Oli Gardan Mobil, Memiliki Batas Pemakaian Hingga 40.000 Km

Oli Gardan Mobil, Memiliki Batas Pemakaian Hingga 40.000 Km

Oli gardan mobil memiliki fungsi yang bagus seperti komponen lainnya. Bagi anda pemilik kendaraan roda empat, perlu memperhatikan semua komponen yang ada.

Selain mengeceknya, sebaiknya lakukan perawatan secara rutin pada setiap komponennya. Salah satu yang perlu anda perhatikan dengan baik yaitu pengecekan pelumas pada kendaraan.

Pada umumnya dalam sektor ini yang perlu anda perhatikan yaitu gardan dan transmisi. Meski pergantian komponen ini tidak rutin seperti ganti oli, namun perlu perhatian yang cukup serius.

Oli gardan mobil memiliki batas pemakaian paling lama hingga 40 ribu km sekali. Batas pemakaian ini kira-kira selama 2 tahun.

Jika kondisi sudah mencapai batas waktu, sebaiknya segera ganti agar komponen bisa berfungsi bagaimana mestinya. Gardan mobil bisa anda temukan pada bagian penggerak roda belakang atau Real Wheel Driver (RWD).

Selain itu, juga biasa pada roda keempatnya (4WD). Contohnya pada mobil Toyota Innova, Avanza, Daihatsu, dan masih banyak jenis mobil lainnya.

Gardan memiliki fungsi yang cukup penting dalam perputaran roda sebuah mobil. Oleh sebab itu, perhatikan kondisinya untuk memperoleh kinerja yang baik.

Setiap komponen kendaraan memiliki perawatan atau jangka pemakaian yang berbeda-beda. Sebagai pemilik mobil, anda perlu mengetahui apa saja dan bagaimana cara merawat dan mengganti komponen yang ada.

Kapan Ganti Oli Gardan Mobil?

Selain oli mesin, ternyata oli gardan juga perlu pengecekan dan penggantian secara berkala. Hal ini bertujuan agar komponen tersebut bisa bekerja secara optimal.

Namun, sayangnya masih banyak pemilik kendaraan ini yang sering mengabaikan komponen yang satu ini. Biasanya lebih fokus pada penggantian oli mesin dan transmisi saja.

Fungsi dari komponen ini yaitu sebagai sistem penggerak yang melanjutkan tenaga putar dari mesin. Tenaga tersebut akan berlanjut ke bagian roda penggerak.

Baca Juga : Kaca Mobil Belang, Bisa Dikarenakan Jamur yang Menempel

Pada bagian roda penggerak bagian belakang biasanya posisinya berada bagian tengah poros roda belakang. Sedangkan oli gardan mobil merupakan fluida yang berguna sebagai pelumas gigi dalam gardan.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk penggantian oli gardan? Seperti yang sudah anda ketahui sebelumnya, poli gardan mobil memiliki batas waktu pemakaian.

Perlu penggantian oli jika kendaraan sudah menempuh jarak 40.000 km atau setara dengan waktu pemakaian selama 2 tahun. Oleh sebab itu, sebaiknya anda periksa secara teliti mana jangka waktu yang mendekati.

Tanda dan Gejala Oli Gardan Mobil Perlu Penggantian

Selain mengetahui batas pemakaian, anda bisa ganti oli gardan dengan gejala yang timbul. Ada beberapa tanda-tanda kondisi oli gardan perlu penggantian, yaitu:

Mobil Bergetar pada Kondisi Jalan Menurun

Saat mobil berjalan pada kondisi jalan menurun bisa karena berbagai faktor. Namun, jika kasusnya terjadi pada gardan mobil, maka getaran yang timbul lebih terasa.

Baca Juga : Pelumas Rantai Motor Terbaik Berkualitas dengan Beragam Pilihan

Hal ini bisa terjadi karena gardan menopang beban mobil sehingga roda gigi semakin kencang. Jika oli gardan mobil tidak optimal, maka muncullah getaran tersebut.

Suara Mendengung

Sering terdengar suara dengungan dari bawah mobil juga bisa menjadi faktor gardan bermasalah. Suara tersebut muncul akibat final gear yang tidak terkena oli sebagai pelumasnya.

Hal ini juga bisa terjadi saat oli gardan sudah tidak layak pakai. Jika kendaraan melaju semakin kencang, maka suaranya juga akan semakin keras.

Saat Berbelok Timbul Suara

Gardan efektif bekerja sesuai fungsinya saat mobil sedang belok. Roda gigi dalam gardan semakin kompleks. Sehingga tanpa oli gardan yang masih layak pakai, dapat menimbulkan suara. Suara tersebut hasil dari gesekan antara roda gigi yang bersinggungan.

Oli Encer dan Terkontaminasi

Selain beberapa gejala tersebut, masih ada satu hal yang perlu anda ketahui kenapa oli gardan perlu penggantian. Saat oli gardan mobil dalam kondisi terkontaminasi kotoran atau encer, perlu anda ganti.

Baca Juga : Perawatan Sistem Kemudi Mobil, Mengurangi Resiko Kecelakaan

Oli gardan dalam kondisi baru memiliki kekentalan hingga SAE 70. Sebaiknya pengecekan anda lakukan secara rutin agar tidak berakibat buruk pada kendaraan.

Semua komponen pada kendaraan pasti harus ada pengecekan dan perawatan secara rutin. Semua komponen tersebut memiliki fungsi yang cukup penting dalam kinerjanya masing-masing.

Oli gardan mobil memiliki batasan waktu pemakaian. Ketahui batas waktu dan tanda-tanda oli gardan perlu penggantian. (R10/HR-Online)

The post Oli Gardan Mobil, Memiliki Batas Pemakaian Hingga 40.000 Km appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/oli-gardan-mobil/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service