Lapor BLT Belum Cair, Login kemnaker.go.id dan Cara Lainnya

Lapor BLT Belum Cair

Lapor BLT belum cair bisa Anda lakukan apabila tak kunjung mendapat bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan. Padahal Anda sudah memenuhi semua persyaratan.

Persyaratan untuk mendapatkan BLT BPJS adalah, pekerja dengan gaji kurang dari Rp 5 juta. Selain itu, bukan PNS ataupun pegawai BUMN.

Pekerja yang mendapatkan BLT juga terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan yang aktif membayar iuran setidaknya sampai bulan Juni 2020.

Baca Juga: Cek Nama Penerima BLT BPJS, Ini Caranya Via Login kemnaker.go.id

Jika syarat-syarat tersebut sudah terpenuhi, namun BLT tak kunjung cair, Anda bisa melaporkannya. Sekaligus mengecek daftar nama penerima BLT.

Cara Lapor BLT Belum Cair

Apabila Anda sudah memenuhi syarat namun BLT tak juga cair, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut penjelasannya:

Login kemnaker.go.id

Anda bisa melaporkannya kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Lapor ke Kemnaker bisa melalui website resminya kemnaker.go.id.

Dalam hal ini, Anda bisa mengajukan pengaduan melalui laman bantuan.kemnaker.go.id. Selain itu, Anda pun bisa login untuk mengetahui apakah Anda termasuk penerima BLT BPJS atau tidak.

Jika belum mendaftar melalui laman kemnaker.go.id, pastikan Anda daftar terlebih dahulu. Ini juga berguna saat Anda akan lapor BLT belum cair.

Baca Juga: BLT BPJS, Bantuan UMKM, dan Kartu Prakerja Diperpanjang Hingga 2021

Caranya hanya klik kolom ‘daftar’ lalu isi dengan data yang diminta. Pada laman daftar Kemnaker, Anda akan diminta mengisi biodata dan akun. Pada biodata Anda isi dengan NIK, dan nama bapak atau ibu kandung.

Sedangkan untuk akun, Anda isi dengan alamat email, nomor HP, dan password. Isilah password dengan kata yang mudah Anda ingat.

Selain itu, email dan nomor HP yang Anda masukkan juga harus yang masih aktif. Karena nantinya Anda harus mengonfirmasi melalui email dan nomor OTP yang terkirim ke HP Anda.

Jika sudah isi biodata dan akun dengan lengkap, maka Anda tinggal klik ‘Daftar Sekarang’. Selanjutnya Anda akan menerima OTP pada nomor HP yang Anda daftarkan.

Anda hanya perlu mengaktivasinya. Selesai aktivasi, maka akun Kemnaker siap untuk Anda gunakan. Selanjutnya tinggal login dan lapor BLT belum cair, jika memang Anda belum menerima transfer bantuan dari pemerintah.

Cek Daftar Penerima BLT Lewat Login Kemnaker

Setelah memiliki akun Kemnaker, kembali ke laman muka Kemnaker.go.id, lalu klik pada kolom login. Masukkan nomor HP, atau email Anda. Lalu isi password.

Jika sudah masuk ke akun Kemnaker, segera lengkapi profil Anda, dengan informasi data diri serta foto pribadi. Foto bisa foto yang sudah tersedia di Galeri HP Anda. Isi juga data-data yang lainnya yang diminta.

Jika data pada profil sudah lengkap, dan profil pada akun Kemnaker sudah terperbaharui. Selanjutnya klik profil akun Anda, lalu scroll atau gulir sampai bawah.

Biasanya akan ada pemberitahuan, jika Anda masuk sebagai penerima BLT BPJS Ketenagekerjaan. Selain itu juga informasi, Anda masuk pencairan tahapan ke berapa.

Jika masuk ke pencairan BLT BPJS tahap 1-4, namun belum juga ada transferan, maka Anda bisa lapor BLT belum cair.

Cara Cek Daftar Nama Penerima BLT Lainnya

Selain melalui laman Kemnaker, Anda pun bisa mengecek daftar nama penerima BLT melalui laman BPJS Ketenagekerjaan.

Caranya masuk sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, selanjutnya pilih menu registrasi, dan isilah data sesuai permintaan. Apabila sudah berhasil registrasi, Anda tinggal login saja dengan memasukkan email dan password.

Selain melalui online, bisa juga Anda mengecek melalui SMA dan WA. Namun cara ini hanya untuk mengecek saldo JHT, bukan untuk lapor BLT belum cair.

Jika sudah mentok, Anda bisa mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk menanyakan pencairan BLT BPJS.

Pencairan BLT BPJS Sudah Sampai Tahap 4

BLT BPJS sudah cair sampai tahap 4. Pemerintah juga tengah bersiap mencairkan BLT tahap kelima. Setiap pekerja akan mendapatkan Rp 600 ribu per bulan.

Pekerja menerima BLT tersebut selama 4 bulan. Sementara pencairan setiap dua bulan. Sehingga setiap pencairan, pekerja akan mendapat transfer Rp 1,2 juta dari pemerintah yang langsung masuk ke rekening masing-masing. Jika belum mendapatkan bisa lapor BLT belum cair.

Baca Juga: BLT BPJS Bank BCA dan Bank Swasta Lain Kapan Cair? Cek Rekening!

Update data penyaluran BLT BPJS ini untuk tahap 1 untuk 2,5 juta pekerja. Sementara untuk tahap 2 untuk 3 juta karyawan, selanjutnya BLT tahap 3 untuk 3,5 juta karyawan. Sementara BLT tahap 4 untuk 2,8 juta.

Pencairan dari pemerintah melalui bank himpunan pemerintah (Himbara), yaitu bank BRI, BNI, BTN, dan Mandiri. Selanjutnya akan tersalurkan ke rekening pekerja baik melalui rekening bank pemerintah, maupun rekening bank swasta.

Jika Anda sudah memenuhi syarat dan masuk dalam daftar penerima BLT BPJS, namun belum juga mendapatkan BLT, Anda bisa lapor BLT belum cair. (Ndu/R7/HR-Online)

The post Lapor BLT Belum Cair, Login kemnaker.go.id dan Cara Lainnya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/lapor-blt-belum-cair-login-kemnaker-go-id-dan-cara-lainnya/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service