News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Manfaat Terapi Ikan untuk Kesehatan, Anti Stres Hingga Haluskan Kulit

Manfaat Terapi Ikan untuk Kesehatan, Anti Stres Hingga Haluskan Kulit

Manfaat Terapi Ikan untuk Kesehatan, dari Anti Stres Hingga Haluskan Kulit

Banyak orang yang beranggapan ada banyak manfaat terapi ikan untuk kesehatan tubuh. Karena itulah hingga saat ini semakin banyak saja tempat yang menyediakan kolam untuk terapi ikan.

Terapi ikan saat ini sedang menjadi tren pengobatan alternatif yang menyenangkan. Hal ini tak terlepas dari kemudahan dan kenyamanan saat melakukannya.

Dengan menjulurkan kaki ke dalam air kolam yang hangat, ikan-ikan akan mendekat dan menggigit kaki kita. Selain terasa geli, terapi ikan juga menyenangkan karena sembari suasana refreshing.

Semakin hari penggemar terapi ikan bertambah banyak dari mulai orang dewasa hingga anak-anak. Hal ini membuat banyak tempat wisata yang menyediakan kolam yang khusus untuk terapi ikan.

Setelah banyak masyarakat merasakan khasiat serta manfaat terapi ikan untuk kesehatan, akhirnya menjadi komoditas bisnis. Tak hanya tempat wisata saja, tempat publik lainnya seperti taman liburan, kolam renang, restoran, hingga pusat perbelanjaan juga menyediakan wahana kolam terapi ikan.

Tak sedikit tempat ini yang menyediakan wahana terapi ikan untuk menjaring banyak pengunjung. Bahkan dalam satu tempat wisata kadang menyediakan beberapa kolam sebagai tempat pijat ikan, dari kolam ukuran kecil, sedang dan besar.

Tahukah Anda dari mana asal pengobatan alternatif terapi ikan? Berdasarkan sejumlah sumber, terapi alternatif ini berawal di negara-negara Timur Tengah. Kemudian menyebar ke berbagai negara Eropa hingga Indonesia.

Sedangkan ikan untuk terapi pijat ini tidak bisa sembarang jenis. Terapi ikan menggunakan jenis ikan Garra Rufa yang tidak memiliki gigi dan umumnya hanya terdapat di sekitar Syria dan Turki.

Manfaat Terapi Ikan untuk Kesehatan

Terapi pijat ikan populer pula dengan sebutan fish spa. Ada banyak manfaat terapi ikan untuk kesehatan maupun kecantikan yang belum banyak orang ketahui. Apalagi kegiatan ini bisa sembari berwisata yang akan membuat pikiran fresh.

Kegiatan terapi ikan tidaklah sulit dan tidak perlu juga mempelajari teknik tertentu. Anda cukup duduk manis di pinggir kolam lalu menjulurkan kaki ke dalam kolam. Kolam yang berisi air hangat dan ikan-ikan kecil akan segera menghampiri dan menggigit telapak kaki.

Terapi ini biasanya berlangsung sekitar lima belas sampai tiga puluh menit. Selesai terapi Anda akan merasakan sendiri khasiatnya terutama pada tubuh Anda. Pikiran juga akan terasa lebih segar.

Saat ini ada banyak tempat yang menyediakan wahana terapi ini. Untuk lebih mengenal teknik terapi tradisional yang satu ini, berikut ini berbagai manfaat terapi ikan untuk kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.

Mengangkat Sel Kotor dari Kulit

Terapi ikan terbukti mampu mengangkat sel-sel kulit kotor yang mati pada bagian kaki. Ini akan membuat kulit telapak kaki menjadi lebih lembut dan halus. Ikan Garra Rufa yang menggigit akan mengambil kulit yang mati.

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Berbagai penyakit kulit bisa sembuh dengan terapi ikan. Misalkan penyakit dermatitis atopik dan psoriasis. Penyakit psoriasis adalah masalah kulit yang bersisik dengan tekstur warna merah dan tebal.

Manfaat terapi ikan untuk kesehatan kulit bukan tanpa data dan fakta. Berbagai penelitian membuktikan bahwa terapi ini mampu mengatasi segala macam penyakit kulit. Ikan akan memakan sel-sel kulit mati yang bersisik.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Darah pada manusia memiliki peran penting dalam menyalurkan nutrisi dan oksigen ke seluruh organ tubuh. Tersumbatnya aliran darah bisa mengakibatkan munculnya berbagai penyakit. Dengan terapi ikan dapat membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

Gigitan ikan pada kaki tidak menyakitkan, namun hanya membuat geli. Karena ikan ini tak mempunyai gigi. Pijatan ringan dari mulut ikan akan membuat pembuluh darah lebih lancar saat mendistribusikan darah ke semua organ tubuh.

Kulit Menjadi Lebih Halus

Manfaat terapi ikan juga mampu menghaluskan kulit secara efektif. Sebab ikan Garra Rufa akan menggigit kaki pada bagian sel-sel kulit mati. Terapi ini cocok untuk anda yang memiliki kulit kaki kasar dan ingin menjadi halus.

Dengan cara ini kulit pada bagian kaki akan menjadi lebih halus. Segala bentuk bekas luka pada telapak kaki akan terangkat dan kemudian berganti kulit baru yang lebih mulus dan bersih.

Menghilangkan Stres

Manfaat terapi ikan juga baik untuk meredakan dan mengatasi stres. Apalagi jaman yang serba sibuk membuat orang mudah mengalami stres. Beban pekerjaan yang banyak menjadi pemicu pikiran menjadi berat dan kemudian menyebabkan stres.

Stres ada dua macam, yakni stres ringan dan berat. Kalau mengalami stres hingga berlarut-larut bisa mengakibatkan depresi. Terapi ikan bisa menjadi solusi untuk menghilangkan stres. Hanya dengan memasukkan kaki dalam kolam rasakan sensasi rileksnya.

Efek Samping Terapi Ikan

Selain manfaat terapi ikan yang baik untuk kesehatan ternyata ada juga kelemahannya. Terapi ini mempunyai efek samping yang bisa berbahaya. Berikut ini kekurangan atau efek samping terapi pijat ikan yang sebaiknya Anda tahu.

Risiko Penularan Penyakit

Kolam pijat ikan sering kali tidak bersih. Sehingga setiap pengguna dapat duduk dan melakukan terapi di tempat sama. Hal ini bisa berisiko timbulnya penularan penyakit khususnya penyakit kulit dari manusia ke manusia.

Selain itu, ketika pengelola kolam jarang membersihkan ikannya, juga rawan terjadinya penularan penyakit kulit dari orang yang melakukan terapi di kolam yang sama.

Pemakaian Ikan yang Keliru

Orang sering menggunakan ikan Chinchi karena mirip Ikan Garra Rufa. Namun jenis ikan ini bukanlah untuk terapi pijat. Ikan ini justru berbahaya. Sebab mempunyai gigi yang bisa melukai penggunanya hingga terjadi infeksi.

Cara Terapi Ikan yang Aman

Untuk mendapatkan manfaat terapi ikan untuk kesehatan yang optimal maka Anda harus melakukan terapi ikan dengan cara aman. Berikut ini langkah-langkah menjalani terapi ikan yang aman dan nyaman.

  1. Jangan melakukan terapi ikan jika telapak kaki Anda ada luka infeksi atau pendarahan. Karena hal itu akan membuat infeksi atau pendarahan semakin parah.
  2. Mengucapkan bismillah terlebih dahulu. Kemudian basuhlah kedua kaki menggunakan air kolam secara merata. Hal ini untuk mengondisikan kaki dengan air sebelum terapi berjalan.
  3. Periksa kondisi kolam ikan dan pastikan Anda melakukan terapi ikan di lokasi yang bersih air dan kolamnya. Ini untuk menghindari penularan penyakit khususnya penyakit kulit. Seperti dermatitis, eksim, psoarisis, hepatitis, hingga penyakit autoimun.

Demikianlah berbagai manfaat terapi ikan untuk kesehatan. Namun untuk mencegah efek samping terapi ikan ini sebaiknya pilih tempat yang menyediakan terapi pijat ikan yang bersih dan aman. (R11/HR-Online)

The post Manfaat Terapi Ikan untuk Kesehatan, Anti Stres Hingga Haluskan Kulit appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/manfaat-terapi-ikan-untuk-kesehatan/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.