Hajat Laut Pangandaran 2020, Ratusan Nelayan Larung Sesaji

Hajat Laut Pangandaran 2020

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Hajat Laut Pangandaran 2020 digelar serentak di berbagai pantai yang ada di Kabupaten Pangandaran, Jum’at (11/9/2020). Hajat Laut kali ini juga diikuti ratusan nelayan yang ikut melarung sesaji dan tabur bunga di tengah laut.

Tushendar, ketua panitia Hajat Laut Pangandaran 2020, mengatakan, Hajat Laut tahun ini dilaksanakan di Pelabuhan Babakan, Pantai Barat, dan pantai Karaprak Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, serta di Majingklak.

“Hajat Laut tahun ini diramaikan juga dengan penampilan dari anak-anak 234 SC Pangandaran dan grup kesenian tradisional Pangandaran,” kata Tushendar di sela-sela kegiatan.

Hajat Laut Pangandaran 2020 kali ini diikuti ratusan nelayan. “Tujuan dari Hajat Laut ini selain sebagai tradisi karuhun yang sudah turun temurun, tetapi juga sebagai salah satu bentuk syukur dan kita berharap Hajat Laut ini tetap ada dan lestari di Kabupaten Pangandaran,” jelasnya.

Hajat Laut Pangandaran 2020 Tradisi Sejak Zaman Dulu

Hal senada juga disampaikan oleh Kang Edi Rusmiadi, Ketua Kompepar Pangandaran. Ia mengatakan tradisi hajat laut di Pangandaran sudah ada sejak zaman dulu dan hingga sekarang masih tetap digelar.

“Pagelaran tradisi hajat laut ini satu kali dalam setahun tepatnya pada bulan Muharam atau setara dengan bulan September. Namun yang lebih bagusnya dilaksanakan pada Jumat kliwon bulan Muharam,” terang Kang Edi.

Menurut Kang Edi, pada setiap kegiatan Hajat Laut di Pangandaran selalu diramaikan dengan berbagai tradisi. Misalnya, tradisi dongdang, sampai tabur bunga di pantai.

“Khusus untuk tabur bunga tersebut tiada lain untuk mendo’akan para nelayan yang telah gugur di laut. Sementara kalau tradisi dongdang adalah menaburkan berbagai sesaji yang sudah dipersiapkan oleh pihak panitia,” katanya.

Ia melanjutkan, biasanya dongdang atau menabur sesaji ini juga digelar di tengah laut oleh para nelayan.

“Dongdan dipercaya oleh warga Pangandaran bisa mendatangkan berkah dan rezeki yang berlimpah. Untuk itu pada saat larung saji dongdang selalu diikuti oleh para nelayan,” tambahnya.

Sementara itu, kemeriahan Hajat Laut Pangandaran 2020 menjadi tontonan menarik bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke Pantai Pangandaran. (Entang/R7/HR-Online)

The post Hajat Laut Pangandaran 2020, Ratusan Nelayan Larung Sesaji appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/hajat-laut-pangandaran-2020/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service