Kartu Prakerja Gelombang 7 Dibuka, Begini Trik Suksesnya Agar Lolos

Kartu Prakerja Gelombang 7 Dibuka, Begini Trik Suksesnya Agar Lolos

Kartu prakerja gelombang 7 dibuka mulai hari ini, Kamis (3/9/2020) pukul 12.00 WIB. Secara resmi pemerintah mengumumkan pembukaan pendaftaran lewat akun isntagramnya, @prakerja.go.id.

Perwakilan Manajemen Program Kartu Pra kerja, Louisa Tuhatu,  menuturkan bagi peserta yang tidak lolos pada gelombang 6 bisa ikut lagi pada gelombang 7 ini.

“Seperti gelombang 6, pada gelombang 7 ini pemerintah akan menerima kuota 800 ribu peserta,” kata Louisa.

Menurutnya, prioritas peserta kartu prakerja gelombang 7 ini yakni pekerja yang terkena PHK akibat Covid-19 dan terdaftar namanya di Kemenaker dan BPJS Ketenagakerjaan.

Walaupun begitu, pendaftaran prakerja gelombang 7 ini terbuka untuk masyarakat umum. Siapa saja boleh ikut mendaftarkan dirinya.

Lalu bagaimana trik sukses agar bisa lolos daftar kartu prakerja? Berikut kita beberkan tutorial cara daftarnya agar lolos dan suskes.

Baca Juga: Daftar Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, Dapatkan Insentif Rp3,5 Juta

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 7

Sebelum ikut pendaftaran, ada syarat utama yang harus terpenuhi oleh calon peserta.

Syaratnya ada 3 yakni calon peserta mesti warga negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang belajar pendidikan formal.

Sementara pendaftaran kartu prakerja gelombang 7 kini bisa dilakukan online ataupun offline. Daftar online bisa kamu lakukan dengan cara masuk ke alamat website www.prakerja.go,id.

Sementara untuk pendaftaran online, anda bisa mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja masing-masing Kabupaten/Kota.

Daftar kartu prakerja online bisa dengan memkai laptop atau komputer, juga dengan HP atay android, yang penting tersambung ke jaringan internet.

Berikut cara sukses lolos kartu prakerja gelombang 7:

1. Membuat Akun Kartu Pra Kerja

Sebelum mengikuti pendaftaran, anda harus memiliki terlebih dahulu akun pra kerja.  Cara bikin akun prakerja mudah sekali, karena cukup menggunakan email. Berikut langkahnya:

– Masuk dulu ke browser dan login www.prakerja.go.id

– Kemudian klik Daftar Sekarang

– Masukan identitas lengkap, juga email beserta paswordnya

– Apabila sudah beres, masuk ke email untuk konfirmasi akun

– Jika konfirmasi akun sukses, masuk kembali ke www.prakerja.go.id.

Jika sudah memiliki akun, anda berhak mengikuti pendaftaran kartu prakerja gelombang 7.  Cara daftarnya sebagai berikut ini:

2. Ikuti Pendaftaraan Kartu Pra Kerja

– Pertama-tama masuk dulu ke laman www.prakerja.go.id

– Pilih login dan masukan alamat email dan paswordnya

– Isi kolom verifikasi KTP

– Masukan identitas lengkap sesuai dengan KTP

– Lalu unggah foto KTP juga Foto selfie anda yang sedang memegang KTP.

-Terakhir adalah mengisi kolom verifikasi nomor telepon. Tunggu hingga ada kode OTP masuk SMS, setelah itu masukan kode OTP ke kolom verifikasi yang tersedia.

Jika anda sudah berhasil melakukan langkah proses pendaftaran kartu prakerja gelombang 7, ada beberapa tahapan lagi yang harus kamu ikuti sebelum lolos jadi peserta prakerja.

Setelah selesai ikut pendaftaran, proses atau tahapan selanjutnya yakni ikuti tes kompetensi keahlian dasar.

Baca Juga: Mau Lolos Daftar Kartu Pra Kerja? Begini Caranya!

3. Ikuti Tes Kompetensi Keahlian

Anda yang berhasil mengikuti pendaftaran kartu prakerja, harus mengikuti tes kompetensi. Tes ini berupa 18 soal yang mesti dijawab dalam waktu 25 menitan.

Apabila sudah selesai mengisi soal, anda tinggal menunggu pemberitahuan atau notifikasi lewat SMS, yang menyatakan lolos atau tidaknya menjadi peserta kartu prakerja gelombang 7.

4. Ikuti Pelatihan

Bagi peserta yang lolos pada pendaftaran prakerja, wajib ikuti pelatihan. Pelatihan ini harus diikuti agar insentif kartu prakerja anda bisa cair.

Insentif prakerja yakni senilai Rp3.550.000. Rinciannya Rp 1 juta untuk biaya pelatihan.

Rp 2,4 juta untuk insentif peserta (untuk 4 bulan), dan juga uang survei kebekerjaan senilai Rp 150 ribu.

Pengumuman Peserta yang Lolos Kartu Prakerja Gelombang 6

Daftar kartu prakerja gelombang 7 sudah resmi dibuka Kamis (3/9/2020) ini. Lalu bagaimana cara mengetahui peserta gelombang 6 yang lolos dan kapan pengumumannya?

Informasi dari manajemen program prakerja, pengumuman hasil seleksi gelombang 6 diumumkan hari ini Kamis (3/9/2020) siang.

Peserta yang ingin tahu lolos tidaknya bisa masuk ke dashboard akun kartu prakerja masing-masing.

Jika lolos seleksi maka akan muncul nomor Kartu Prakerja serta status saldo pada dashboard akun. Namun apabila tak lolos, peserta akan mendapat pemberitahuan “Tidak Lolos” pada dashboard akun pra kerjanya.

Sekitar 1,7 juta peserta ikut dalam penaftaran gelombang 6 kemarin.

11 Juta Orang Ikuti Program Kartu Prakerja

Masuki pedaftaran kartu prakerja gelombang 7, peserta yang ikut selekis semakin banyak. Tercatat lebih dari 13 juta peserta ikut daftar.

Namun, pemerintah hanya memberikan kuota kartu prakerja untuk 5,6 juta orang saja. Sampai saat ini, pemerintah mengklaim sudah menerima sekitar 3 juta peserta.

Artinya, kuota peserta prakerja tinggal 2,6 juta lagi. Entah berapa gelombang lagi pemerintah akan membuka pendaftaran, yang jelas kuota sudah mau terpenuhi.

Bagi anda yang ingin menjadi peserta, segera ikuti pendaftaran kartu prakerja gelombang 7 dari sekarang. Jangan sampai ketinggalan ya! (Jujang/R8/HR Online)

The post Kartu Prakerja Gelombang 7 Dibuka, Begini Trik Suksesnya Agar Lolos appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/kartu-prakerja-gelombang-7-dibuka-begini-trik-suksesnya-agar-lolos/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service