Indikator Baterai HP Tidak Sesuai, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Indikator Baterai HP Tidak Sesuai

Indikator baterai HP tidak sesuai seringkali menjadi sumber masalah bagi setiap penggunanya. Meskipun pada dasarnya gangguan ini sering terjadi.

Terutama usia HP yang sudah lama digunakan sangat rentan terhadap permasalahan ini. Ketika indikator baterai bermasalah, maka menyebabkan tidak dapat menunjukkan persentase baterai yang sesungguhnya.

Baca Juga : Sistem UI Terhenti, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Tentu saja ini sangat merugikan anda, karena baterai yang awalnya anda kira sudah penuh ketika digunakan dalam waktu sebentar sudah habis. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan kalibrasi.

Kalibrasi merupakan cara untuk mengatur ulang kembali presentase baterai HP. Sehingga dapat menampilkan data baterai yang lebih akurat lagi seperti sedia kala.

Cara Mengatasi Indikator Baterai HP Tidak Sesuai

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara penanganan dari gangguan baterai HP tersebut, ada baiknya untuk mengetahui apa saja penyebabnya. Ini merupakan hal yang juga tak kalah penting untuk anda perhatikan.

Penyebab yang mungkin saja terjadi karena drain baterai. Drain baterai merupakan keadaan yang mana daya baterai pada HP anda tiba-tiba berkurang drastis.

Hal tersebut terjadi, meskipun anda tidak menggunakannya setiap saat. Umumnya, jarak baterai yang habis ketika sudah selesai di-charger, rata-rata 20-60 menit saja.

Baca Juga : Ciri Charger Oppo Original, Berikut Cara Membedakannya!

Indikator baterai HP tidak sesuai juga dapat disebabkan karena baterai kembung. Baterai kembung merupakan kondisi daya baterai sering menerima daya secara berlebihan.

Sehingga, bentuk ori dari fisik baterai maupun kondisi baterai HP anda akan berubah menjadi besar atau kembung. Kondisi baterai yang semacam ini dapat terjadi karena penggunanya sering abai saat HP di-charge.

Alhasil adalah membiarkan baterai dalam kondisi full terlalu lama. Agar indikator baterai HP anda tidak bermasalah, ada baiknya untuk menghindari kedua penyebab yang satu ini. Namun, bila sudah terlanjur, anda dapat menanganinya dengan cara-cara berikut ini.

Kalibrasi Baterai HP Secara Manual

Cara mengkalibrasi baterai HP secara manual ini, dengan kata lain anda tidak menggunakan aplikasi. Bagi anda yang belum mengerti bagaimana mengkalibrasi baterai HP dengan cara tersebut, mari simak langkahnya berikut ini.

Selain itu, cara ini pula yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki indikator baterai HP tidak sesuai. Sehingga, gangguan semacam ini bisa anda tangani dengan mudah.

  1. Pertama, pastikan bahwa baterai HP dalam kondisi habis total atau 0 % terlebih dahulu. Sedikit catatan, biarkan baterai HP kosong dengan sendirinya, dan jangan terlalu memaksakan. Sebab, seringkali terjadi kasus, justru HP tidak dapat hidup lagi
  2. Selanjutnya, lakukan pengisian daya baterai hingga mencapai 100 %. Tak kalah penting untuk anda perhatikan, untuk memastikan HP saat pengisian dalam kondisi mati.
  3. Lakukan langkah ke-1 dan ke-2 ini selama beberapa hari, kurang lebih 2 hingga 3 hari
  4. Cara mengkalibrasi baterai HP secara manual pun selesai

Kalibrasi Baterai HP dengan Aplikasi

Selain menggunakan cara manual, anda juga bisa memperbaiki indikator baterai HP tersebut dengan memanfaatkan aplikasi. Pada dasarnya, terdapat beberapa aplikasi kalibrasi baterai HP yang bisa anda gunakan.

Baca Juga : Dampak HP di Reset Pabrik, Apakah Sangat Berbahaya?

Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Battery Calibration. Berikut ini adalah cara mengkalibrasi dengan menggunakan Battery Calibration agar indikator baterai HP tidak sesuai dapat teratasi dengan segera.

  1. Unduh aplikasi Batteri Calibration melalui Google Play Android
  2. Setelah itu, instal aplikasi
  3. Kemudian pasangkan HP anda dengan charger bawaan atau charger ori
  4. Tunggulah hingga beberapa menit sampai baterai terisi penuh atau 100 %
  5. Langkah selanjutnya adalah tekan “Battery Calibration”
  6. Lepaskan charger dari HP tersebut
  7. Cara mengkalibrasi baterai HP menggunakan aplikasi selesai

Kalibrasi Baterai HP dengan Recovery Mode

Memperbaiki indikator baterai HP tidak sesuai, juga bisa dengan menggunakan recovery mode. Langkah-langkahnya pun juga tak kalah mudah daripada kedua cara sebelumnya.

  1. Matikan HP anda terlebih dahulu
  2. Tekan tombol volume atas beserta tombol power secara serentak. Lakukan ini dalam hitungan detik sampai anda masuk ke recovery mode Bila anda sudah masuk, silahkan pilih “Advanced Section”
  3. Setelah itu, klik opsi “Hapus statistik baterai”
  4. Nyalakan HP tersebut, gunakan sampai baterai habis, dan isi ulang baterai hingga penuh 100%

Untuk mengatasi indikator baterai HP tidak sesuai dengan cara ini, ada satu hal yang penting untuk anda ketahui. Setiap HP memiliki cara masing-masing untuk masuk ke recovery mode, maka sebelumnya anda memastikan lebih dulu. (R10/HR-Online)

Baca Juga : System Repair Mode Vivo, Cara Memperbaiki Software Error

The post Indikator Baterai HP Tidak Sesuai, Bagaimana Cara Mengatasinya? appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/indikator-baterai-hp-tidak-sesuai/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service