Perbedaan Arteri dan Vena, Fungsi, Struktur, dan Jenisnya

Perbedaan Arteri dan Vena

Perbedaan arteri dan vena harus kita ketahui dengan benar. Hal ini akan sangat penting karena menyangkut organ jantung kita. Seperti yang telah kita ketahui bersama, jantung adalah organ yang vital dari tubuh.

Dengan jantung, maka pembuluh darah dapat keluar masuk. Itulah mengapa jantung juga sering kita kenal sebagai gudang tubuh. Lalu, siapakah yang mengantarkan keluar dan masuk darah dari dan keluar jantung? Jawabannya adalah pembuluh darah. Kedua pembuluh darah ini memiliki sejumlah perbedaan yang utama.

Perbedaan Arteri dan Vena

Tubuh kita memiliki dua jenis pembuluh darah, yakni arteri dan vena. Keduanya mempunyai fungsi, struktur penyusun hingga resiko terjadi gangguan yang juga berbeda.

Kedua pembuluh darah tersebut bekerja bersama dengan pembuluh darah kapiler yang berperan penting dalam sirkulasi darah pada tubuh kita. Berikut adalah beberapa perbedaan kedua pembuluh darah ini.

Baca Juga: Bagian Telinga dan Fungsinya yang Wajib Anda Ketahui

Perbedaan Fungsi

Perbedaan arteri dan vena yang pertama adalah dari segi fungsi keduanya. Vena mempunyai tugas dalam mengembalikan darah yang merupakan hasil dari metabolisme tubuh.

Darah yang kembali ke jantung ini sudah mengandung oksigen. Sementara itu, arteri adalah pembuluh darah yang menyalurkan darah dari jantung ke seluruh jaringan yang ada dalam tubuh kita. Darah yang tersalur ini telah mengandung oksigen yang berasal dari jantung.

Perbedaan Adanya Katup

Dari segi ada atau tidaknya katup ini juga menjadi salah satu perbedaan yang terdapat pada keduanya. Pada pembuluh darah balik atau vena mempunyai katup atau yang sering kita sebut dengan ‘pintu’.

Katup tersebut mempunyai fungsi sebagai alat yang mencegah darah mengalir ke arah yang tak seharusnya. Hal ini tentu menjadi perbedaan arteri dan vena. Pasalnya, pembuluh darah arteri tak mempunyai katup.

Pasalnya, darah yang mengalir atau melewati pembuluh darah ini hanya mengalir pada satu arah saja. Katup yang ada pada vena, salah satunya terdapat pada kaki dan juga tangan kita.

Hal tersebut berguna untuk membawa darah yang tidak mengandung oksigen akan kembali ke jantung. Sehingga, katup akan bertugas menutup jalan supaya darah yang telah mengalir ke jantung tak kembali ke jaringan atau organ yang lain.

Seperti melansir dari laman Britannica, menyebutkan jika pembuluh darah vena mempunyai katup yang berguna dalam melawan gaya gravitasi meskipun memiliki sedikit tekanan (tidak seperti pada arteri).

Karena darah bisa saja mengalir karena adanya pengaruh gravitasi. Lalu, untuk arteri yang berfungsi mengalirkan darah menuju ke semua bagian tubuh, maka tak memerlukan katup.

Baca Juga: Fungsi Hormon Adrenalin, Apa Efeknya Jika Kelebihan atau Kekurangan?

Perbedaan Jenis

Perbedaan arteri dan vena selanjutnya adalah dari segi jenis. Arteri memiliki beberapa jenis seperti arteri elastis, arteri maskular, dan arteriole. Arteri elastis mempunyai lapisan pada bagian tengah tebal dan dapat melebar.

Hal tersebut sebagai respon ketika jantung berdetak. Lalu, arteri maskular memiliki ukuran yang sedang dan bertugas dalam mengambil darah dari arteri elastis.

Kemudian, darah akan menyebar menuju percabangan. Sedangkan, arteriole adalah jenis arteri paling kecil yang berguna dalam mengangkut darah keluar dari jantung dan menuju ke pembuluh darah kapiler.

Pembuluh darah vena memiliki 4 jenis, yaitu vena dalam, vena superfisial, vena pulmonal, dan juga vena sistemik. Vena dalam berada dalam jaringan otot, lalu vena superfisial terletak paling dekat dengan kulit.

Kemudian, vena pulmonal memiliki fungsi dalam membawa darah yang mengandung oksigen ke jantung dari paru-paru. Sementara itu, vena sistemik adalah vena yang letaknya berada pada seluruh jaringan tubuh.

Mulai dari kaki hingga leher kita. Kemudian, jenis vena ini adalah yang bertugas mengangkut darah yang tidak ada oksigennya kembali ke jantung.

Baca Juga: Sumsum Tulang Belakang, Pengertian, Fungsi, dan Strukturnya

Perbedaan Percabangan

Perbedaan arteri dan vena berikut ini tentang ada atau tidaknya percabangan. Arteri mempunyai percabangan yang berbeda. Arteri yang paling besar kita kenal dengan sebutan aorta. Dari aorta, darah kaya akan oksigen ini akan mengalir ke seluruh bagian tubuh kita dengan cabang-cabang yang terus mengecil.

Lalu, memberi asupan oksigen dan juga darah ke semua organ ataupun jaringan tubuh. Sedangkan dalam vena tak ada cabang. Karena fungsi dari pembuluh darah vena adalah mengalirkan darah dari kepala serta tangan menuju jantung dan tanpa mengandung oksigen.

Vena yang bertugas ini kita kenal dengan sebutan vena cava superior. Lalu, vena yang membawa darah tanpa oksigen tersebut dari perut serta kaki menuju jantung adalah vena cava inferior.

Adanya perbedaan arteri dan vena tersebut meliputi struktur, jenis, hingga fungsi, keduanya tetap memberikan pengaruh yang sangat besar. Keduanya memiliki peran yang berkesinambungan dalam mengolah darah bagi tubuh kita. (R10/HR Online)

The post Perbedaan Arteri dan Vena, Fungsi, Struktur, dan Jenisnya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/perbedaan-arteri-dan-vena/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064