenangan yang dimiliki oleh instansi dan lembaga yang ada di Kecamatan Cimaragas, PKM Cimaragas mengajak mempraktekan kemandirian masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Tata menuturkan, langkah kongkrit Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mencegah penyebaran Covid 19 dan upaya penanganan kasus yang efektif dan efisien dikenal dengan TEST MASIF COVID.

“Test ini dilakukan pada kelompok sasaran tertentu, yaitu orang berisiko, seperti tenaga medis, dan orang dalam perjalanan. Kategori berikutnya orang yang tidak bisa bekerja dari rumah atau karena tuntutan pekerjaannya harus kontak dengan orang lain atau berkerumun dengan orang lain,” katanya.

Test Masif Covid-19 Targetkan 120 Orang

Selain itu, lanjut Tata, juga kelompok orang yang memiliki gejala yag sama dengan penyakit covid 19. Test masif yang digelar di Jabar harus didukung.

Salah satu bagian dari upaya tersebut, PKM Cimaragas telah menggelar test masif pada 4 September 2020 dengan target sebanyak 120 sasaran.

“Dalam hal ini, alhamdulillah target  kita berjalan sesuai harapan. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan intansi yang ada di Kecamatan Cimaragas yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan acara ini. Insyaalloh test ini mampu mengidentifikasi sebaran dan tindakan penanganan yang tepat,” tandasnya.

Kata kuncinya, Tata menandaskan, jalankan protokol kesehatan dalam menjalankan adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Sementara itu, Camat Cimaragas, Drs. Aa Hendarsin, mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan test masif covid yang dilaksanakan oleh PKM Cimaragas,

“Sangat luar biasa antusias warga dalam mengikuti kegiatan test masif Covid-19 ini. Mudah-mudahan Kecamatan Cimaragas terbebas dari penyebaran virus Corona yang menjadi permasalahan menakutkan di masyarakat,” terangnya. (Suherman/Koran HR)

The post PKM Cimaragas Ciamis Gelar Test Masif Covid-19 appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/pkm-cimaragas-ciamis-gelar-test-masif-covid-19/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service