Harga Komoditi Rempah Melambung Naik di Pengepul Lumbung Ciamis

Harga komoditi rempah melambung naik di tingkat pengepul yang ada di Desa Lumbung, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis. Foto: Net/Ist.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Harga komoditi rempah melambung naik di tingkat pengepul yang ada di Desa Lumbung, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kenaikkan harga komoditi itu terjadi dalam tiga bulan terakhir ini.

Endang, pengepul asal Dusun Patrol, Desa Lumbung, mengatakan, ada tiga jenis komoditi rempah-rempah yang harganya melambung naik secara signifikan.

Ketiga jenis rempah itu meliputi cengkeh, kapol, dan rinu. Harga komoditi cengkeh tingkat petani tembus seharga Rp525.000 per kilogramnya, harga kapol Rp250.000 per kilogram. Sedangkan, harga rinu Rp150.000 per kilogramnya.

Baca Juga : Distan Pangandaran Salurkan Ribuan Benih Pohon Cengkeh

“Harga komoditi rempah melambung naik. Tiga jenis rempah-rempah tersebut dalam tiga bulan terakhir ini naiknya signifikan. Kuat dugaan penyebabnya selain banyaknya permintaan untuk kebutuhan roko, juga akibat produksi tingkat petani menurun karena anomali cuaca,” tutur Endang, kepada HR Online, Minggu (27/09/2020).

Ia juga menyebutkan, hujan yang tidak merata mengakibatkan banyaknya penyakit yang menyerang pohon cengkeh. Sehingga, produksi cengkeh menjadi tidak maksimal.

Sedangkan, sisi lain dari melambungnya harga juga terjadi akibat naiknya ekspor cengkeh dari Indonesia ke sejumlah negara. “Naiknya harga komoditi rempah-rempah membuat para petani bahagia,” kata Endang. (Dji/R3/HR-Online)

The post Harga Komoditi Rempah Melambung Naik di Pengepul Lumbung Ciamis appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/harga-komoditi-rempah-melambung-naik-di-pengepul-lumbung-ciamis/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service