Pita Suara Manusia, Pengertian, Fungsi dan Jenis Secara Lengkap

Pita Suara Manusia

Pita suara manusia merupakan bagian paling penting yang ada pada sistem kerja tubuh kita. Manusia dapat membuka maupun menutup bibir dan mengeluarkan dengan suara yang artikulasinya berbeda-beda.

Fungsi dan jenis organ yang menghasilkan suara ini memiliki pengaruh yang sangat besar untuk semua aktivitas dalam sehari-hari.

Pengertian, Fungsi dan Jenis Pita Suara Manusia

Pengertian pita suara adalah bagian dari organ laring yang berperan dalam menghasilkan ucapan. Pita suara bergetar saat kita mengeluarkan udara yang berasal dari paru-paru yang kemudian mengakibatkan terjadi penurunan penekanan.

Hal inilah yang mengakibatkan terdapat suara yang berbeda-beda. Untuk nada yang rendah akan berasal dari otot pada laring meregang. Sementara itu, nada dengan suara tinggi berasal saat otot-otot tersebut menegang.

Melansir dari Wikipedia, suara terdiri atas pita suara sebagai cara untuk berbicara. Pengertian secara khusus, organ pita suara manusia ini adalah bagian produksi suara yang merupakan sumber utama dari suara.

Lalu, jika secara umum, pita suara adalah mekanisme dalam menghasilkan suara yang terbagi dalam tiga bagian, yakni paru-paru, pita suara pada laring, serta artikulator.

Organ paru-paru harus memompa udara dan menghasilkan aliran yang mencukupi serta menekan udara untuk menggetarkan dari pita suara ini. Sebagai katup yang bergetar, pita suara ini akan memotong aliran udara yang berasal dari paru-paru hingga menjadi pulsa suara yang nantinya akan membentuk suara dalam laring.

Otot-otot yang ada pada laring akan menyesuaikan ketegangan dan juga panjang pita suara sebagai cara untuk menghaluskan nada.

Baca Juga: Perbedaan Faring dan Laring, Pengertian, Fungsi dan Strukturnya

Fungsi Pita Suara

Jika kita berbicara tentang anatomi tubuh manusia, maka akan sangat komplek yang terjadi. Salah satunya adalah pita suara. Pita suara juga memiliki karakteristik yang berbeda.

Tak jarang dalam tubuh manusia terdapat fungsi yang lebih dari satu untuk setiap organ. Salah satunya adalah fungsi pita suara manusia. Untuk fungsi yang pertama adalah menghasilkan suara. Pasti sudah banyak orang yang mengetahui dari satu fungsi ini.

Organ pita suara memiliki peran yang penting dalam pembentukan dari suara. Pita suara juga termasuk salah satu organ yang unik karena memiliki ketebalan yang berbeda-beda.

Fungsi pita suara manusia yang kedua adalah mencegah terjadinya tersedak. Fungsi ini memiliki hubungan atau berkaitan dengan fungsi epiglotis pada manusia. Posisi epiglotis terletak pada daerah yang cukup dekat dengan pita suara.

Lalu, pada saat kita menelan makanan, maka organ epiglotis akan menutup dan melipat saluran pada trakea. Jadi, usahakan jangan berbicara saat sedang makan.

Dengan melakukan makan sambil berbicara, maka saluran epiglotis tidak akan menutup sempurna. Hal tersebut akan mengakibatkan makanan masuk ke dalam saluran pernafasan.

Fungsi ketiga adalah sebagai pengatur aliran udara. Hal ini berkaitan dengan penyesuaian jumlah udara yang masuk serta keluar dari paru-paru. Karena, terdapat tiga gerakan pita suara manusia utama yang bisa mengatur aliran dari udara yang berasal dari paru-paru tersebut.

Sebut saja imobilitas, unilateral imobilitas, dan juga bilateral imobilitas. Ketiga gerakan lipat suara tersebut akan sangat mempengaruhi kita untuk berbicara dengan normal.

Baca Juga: Fungsi Usus 12 Jari pada Sistem Pencernaan Manusia dan Cirinya

Jenis-Jenis Pita suara

Sebagai organ yang dapat mengatur suara yang berbeda-beda tersebut, tak lain berasal dari pengaruh tebal atau tipisnya pita suara ini. Berikut adalah beberapa jenis pita suara.

Pita Suara Tipis

Jenis pita suara ini akan menghasilkan suara dengan nada tinggi atau suara yang keluar pada bagian atas. Namun, jenis suara ini memiliki kekurangan, yakni untuk nada suara rendah.

Pita Suara Tengah

Dapat kita sebut juga dengan nada suara yang sedang. Dapat kita artikan jika pita suara manusia ini mempunyai range nada yang tidak terlalu rendah dan juga tidak terlalu tinggi.

Range suara orang yang memiliki pita suara ini adalah mempunyai jangkauan suara yang lebar. Namun, juga masih memiliki kekurangan pada nada yang tinggi atau rendah.

Pita Suara Tebal

Jenis pita suara ini memiliki keunikan tersendiri. Suara yang akan dihasilkan terkesan besar atau bass. Suara ini cukup menjadi suara yang berkarakter jika dimiliki oleh seorang penyanyi.

Pita Suara Elastis

Untuk jenis pita suara ini sering atau banyak penyanyi dunia miliki. Keuntungan dari nada suara yang keluar adalah mampu menjangkau nada tinggi atau juga nada rendah. Karena, pita suara manusia dengan jenis yang elastis seperti ini mampu menipis dan menebal dengan sendirinya. (R10/HR Online)

Baca Juga: Tulang Rusuk Manusia, Mengenal Struktur dan Fungsi pada Tubuh

The post Pita Suara Manusia, Pengertian, Fungsi dan Jenis Secara Lengkap appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/pita-suara-manusia/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service