Jenis Bunga Hias untuk Halaman Rumah, Pilihan Dekorasi yang Cantik

Jenis Bunga Hias Untuk Halaman Rumah

Jenis bunga hias untuk halaman rumah memberikan ide terbaik dalam mengisi halaman yang terasa kosong. Beberapa macam bunga dapat membuat halaman yang terkesan hampa menjadi lebih hidup.

Karena, tak jarang dari para penghuni rumah yang memiliki hasrat untuk menghias pekarangan dengan cantik dan menarik. Akan tetapi, tak jarang pula yang merasa kebingungan dalam mendekorasinya sehingga tampil cantik.

Jenis Bunga Hias untuk Halaman Rumah

Rumah akan semakin hidup dengan beberapa hiasan tanaman yang mengelilingi. Paling tidak, memiliki halaman yang asri akan membuat rumah semakin sedap dipandang mata.

Bagi anda yang memiliki pekarangan rumah yang sedikit lebih luas dan kebingungan dalam memberikan ‘isi’ agar tidak terasa kosong, maka dapat anda pilih berbagai jenis bunga sebagai cara yang paling baik.

Secara estetika, terdapat jenis-jenis bunga yang sesuai dengan pekarangan rumah anda. Bahkan mereka memiliki beberapa fungsi yang berbeda-beda.

Baca juga: Manfaat Bunga Pukul Empat, The Beauty of The Night yang Berkhasiat Atasi Berbagai Penyakit

Terdapat fungsi dari jenis bunga hias untuk halaman rumah sebagai apotek hidup, ada pula yang memang murni sebagai tanaman hias. Lalu, juga terdapat tanaman yang beberapa orang yakini dapat memberikan keberuntungan tersendiri bagi si pemilik rumah.

Banyak cara yang dapat anda lakukan dengan memberikan tatanan bunga terbaik sesuai dengan kreatifitas anda. Lalu, juga dapat anda sesuaikan dengan luas atau kondisi halaman rumah.

Berikut adalah beberapa jenis bunga yang cocok untuk dekorasi halaman rumah anda.

Bougenville

Jenis Bunga Hias untuk Halaman Rumah

Salah satu jenis bunga hias ini dapat anda pilih sebagai salah satu bunga untuk halaman anda. Bunga ini termasuk salah satu bunga paling populer yang sering orang pakai sebagai perindang dan mempercantik halaman rumah.

Bentuknya berupa pohon kecil yang tumbuh dengan tegak serta memiliki bunga yang cerah cenderung lebih kecil. Cara merawatnya pun sangat mudah, sehingga menjadi bunga hias paling populer yang terdapat pada halaman rumah.

Bougenville berasal dari Amerika Selatan yang sering berada pada kawasan perumahan. Jenis bunga hias untuk halaman rumah ini juga sering kita kenal dengan sebutan bunga kertas. Hal tersebut karena bentuk dari bunganya yang tipis serta memiliki ciri yang khas seperti kertas.

Jika anda menanam bunga ini, maka juga akan bermanfaat untuk beberapa hal. Misalnya sebagai hiasan rambut, untuk upacara pemakaman bagi orang India dan China, serta sebagai campuran dalam tradisi siraman pengantin.

Warna yang bervariasi inilah yang memberikan kesan cantik dan juga indah untuk kita pandang. Warna-warna tersebut bervariasi mulai dari merah yang menyala, jingga, merah muda, dan merah pucat. Lalu juga ada kuning, putih, hingga terdapat beberapa campuran yang menarik dalam satu pohon.

Cara merawat jenis bunga hias untuk halaman rumah sangat mudah. Hanya membutuhkan air sebagai penyiraman dan juga perlu pemupukan dengan sempurna. Anda dapat mengembalikan kesegaran bunga ini dalam jangka dua minggu.

Melati

Bunga ini merupakan salah satu bunga hias yang terdiri atas 200 spesies lebih tumbuhan yang asli untuk daerah beriklim tropis. Ciri tanaman bunga ini adalah hidup yang menahun serta sering menjadi bunga yang dibudidayakan karena harum dan juga cantik.

Melati juga sering kita kenal dengan bunga yang mempunyai makna dalam melambangkan kesucian dan kemurnian. Bahkan, bunga melati juga sering berhubungan dengan berbagai tradisi dari beberapa suku Indonesia.

Baca juga: Bukan Mistik, Ini Manfaat Bunga Melati bagi Kesehatan Tubuh

Banyak kegunaan melati selain sebagai bunga hias untuk halaman rumah anda, yakni sebagai bunga hiasan rambut pengantin. Jenis melati yang sering ada pada halaman rumah adalah jenis Jasminum Sambac.

Jenis bunga hias untuk halaman rumah ini dapat hidup dengan mengandalkan sinar matahari yang full. Jadi, jika anda menginginkan melati sebagai tanaman hias, maka pastikan sinar matahari yang masuk dan menyinari halaman dengan baik.

Untuk memperbanyak melati pun cukup mudah. Anda tinggal memotong batangnya, menanamnya secara langsung pada tanah. Jangan lupa untuk anda beri pupuk kompos dengan teratur.

Kembang Sepatu

Bunga ini salah satu bunga populer yang ada pada wilayah Asia Timur. Kemudian, bunga ini juga menjadi salah satu tanaman hias yang cocok pada daerah tropis dan subtropis.

Kembang sepatu ini memiliki karakteristik dengan bunga yang lebar, warnanya merah, dan juga tidak memiliki bau. Untuk ketinggian pohon kembang sepatu sekitar 2 sampai 5 meter. Daun yang ia miliki berbentuk bulat telur serta ujung daun meruncing.

Baca juga: Manfaat Kembang Sepatu Tak Hanya untuk Hiasan Tapi Ampuh Atasi Penyakit

Jenis bunga hias untuk halaman rumah ini mampu tumbuh sepanjang tahun pada daerah tropis atau yang berada dalam rumah kaca. Sedangkan untuk daerah subtropis akan mulai berbunga mulai musim panas sampai musim gugur.

Anggrek

Anggrek adalah salah satu jenis bunga yang dapat anda pilih sebagai penghias halaman anda. Bunga ini termasuk ke dalam jenis bunga hias yang mempunyai anggota jenis paling banyak.

Jenis-jenisnya tersebut secara merata pada daerah dengan iklim tropis basah sampai pada daerah sirkumpolar. Meskipun sebagian besar dari anggota jenis anggrek sering kita jumpai pada wilayah tropika.

Organ dari bunga yang tebal dan juga berdaging (sukulen) ini memiliki fungsi sebagai organ yang menyimpan air dan akan sangat tahan saat terjadi tekanan pada ketersediaan air.

Indonesia adalah negara dengan jenis anggrek paling banyak, terutama jenis bunga hias untuk halaman rumah seperti anggrek epifit yang ada pada kawasan Papua hingga Sumatera.

Teratai

Jenis Bunga Hias untuk Halaman Rumah, Pilihan Dekorasi yang Cantik

Bunga ini akan hidup pada permukaan air yang tenang. Lalu, bagian bunga dan juga daunnya keluar dari tangkai. Bunga ini mempunyai sekitar 50 jenis spesies yang menyebar pada wilayah tropis dan juga subtropis pada seluruh penjuru dunia.

Teratai adalah tanaman air yang unik karena mampu tumbuh pada permukaan air yang berlumpur. Akan tetapi, bunganya tetap menawan. Bunga dari teratai putih mempunyai warna yang sangat putih.

Sedangkan untuk jenis teratai merah, bunganya akan semakin merah terang. Jika anda mempunyai kolam yang terletak pada halaman rumah, maka teratai dapat menjadi pilihan anda untuk menghias.

Jenis bunga hias untuk halaman rumah ini pun juga mendukung ekosistem lain yang berada dalam kolam tersebut. Seperti ikan, kura-kura, hingga binatang air lain yang ada.

Tulip

Bunga ini sangat populer karena bentuk dan juga warnanya yang unik. Mulai dari merah yang terang hingga kuning keunguan hampir menuju hitam. Lalu, bunga ini menyebar secara luas mulai dari benua Asia, Afrika, hingga Eropa.

Tulip akan mekar saat musim semi menuju awal musim panas. Bunga ini juga bermanfaat dalam momen-momen tertentu. Salah satunya adalah tulip merah yang bermanfaat untuk pernikahan karena memiliki makna dalam melambangkan cinta sejati.

Mawar

Bunga mawar adalah bunga hias sepanjang waktu. Mawar juga tak akan pernah lekang oleh zaman dan waktu karena keindahannya.

Kemudian jenis bunga hias untuk halaman rumah juga merupakan bunga yang melambangkan sisi romantis dan simbol cinta kasih yang mendunia. Terdapat ribuan jenis mawar yang dapat kita jumpai hampir pada semua negara seluruh dunia.

Warnanya pun sangat bervariasi, mulai dari merah klasik hingga kuning. Bahkan terdapat mawar taman Juliet yang terkenal. Anda harus berhati-hati jika ingin merawat tanaman hias yang satu ini.

Selain memiliki duri yang tajam, akan kian sulit merawat jika tanaman bunga ini semakin indah. Pasalnya, akan selalu ada tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab memetik bunga dengan sembarangan.

Pentas

Jenis Bunga Hias untuk Halaman Rumah, Pilihan Dekorasi yang Cantik

Pentas merupakan salah satu dari sekian jenis bunga hias yang sering kita temukan pada daerah Afrika Selatan, Madagaskar, Komoro, hingga Semenanjung Arab.

Karakteristik jenis bunga hias untuk halaman rumah ini yakni mempunyai daun berwarna hijau dan berbulu. Kemudian, bunga berkelompok dengan warna yang bervariasi, mulai dari ungu, merah, merah muda, hingga putih.

Terdapat beberapa spesies yang sering orang budidayakan dan menanamnya pada pot ataupun keranjang. Bunga ini memiliki penampilan yang menawan hati dan pandangan.

Baca juga: Kirim Karangan Bunga Papan Kini Mudah dengan Hadirnya Aplikasi Online

Jenis bunga hias untuk halaman ini juga sering mendapat panggilan sebagai bunga egyptian star. Karena bentuknya yang mirip dengan soka serta memiliki daun seperti kemangi.

Pentas adalah bunga hias yang bisa berbunga tanpa mengenal waktu dan juga musim. Sehingga, untuk penghias halaman rumah anda, pentas sangat cocok untuk anda tanam.

Perawatannya pun cukup mudah dengan bentuk bunga yang rimbun. Bunganya mungil dan tumbuh bergerombol. Warna yang mereka miliki adalah warna-warna yang terang dan bentuknya membulat setengah lingkaran. Sehingga akan sangat cocok menjadi salah satu jenis bunga hias untuk halaman rumah anda. (R10/HR-Online)

The post Jenis Bunga Hias untuk Halaman Rumah, Pilihan Dekorasi yang Cantik appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/jenis-bunga-hias-untuk-halaman-rumah/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service