Pencairan BLT Tahap 5, Login kemnaker.go.id Cek Penerima dan Kapan Cair

Pencairan BLT Tahap 5

Pencairan BLT tahap 5 pasti Anda nantikan. Terutama bagi pekerja yang sudah memenuhi syarat, namun sampai BLT BPJS tahap 4 meluncur, belum juga mendapatkan bantuan.

BLT BPJS tahap 5 ini merupakan tahapan terakhir dari penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan pada gelombang pertama.

Setiap pekerja dengan gaji kurang Rp 5 juta dan tercatat sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan setidaknya sampai bulan Juni 2020 akan mendapatkan BLT.

Besaran BLT Rp 600 ribu per bulan. Pekerja akan menerima BLT tersebut selama 4 bulan. Sementara untuk pencairannya dua bulan sekali. Ini berarti sekali pencairan, maka pekerja akan mendapat Rp 1,2 juta ke rekening masing-masing.

Kapan Pencairan BLT Tahap 5?

Pencairan BLT untuk pekerja tersalurkan setiap minggunya. Target dari pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan untuk gelombang pertama pencairan selesai sampai akhir September.

Karena itu pencairan untuk tahap 5 akan tersalurkan pada minggu terakhir bulan September. Sehingga pekerja setidaknya akan menerima transfer Rp 1,2 juta ke rekening masing-masing pada 30 September 2020.

Baca Juga: BLT BPJS Tahap 5: Jadwal Pencairan dan Daftar Penerima, Cek di Sini!

Pencairan langsung ke rekening pekerja agar bantuan dari pemerintah tepat sasaran. Tidak ada penyalagunaan oleh orang tak bertanggung jawab.

Saat ini Kemnaker sudah menerima 2 juta data pekerja dari BPJS Ketenagakerjaan untuk pencairan BLT tahap 5. Apakah Anda termasuk penerima BLT tahap terakhir ini?

Cek Daftar Nama Penerima BLT BPJS Tahap 5

Untuk mengecek apakah nama Anda termasuk sebagai penerima BLT BPJS tahap 5, Anda bisa login melalui laman resmi Kementerian Ketanagakerjaan kemnaker.go.id.

Terlebih dahulu Anda harus mendaftar untuk login di laman kemnaker.go.id. Kunjungi laman tersebut lalu klik daftar.

Anda akan diminta mengisi biodata dan akun. Untuk biodata, isi NIK, nama lengkap, dan nama ayah serta ibu kandung.

Sementara untuk mengisi akun, Anda masukkan nomor HP, alamat email, dan password. Pastikan nomor HP dan email yang Anda gunakan masih aktif. Selain itu, ingat-ingat juga password yang sudah Anda isi, jangan sampai lupa.

Baca Juga: Cek Nama Penerima BLT BPJS, Ini Caranya Via Login kemnaker.go.id

Selanjutnya Anda akan menerima OTP melalui nomor HP, segeralah melakukan aktivasi dengan nomor OTP tersebut. Jika sudah berhasil Anda bisa langsung login untuk mengecek apakah Anda termasuk penerima pencairan BLT tahap 5.

Login kemnaker.go.id

Untuk mengecek apakah Anda termasuk penerima BLT BPJS, Anda harus login pada akun Kemnaker yang sudah Anda daftarkan.

Saat Anda login kemnaker.go.id, pada akun Kemnaker Anda akan diminta untuk melengkapi profil. Lengkapi saja profil akun Kemnaker sesuai permintaan.

Masukkan foto Anda juga saat melengkapi profil, Anda bisa menggunakan foto yang sudah tersedia pada galeri smartphone Anda.

Jika sudah selesai melengkapi profil, selanjutnya Anda cek laman profil. Lalu scroll atau gulirkan ke bawah. Pada bagian bawah profil akun Kemnaker akan tercantum apakah Anda termasuk penerima pencairan BLT tahap 5 atau tidak.

Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan

Dari rilis Instagram resmi Kemnaker, diketahui saat ini sudah sekitar 11,8 juta pekerja yang mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan. Targetnya pemerintah akan memberikan BLT BPJS ini untuk 15,7 juta pekerja.

Dana sebesar Rp 7 triliun sudah pemerintah siapkan untuk program BLT BPKS Ketenagakerjaan ini. Pencairan BLT setiap dua bulan sekali. Sehingga akan ada dua gelombang pencairan.

Baca Juga: Login kemnaker.go.id Cek Daftar Nama Penerima BLT BPJS, Ini Caranya!

Pencairan untuk gelombang pertama akan ada 5 tahap. Pemerintah menargetkan pencairan pada gelombang pertama ini selesai pada akhir September.

Karena itu pencairan BLT tahap 5 pun akan tersalurkan sampai akhir September. Untuk tahap pertama dan kedua, bantuan Rp 1,2 juta untuk bulan September dan Oktober sudah tersalurkan.

Sementara untuk BLT tahap 3 tersalurkan kepada 3,5 juta pekerja. Total bantuan yang tersalurkan pada BLT tahap 3 sebesar Rp 4,5 triliun.

Sementara untuk BLT tahap 4 sudah tersalurkan kepada sekitar 2,8 juta karyawan. Total bantuan yang sudah tersalurkan pada tahap keempat sebesar Rp 3 triliun.

Sisanya akan tersalurkan pada BLT tahap 5 untuk sekitar 2 juta karyawan. Anggaran yang tersedia untuk BLT BPJS tahap 5 ini adalah sebesar Rp 3 triliun.

Pencairan BLT BPJS Langsung ke Rekening Pekerja

Untuk pencairan BLT tahap 5 seperti halnya pencairan tahap sebelumkan akan langsung transfer ke rekening masing-masing.

Tahapan pencairan, Pemerintah akan menyalurkan dana bantuan melalui Bank Himpunan Pemerintah (Himbara), yaitu BRI, BNI, BTN, dan Mandiri.

Dari Bank Himbara, bantuan langsung transfer ke rekening masing-masing pekerja. Baik itu rekening bank Himbara, maupun rekening bank swasta, seperti BCA dan lainnya.

Karena itu, meskipun Anda menggunakan rekening bank swasta, jika data Anda sudah valid dan tercatat sebagai penerima BLT BPJS, maka jangan khawatir tidak cair.

Begitu juga dengan pencairan BLT tahap 5, jika data Anda tercatat sebagai penerima bantuan, Anda pasti akan menerimanya langsung ke rekening. (Ndu/R7/HR-Online)

The post Pencairan BLT Tahap 5, Login kemnaker.go.id Cek Penerima dan Kapan Cair appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/pencairan-blt-tahap-5-login-kemnaker-go-id-cek-penerima-dan-kapan-cair/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service