News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Fungsi Spoiler Mobil Beragam, Termasuk Berpengaruh pada Penampilan

Fungsi Spoiler Mobil Beragam, Termasuk Berpengaruh pada Penampilan

Fungsi Spoiler Mobil Beragam Termasuk Berpengaruh pada Penampilan

Fungsi spoiler mobil mungkin belum terlalu banyak orang yang tahu. Setiap komponen pada mobil memiliki fungsi yang penting untuk kendaraan yang satu ini.

Padahal mobil memiliki berbagai komponen yang terangkai dan berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Spoiler merupakan salah satu komponen dari sekian banyak yang ada pada mobil.

Komponen yang satu ini biasanya anda lihat pada mobil-mobil tipe sedan, hatchback, bahkan minibus sekalipun. Sebagian besar orang melihat jika fungsi spoiler hanyalah untuk membuat tampilan kendaraan semakin keren.

Baca Juga : Pelindung Pintu Mobil, Pilih Bahan Elastis Agar Mudah Dipasang

Namun, kenyataannya tidak. Ada beberapa fungsi yang bisa anda dapatkan dari komponen yang satu ini. Tak hanya mampu memberikan tampilan yang keren.

Komponen mobil ini juga mampu meningkatkan performa kendaraan itu sendiri. Sebab, dengan adanya spoiler, kendaraan akan lebih aerodinamis.

Sehingga, gaya tersebut mampu memberikan tekanan melalui aliran udara yang mengalir dari atap. Selain itu, spoiler juga mampu mengurangi gejala melayang saat berkendara pada mobil cukup ringan.

Masih banyak lagi fungsi spoiler mobil bagi pengendara. Itulah beberapa alasan mengapa sebagian besar orang memilih berbagai desain spoiler mobilnya.

Fungsi Spoiler Mobil Cukup Penting

Setiap orang memiliki persepsinya masing-masing tentang spoiler pada mobil. Spoiler merupakan aksesoris kendaraan bagian belakang yang mampu memberikan penampilan mobil semakin menawan.

Tampilan mobil akan terlihat lebih sporty saat pemakaian komponen yang satu ini melekat pada badan kendaraan. Akan tetapi, adanya komponen yang satu ini juga memiliki kelebihan pada pemasangannya.

Baca Juga : Perawatan Sistem Kemudi Mobil, Mengurangi Resiko Kecelakaan

Spoiler mobil mampu mempengaruhi aerodinamika kendaraan. Selain untuk membuat penampilan mobil terlihat lebih sporty, spoiler juga berpengaruh pada performanya.

Seperti yang sudah ada dalam pembahasan sebelumnya jika fungsi spoiler mobil cukup beragam. Termasuk mampu membuat kendaraan yang cukup ringan tidak melayang.

Saat melaju pada kecepatan yang tinggi, lekukan pada komponen ini juga mampu memberikan kestabilan pada mobil. Berbeda pada mobil jenis hatchback, spoiler juga mampu menangkis kotoran dari kaca bagian belakang.

Misalnya saja air hujan atau debu. Hal ini karena adanya turbulensi udara pada area tersebut. Sudah bisa anda lihat jika fungsi spoiler mobil cukup banyak bukan untuk kendaraan?

Cara Pemasangan Spoiler Mobil

Banyak alasan mengapa spoiler mobil menjadi aksesoris penting yang banyak terlihat pada kendaraan roda empat ini. Namun, saat anda ingin menambahkan komponen ini pada kendaraan, alangkah sebaiknya jika memperhatikan pemasangannya.

Jangan sampai spoiler yang anda pasang mudah lepas saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Sebab, jika sampai hal ini anda alami, maka dapat membuat pengendara lain kecelakaan.

Baca Juga : Jok Belakang Mobil Bunyi, Atasi Sesuai Penyebabnya

Sebaiknya perhatikan dengan baik saat pemasangan anda lakukan. Hal yang perlu anda perhatikan yaitu dengan cara memperhatikan keseimbangan antara bagian depan dan belakang.

Jika pemasangan hanya ada pada bagian belakang, maka saat mobil melaju kencang beban akan terpaku pada satu titik saja. Sehingga mampu mengakibatkan mobil melaju dengan arah tidak menentu.

Posisi spoiler yang berada bagian samping biasanya terletak pada bawah panel pintu, baik sisi kanan maupun belakang. Sedangkan untuk bagian depan menempel pada bagian bumper.

Resiko Pemasangan Spoiler Tidak Sesuai

Terlepas dari fungsi spoiler mobil, ada banyak alasan mengapa penggunaan spoiler mobil perlu perhatian khusus saat pemasangan. Selain untuk membuat kendaraan lebih seimbang, juga tidak menimbulkan terjadinya kecelakaan pada kendaraan lain.

Jika spoiler pemasangannya asal-asalan, banyak akibat yang bisa terjadi. Resiko yang bisa terjadi antara lain membuat beban kendaraan bertambah.

Selain itu, konsumsi bahan bakar kendaraan ini menjadi lebih besar. Sebaiknya lakukan pemasangan pada tempat yang sudah berpengalaman.

Cara kerja spoiler mobil hampir sama dengan sayap pesawat terbang. Hanya saja, pesawat memberikan daya dorong ke atas, sedangkan pada mobil daya dorong ke bawah.

Tidak semua jenis spoiler mampu memberikan perpaduan aerodinamis dan kestabilan yang baik. Oleh sebab itu, sebaiknya anda gunakan spoiler yang tepat pada kendaraan.

Jika pemasangan komponen ini tidak sesuai, maka fungsi spoiler mobil tidak bisa anda dapatkan. Justru dapat menimbulkan resiko bagi anda dan pengendara lainnya. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Fungsi Pegas Daun Mobil untuk Membantu Kenyamanan Berkendara

The post Fungsi Spoiler Mobil Beragam, Termasuk Berpengaruh pada Penampilan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/fungsi-spoiler-mobil/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.