India Blokir PUBG Mobile, Bagaimana dengan Indonesia?

India Blokir PUBG Mobile

Pemerintah India yang blokir PUBG Mobile tentu membuat kesal para penggemar game online. Pasalnya, penggemar PUBG Mobile di negeri Bollywood ini, otomatis tidak bisa memainkan game battle royale yang populer tersebut.

Selain itu, dengan banned tersebut juga membuat rugi Tencent, yang merupakan pihak penerbit game PUBG Mobile. Tencent sendiri merupakan perusahaan penerbit game terbesar asal negara China.

Permainan bertema battle royale ini memang bukan buatan China. Namun karena penerbit game tersebut di India lewat Tencent, maka Kementerian Informasi & Teknologi India blokir PUBG Mobile. Bahkan aplikasi besutan China pun mereka larang.

Mengutip dari berbagai sumber, pemerintah India melarang berbagai aplikasi besutan China karena khawatir akan keamanan data. India menilai bahwa aplikasi tersebut menggali serta profiling data yang bakal mengancam keamanan, kedaulatan, serta pertahanan nasional.

Hal tersebut setelah adanya ketegangan antara kedua negara itu pada wilayah perbatasan di Ladakh timur.

India Blokir PUBG Mobile, Game Lain Ketiban Rezeki

Setidaknya sudah ada lebih dari ratusan juga yang menginstal atau mengunduh game battle royale ini. Sementara pengguna India sendiri, permainan online ini terbilang sukses dengan hampir 33 juta unduhan yang 13 juta pemain aktif perharinya.

PUBG Corporation sebagai pihak pengembang langsung angkat bicara terkait larangan game yang populer tersebut. Mengutip dari GSM Arena beberapa hari lalu, PUBG Corporation mengungkapkan bahwa Tencent yang sebelumnya sebagai publisher PUBG Mobile India, kini sudah tidak lagi.

Baca Juga : Game Battle Royale untuk HP Kentang RAM 1GB, Bisa Main PUBG

PUBG Corporation sendiri merupakan perusahaan asal negeri Gingseng Korea Selatan, serta bagian dari Bluehole Studio. Kedua perusahaan ini merpakan developer atau pengembang PUBG untuk komputer serta PUBG Mobile atau smartphone.

Dengan India yang blokir PUBG Mobile, maka otomatis game tersebut lenyap dari App Store atau Play Store India.

Meski PUBG Corporation mengkonfirmasi bahwa Tencent sudah tidak menjadi penerbit game ini di India, namun pemerintah India belum memastikan memberikan izin dari game ini.

Karena para penggemar game battle royale ini sudah banyak peminatnya di negeri Bollywood, maka gamer India mencari pelampiasan baru dengan tema yang sama.

India yang blokir PUBG Mobile juga memberikan berkah untuk game bertema sama. Ya, Free Fire serta Call of Duty Mobile yang penerbitnya Garena menjadi ketiban rezeki.

Kedua game yang sama bertema battle royale tersebut kini mulai banyak yang mengunduh. Menurut data dari Sensor Tower, selang waktu antara 2 sampai 5 September 2020, orang India yang mengunduh Free Fire sebanyak 2,1 juta kali. Sementara Call of Duty Mobile 1,2 juta kali unduhan.

Free Fire dan Call of Duty Mobile pun langsung bertengger pada posisi teratas kategori gratis atau free pada Play Store India. Ludo King menyusul urutan ketiga sebagai unduhan paling atas.

Keluar Game Tiruan

PlayerUnknown’s Battleground atau sering menyebutnya PUBG sampai saat ini menjadi pesaing dari Free Fire ataupun Call of Duty Mobile.

Baca Juga : Game Mirip PUBG Offline, Tidak Kalah Seru Dengan Mode Battle Royal

Selain menguntungkan kedua game besutan Garena tersebut, setelah India blokir PUBG Mobile maka mumcul game tiruan lainnya yang temanya sama. Game tersebut yakni PABJE: Player and BattleJung Ends.

Tidak berbeda jauh dengan PUBG Mobile, PABJE juga mempunyai tipe yang sama. Seperti pemain dapat mengambil berbagai senjata, serta memperoleh item tambahan yang berasal dari airdrop.

Meski pihak pengembang mengklaim bahwa PABJE mempunyai grafis yang lebih realitis serta kontrol yang mulus, namun malah penggemar game memberikan rating yang rendah.

Dari berbagai testimoni penggemar game atau netizen, game PABJE banyak kekurangannya. Seperti salah satunya adalah grafis yang jelek sehingga membuat mata sakit.

Namun keunggulannya, bisa memiliki amunisi tidak terbatas, dapat mengendarai mobil sport kencang, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan Indonesia?

Setelah India blokir PUBG Mobile tentu membuat khawatir para gamer online lainnya termasuk Indonesia.

Baca Juga : PUBG Mobile Versi 1.0 Tema New Era Lebih Memiliki Pengalaman Beda

Pada tahun 2019 lalu memang pernah ada kabar yang mengatakan pemerintah Indonesia melarang game battle royale PUBG Mobile ini. Sontak kabar yang ramai beredar itu pun membuat para gamer Indonesia menjadi khawatir.

Ternyata informasi tersebut sampai saat ini tidak terbukti kebenarannya. Buktinya, PUBG Mobile pada App Store atau Play Store masih tetap ada.

Jadi meski India blokir PUBG Mobile, penggemar game Indonesia jangan khawatir, karena sampai saat ini masih bisa memainkannya. (Adi/R5/HR-Online)

The post India Blokir PUBG Mobile, Bagaimana dengan Indonesia? appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/india-blokir-pubg-mobile-bagaimana-dengan-indonesia/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064