Keistimewaan Tanaman Janda Bolong, Saat Ini Laku Dijual Ratusan Juta

Keistimewaan tanaman Janda Bolong yang saat ini laku dijual ratusan juta rupiah. Foto: Net/Ist.

Keistimewaan tanaman Janda Bolong banyak disukai para pecinta tanaman hias. Selain memiliki sejumlah daya tarik, tanaman hias tropis berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan ini juga berpotensi menjadi ladang investasi.

Pasalnya, tanaman hias bernama latin Monstera Adansonii Variegata itu menjadi primadona banyak orang selama masa pandemi virus Corona. Bahkan, saat ini harga untuk satu potnya sudah bisa mencapai hingga Rp100 juta.

Harga yang fantastis memang untuk satu pot tanaman hias Janda Bolong yang merupakan keluarga dari tumbuhan jenis talas-talasan.

Merangkum dari berbagai sumber, Minggu (27/09/2020), keistimewaan tanaman Janda Bolong yang juga terkenal dengan nama Swiss Cheese Plant itu memiliki daun berbentuk oval berwarna hijau. Pada setiap daunnya terdapat lubang.

Salah satu pesona tanaman hias Janda Bolong terletak pada bagian daunnya yang berlubang. Bahkan, bagian daunnya itu laku dijual sampai Rp15 jutaan untuk harga per lembarnya.

Lantas apalagi yang menjadi keistimewaan dari tanaman hias Monstera Adansonii Variegata alias Janda Bolong, sampai-sampai harga jualnya begitu fantastis?

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa keistimewaan tanaman hias tersebut yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga : Tanaman Hias Janda Bolong Tengah Populer, Harganya Capai Rp85 Juta

5 Keistimewaan Tanaman Janda Bolong

Bagian Daun Tersimpan Kemawahan

Sesuai dengan julukannya, tanaman hias Janda Bolong memiliki ciri khas tersendiri, yaitu pada setiap helai daunnya berlubang-lubang.

Para peneliti pun berspekulasi bahwa terbentuknya lubang-lubang tersebut karena tanaman ini mengalami preforasi, yakni proses pelubangan terjadi akibat tetesan air cukup intens. Karena lubang itulah yang membuatnya mendapat julukan Janda Bolong.

Pada bagian daunnya juga menyimpan kemilau yang terlihat mewah. Ketika dipandang, maka orang yang memandangnya akan memiliki kepuasan tersendiri.

Perawatannya Mudah

Keistimewaan tanaman Janda Bolong juga terletak pada cara merawatnya. Jika perawatannya dilakukan secara benar, maka akan terasa mudah.

Merawat tanaman jenis Monstera ini cukup kondisi cahaya minim. Penyiramannya hanya butuh 1 sampai 2 kali saja dalam satu minggunya.

Dengan begitu, tanaman ini bisa tetap berkembang secara baik. Tanaman Janda Bolong juga cenderung tangguh dari serangan berbagai penyakit dan hama.

Baca Juga : Desain Rumah Tropis Unik Modern dan Tradisional

Bisa Memperbaiki Kualitas Udara

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman Janda Bolong ternyata bisa memperbaiki kualitas udara dalam ruangan. Tanaman ini juga konon terkenal mampu mendatangkan kesejukan suasana hutan hujan tropis, sekalipun itu ke dalam ruangan yang tertutup.

Selain itu, tanaman hias dari keluarga talas-talasan yang satu ini memiliki otot yang membuat tanaman ini mampu mencari posisi cahaya matahari. Otot tersebut letaknya berada pada persimpangan antara tangkai dan helai daun. Otot itu sebagai geniculum.

Simbol Kesejahteraan

Keistimewaan tanaman Janda Bolong berikutnya yaitu sebagai simbol kesejahteraan. Tanaman rambat ini bisa tumbuh pesat meski secara vertikal, dan dapat tumbuh dengan mudah walaupun hanya menumpang pada medium atau pohon lainnya.

Inilah yang menjadi salah satu alasan bagi masyarakat Tiongkok kalau mereka percaya bahwa tanaman Janda Bolong ini sebagai simbol kemakmuran, kesejahteraan, dan umur panjang.

Bisa jadi Investasi yang Menggiurkan

Baca Juga : Menjadi Janda Membuat Kesehatan Wanita Meningkat?

Jika melihat tren saat ini dengan harganya yang kian melonjak dan banyak peminatnya, maka mengoleksi tanaman hias jenis Monstera ini bisa jadi salah satu investasi yang menggiurkan. Hal inipun menjadi salah satu dari keistimewaan tanaman Janda Bolong.

Apalagi kalau Anda tertarik untuk membudidayakannya. Karena tanaman hias tersebut kini keberadaannya semakin langka, sedangkan peminatnya selalu bertambah.

Adapun jenis tanaman hias Monstera yang harganya paling murah adalah jenis Monstera adansonii. Hal itu karena jenis Monstera adansonii lebih mudah berkembang biak.

Anda juga bisa menemukan tanaman hias ini di banyak toko bunga di Indonesia. Untuk Monstera adansonii berukuran sedang kisaran harganya antara Rp30 ribu sampai Rp50 ribu.

Sementara, untuk tanaman Janda Bolong dengan harga yang fantastis itu adalah dari jenis Monstera Obliqua. Hal itu karena keberadaannya yang sudah sangat langka.

Untuk harga jual satu lembar daunnya saja bisa sampai Rp15 jutaan. Sedangkan, jika hitungannya per pohon, harga tanaman Janda Bolong saat ini bisa mencapai Rp100 juta.

Itulah beberapa keistimewaan dari tanaman hias yang memiliki julukan Janda Bolong. Sehingga, tanaman hias tersebut memiliki harga jual yang terbilang sangat fantastis. (Eva/R3/HR-Online)

The post Keistimewaan Tanaman Janda Bolong, Saat Ini Laku Dijual Ratusan Juta appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/keistimewaan-tanaman-janda-bolong-saat-ini-laku-dijual-ratusan-juta/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service