Kick Starter Macet, Sebaiknya Selalu Fungsikan Agar Tidak Terjadi

Kick Starter Macet, Sebaiknya Selalu Fungsikan Agar tidak Terjadi

Kick starter macet, ketahui penyebab dan cara mengatasinya. Motor menjadi alat transportasi paling simpel dan mudah cara pemakaiannya. Hampir semua orang saat ini memiliki kendaraan roda dua yang satu ini.

Apalagi kini jenis dan tipe setiap produknya pun beragam. Salah satu jenis motor yaitu matik yang sudah jarang menggunakan kick starter.

Kick starter atau starter ongkel memang jarang terpakai, apalagi ketika kendaraan masih dalam keadaan prima. Apalagi kini kemajuan teknologi semakin canggih membuat kebanyakan orang memilih menggunakan starter elektrik.

Penggunaannya memang cukup tekan tombol, kemudian mesin akan menyala. Terkadang masih banyak orang yang terlena ketika sudah memanfaatkan starter elektrik.

Baca juga: Motor Jarang Dipakai, Perhatikan Semua Komponennya Termasuk Aki

Sehingga, keberadaan kick starter terlupakan. Karena jarang terpakai, membuat komponen ini juga tidak memperoleh perawatan secara rutin.

Padahal meski kick starter jarang terpakai, perawatannya pun tidak bisa anda lewatkan. Jika tidak terawat, maka komponen ini akan macet dan keras ketika beroperasi.

Jika anda mengalami kick starter macet, sebaiknya cari tahu apa penyebabnya. Mengetahui apa penyebabnya membuat anda lebih mudah dalam mengatasi masalah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kick Starter Macet

Keberadaan komponen kendaraan itu sebenarnya memiliki fungsi yang cukup penting. Masing-masing komponen perlu perawatan secara baik dan benar.

Baca juga: Kunci Motor Hilang, Jangan Panik Lakukan Langkah Berikut Ini

Salah satu komponen sepeda motor yaitu kick starter. Ketika motor masih memiliki komponen ini, sebaiknya anda gunakan ketika ingin memanasi mesin saat pagi hari.

Namun, jika komponen ini jarang terpakai, maka dapat menyebabkan macet. Berikut ini ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan kick starter macet beserta dengan cara mengatasinya.

Penyebab Kick Starter Motor Bermasalah

Komponen motor memang sering mengalami berbagai masalah sesuai dengan fungsinya. Jika anda mengalami gangguan kick starter, sebaiknya segera cari tahu penyebabnya.

Kick starter macet bahkan sering terasa cukup berat untuk memutarnya. Hal ini bukanlah kebiasaan yang aneh. Sudah banyak pemilik roda dua yang mempersiapkan banyak hal ketika mengalami kick starter bermasalah.

Penyebab yang sering terjadi bisa karena beberapa faktor. Faktor tersebut yang biasa terjadi misalnya:

  • Engkol starter dalam keadaan kotor akibat debu yang masuk
  • Sering terjadi ketika pelumas dalam keadaan mengering
  • Kick starter yang mulai berkarat
  • Mekanisme engkol yang sudah tidak normal

Jika kondisi kick starter macet, sebaiknya jangan dipaksakan agar tidak membuat per yang menempel patah. Sebaiknya anda bawa jalan sebentar agar komponen ini bisa terlumasi.

Apabila sudah anda coba berkali-kali namun tidak bisa juga, barulah lakukan pembongkaran CVT motor. Oleh sebab itu, sebaiknya segera atasi masalah ini dengan serius.

Perawatan semua komponen motor perlu terjaga agar tidak rusak dan membahayakan pengendara. Kick starter bermasalah jangan sampai terjadi, sebaiknya fungsikan dengan baik meski hanya sebentar.

Tips Mengatasi Kick Starter Motor Bermasalah

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab kick starter tidak bisa berfungsi, sebaiknya ketahui bagaimana cara mengatasinya. Sebagai pemilik kendaraan, wajib bagi anda untuk mengetahui apa saja komponen dan cara perawatan yang tepat.

Hal ini bertujuan agar ketika terjadi masalah, sewaktu-waktu bisa mengatasinya tanpa harus panik. Ada beberapa tips yang bisa anda tahu tentang mengatasi kick starter macet.

Baca juga: Motor Irit Bensin, Ada Beberapa Cara untuk Mengatasinya

Anda tidak perlu membawanya ke bengkel ketika hal ini terjadi. Bahkan cara ini cukup mudah dan bisa anda lakukan di rumah.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kick starter yang bermasalah. Lakukan langkah demi langkah secara berurutan agar bisa teratasi dengan baik.

Pertama, lepaskan dan bersihkan bak filter udara dengan sabun atau semprotan khusus. Bak ini berada tepat diatas bak CVT. Anda bisa bersihkan menggunakan sabun atau semprotan khusus.

Selanjutnya bersihkan juga komponen starter shaft gigi dan pegas dengan mengolesinya bensin menggunakan kuas. Kemudian ketika sudah benar dalam keadaan bersih, olesi dengan gemuk agar macet bisa teratasi.

Namun, jangan berlebihan agar kotoran dan debu tidak akan mudah menempel. Rawat dan gunakan komponen ini dengan tepat agar tetap terjaga. Jika perawatan kurang, maka bisa terjadi kick starter macet setiap saat. (R10/HR-Online)

The post Kick Starter Macet, Sebaiknya Selalu Fungsikan Agar Tidak Terjadi appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/kick-starter-macet/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service