Motor Jarang Dipakai, Perhatikan Semua Komponennya Termasuk Aki

Motor Jarang Dipakai, Perhatikan Semua Komponennya Termasuk Aki

Motor jarang dipakai bisa karena berbagai faktor. Saat ini keberadaan sepeda motor sudah sering sekali terpakai oleh sebagian besar orang.

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang praktis dan bebas macet. Tidak sedikit orang Indonesia yang memiliki sepeda motor.

Meski demikian namun, masih banyak juga orang yang membiarkan kendaraan tersebut tidak terpakai. Hal ini bisa karena berbagai faktor, entah sang pemilik memiliki kendaraan lain, atau penyebab lainnya.

Meski jarang terpakai bukan berarti kondisi kendaraan ini baik – baik saja. Justru sebaliknya jika kendaraan hanya berdiam dan tidak anda fungsikan ternyata rentan terhadap kerusakan.

Baca Juga : Penyebab Karburator Motor Nembak, Suara Keluar dari Knalpot

Sebaiknya lakukan beberapa hal agar motor jarang dipakai tidak mudah rusak. Sebab, jika tidak anda lakukan motor bisa terjadi kerusakan secara serius.

Jenis sepeda motor pun bervariasi sehingga perawatan yang anda harus lakukan pun berbeda – beda. Oleh sebab itu, meski sepeda motor tidak terpakai juga perlu perawatan yang tepat.

Motor akan tetap aman meskipun pemakaiannya jarang jika anda selalu memberikan perawatan yang tepat. Sebagian besar orang sering beranggapan jika motor tidak terpakai maka tidak perlu perawatan.

Padahal jika anda membiarkannya saja mesin dan komponen sepeda motor lainnya bisa rusak. Itulah alasan mengapa perawatan sepeda motor perlu anda lakukan pada kondisi bagaimanapun.

Motor Jarang Dipakai, Lakukan Hal ini

Saat ini wajib menerapkan social distancing untuk membatasi masyarakat beraktivitas. Hampir semua kegiatan sebisa mungkin anda lakukan dari rumah untuk mencegah terpaparnya virus.

Keadaan yang seperti inilah membuat sebagian besar orang harus belajar, bekerja, dan aktivitas lainnya dari rumah. Karena keadaan seperti ini membuat mobilitas masyarakat semakin berkurang.

Hal ini juga langsung berdampak pada kendaraan yang sering terpakai. Motor yang biasa menemani aktivitas sehari – hari kini sering berdiam saja.

Hal ini bisa mengakibatkan berbagai hal terjadi. Salah satu masalah yang bisa terjadi yaitu mesin dan bagian komponen lainnya.

Agar performa kendaraan anda tetap terjaga sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini. Cara merawat motor jarang dipakai meliputi:

1. Panaskan Mesin Setiap Hari

Meski motor jarang untuk beraktivitas bukan berarti kendaraan tersebut anda biarkan saja. Saat ini kendaraan sepeda motor hadir dengan berbagai tipe dan jenisnya.

Salah satunya yaitu menggunakan teknologi injeksi. Memanaskan motor perlu anda lakukan pada berbagai jenis kendaraan termasuk injeksi.

Baca Juga : Motor Irit Bensin, Ada Beberapa Cara untuk Mengatasinya

Hal ini perlu anda lakukan sebab motor masih memerlukan stasioner dan oli dapat bersirkulasi. Anda tidak perlu melakukan dalam jangka waktu yang lama, cukup 30 detik hingga 1 menit saja.

Namun, jika kendaraan masih menggunakan teknologi karburator wajib anda lakukan hal ini. Anda wajib panasi kendaraan selama 15-30 menit.

Sebaiknya jika anda akan panasi motor sebelumnya selah engkol beberapa kali dalam posisi off. Setelah itu barulah anda menghidupkan motor dan starter untuk memanasi mesinnya.

2. Menguras Bensin

Tips kedua jika motor jarang dipakai yaitu menguras bensin. Saat anda sudah memiliki rencana tidak menggunakan motor dalam jangka waktu yang lama sebaiknya dikuras bensinnya.

Menguras bensin saat kendaraan tidak terpakai bertujuan untuk menghindari endapan bensin basi. Endapan bensin dalam tangki mengakibatkan kerusakan fuel pump pada tangki motor.

Bensin yang terlalu lama berdiam pada tangki akan kurang baik untuk pembakaran. Kadar oktan menurun seiring bensin terlalu lama mengendap dalam tangki.

3. Cabut Aki

Aki merupakan sumber pengapian yang ada pada motor. Komponen ini cukup vital keberadaannya. Jika komponen ini rusak, maka elektrik starter tidak dapat merespon akibatnya motor tidak nyala.

Baca Juga : Kunci Motor Hilang, Jangan Panik Lakukan Langkah Berikut Ini

Sebaiknya jika motor jarang dipakai lebih baik copot akinya. Sebab, jika tidak berfungsi aki tidak akan memiliki asupan listrik sehingga aki tekor.

Setelah melepasnya ketika aki akan anda gunakan kembali sebaiknya charge terlebih dulu. Hal ini bertujuan agar voltasenya penuh kembali.

4. Ganti Oli

Jika motor tidak terpakai dan anda belum sempat mengganti oli, bisa lakukan penggantian oli. Hal ini dapat membuat sepeda motor anda tetap dalam kondisi baik dan terjaga.

Banyak masalah yang bisa timbul akibat motor jarang dipakai. Saat kendaraan ini berencana tidak terpakai sebaiknya berikan perawatan. Lakukan beberapa langkah tersebut agar motor tetap dalam keadaan baik. (R10/HR-Online)

The post Motor Jarang Dipakai, Perhatikan Semua Komponennya Termasuk Aki appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/motor-jarang-dipakai-perhatikan-semua-komponennya/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service