Keuntungan Usaha Barbershop Sekeren Rambut yang Dipangkasnya

Keuntungan Usaha Barbershop Sekeren Rambut yang Dipangkasnya

Keuntungan usaha barbershop tidak bisa dianggap sebelah mata. Bagi sebagian orang mungkin menilai usaha barbershop tidak terlalu menguntungkan. Apalagi orang memotong rambut tidak setiap hari seperti halnya makanan.

Usaha barbershop atau yang lebih populer dengan sebutan pangkas rambut merupakan salah satu bisnis yang sangat cocok pada era modern ini. Di beberapa kota, bisnis semacam ini bahkan telah memiliki brand sendiri seperti usaha salon.

Apabila membandingkan dengan usaha salon yang cenderung eksklusif dan identik kecantikan wanita, barbershop cenderung lebih umum. Tak hanya laki-laki saja, anak-anak, bayi, hingga orang lanjut usia lebih menyukai memotong rambut di barbershop.

Baca juga: Usaha yang Menjanjikan Penghasilan Harian yang Besar

Keuntungan lain dari usaha barbershop salah satunya lebih merakyat sehingga selalu ramai. Usaha jasa ini selalu banyak orang berkunjung, mulai dari bayi hingga orang tua. Tempat usaha potong rambut juga tidak tergantung pada lokasi dan tidak terpangaruh trend atau musim.

Meskipun hanya usaha potong rambut, namun keuntungan dari barbershop ini ternyata cukup menjanjikan. Apalagi jika mengikuti tren yang ada, maka bisnis ini tidak lagi menjadi bisnis kecil-kecilan lagi.

Keuntungan Usaha Barbershop yang Prospektif

Menjalankan usaha barbershop saat ini sangat potensial, sangat berbeda dengan jaman dahulu. Berikut ini berbagai keuntungan usaha barbershop yang sangat potensial yang sebaiknya Anda tahu.

Kebutuhan Wajib Para Pria

Bagi para pria barbershop menjadi salah satu kebutuhan wajib agar penampilannya tetap terjaga. Para pria selalu mengunjungi barbershop untuk memotong rambutnya atau sekedar merapikan dan merawat rambutnya.

Tren model rambut yang selalu mengalami perubahan membuat barbershop selalu ramai dan tidak ada habisnya.

Mudah Dijalankan

Siapapun bisa membuka usaha barbershop asalkan pandai memangkas berbagai model rambut. Menjadi kapster juga tidak perlu harus menjadi sarjana. Hanya memiliki skill dalam memotong rambut sesuai dengan permintaan konsumen sebenarnya sudah cukup.

Baca juga: Usaha Kecil Menengah, Kelebihan dan Kekurangan Beserta Contohnya

Keuntungan lain dari usaha barbershop juga tidak harus bisa memotong rambut. Anda bisa mempekerjakan kapster yang berpengalaman. Proses memotong rambut hanya membutuhkan waktu tidak terlalu lama.

Modal Cepat Kembali

Barbershop merupakan jenis usaha yang menawarkan jasa. Modal akan cepat kembali apalagi jika menerima order panggilan potong rambut. Usaha ini hanya memerlukan modal sekali, sehingga keuntungannya lebih besar.

Perhitungan Omset Keuntungan Usaha Barbershop

Jika Anda tertarik untuk membuka usaha, yuk cari tahu seberapa besar keuntungan usaha barbershop. Berikut ini beberapa peralatan yang harus Anda persiapkan sebagai modal awal, yaitu meliputi:

  • Sewa tempat                                  Rp. 5.000.000
  • Kursi barbershop 1 set                 Rp. 800.000
  • Cermin besar 2 buah                     Rp. 600.000
  • Kipas angin dinding 1 buah         Rp.    300.000
  • Meja peralatan                               Rp.    400.000
  • Mesin cukur 2 set                           Rp.    175.000
  • Peralatan lain                                  Rp.    500.000

Total                                           Rp. 8.000.000

Jika biaya potong rambut anak dan dewasa sebesar Rp 15.000 dan sehari mendapatkan 40 orang pelanggan, maka pendapatan kotor adalah 40 x Rp 15.000 = Rp 600.000 / perhari.

Jika dalam sebulan, maka pendapatan kotor akan menjadi Rp 600.000 x 30 hari = Rp 18.000.000. Sedangkan pengeluaran rutin antara lain untuk gaji kapster, rekening listrik, air, dan lain-lain.

Baca juga: Bisnis Jualan Yang Laku Setiap Hari dan Tak Pernah Sepi Pembeli

Pada awal pembukaan usaha, mungkin belum banyak orang yang datang. Karena itu promosi sangat penting supaya orang mengetahui usaha Anda dan mau datang untuk memotong rambutnya.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapat banyak pelanggan sehingga mendapat keuntungan cukup menjanjikan dari usaha barbershop, yaitu:

  • Mempekerjakan kapster yang sudah handal.
  • Menyediakan area dan beberapa mainan yang aman untuk pelanggan anak-anak.
  • Terus menyesuaikan dengan gaya rambut yang sedang menjadi tren
  • Terdapat ruang tunggu dengan fasilitas TV, majalah dan koran serta minuman supaya pelanggan tidak bosan.
  • Memberikan pelayanan maksimal seperti tersedianya wifi gratis dan lainnya.
  • Melakukan promosi secara online dan offline
  • Memberikan potongan harga untuk perawatan rambut tertentu.

Itulah potensi dan keuntungan usaha barbershop yang ternyata tidak kecil. Bisnis semacam ini akan cepat berkembang jika Anda juga membuka beberapa cabang dengan brand yang sama. (R11/HR-Online)

The post Keuntungan Usaha Barbershop Sekeren Rambut yang Dipangkasnya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/keuntungan-usaha-barbershop/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service