Fungsi Hormon Auksin Untuk Pertumbuhan Tanaman dan Pertanian

Fungsi Hormon Auksin

Fungsi hormon Auksin sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan kelangsungan hidup tanaman. Karena, beberapa jenis hormon mempengaruhi tumbuhan.

Hormon merupakan senyawa kimia yang sintesis dalam organisme. Yang kemudian menuju tempat lain serta bekerja dengan spesifik serta konsentrasi yang rendah.

Hal ini karena dapat berguna dalam mengatur berkembangnya serta proses metabolisme pada tumbuhan. Jadi, fungsi yang ada pada faktor biologis ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman tersebut.

Fungsi Hormon Auksin

Menurut Wikipedia, Auksin adalah senyawa hormon tanaman atau tumbuhan yang ada pada ujung akar, batang, serta pembentukan bunga. Kemudian memiliki fungsi untuk mengatur pembesaran sel serta memacu perpanjangan sel pada belakang meristem ujung.

Sehingga, hormon auksin sangat memiliki peran penting dalam pertumbuhan dari tanaman. Peran dari hormon ini pertama kali muncul akibat penemuan dari seorang ilmuwan asal Belanda yaitu Fritz Went pada tahun 1903-1990.

Baca Juga: Perkembangbiakan Vegetatif Alami pada Tumbuhan dan Contohnya

Fungsi Auksin dalam Proses Pertumbuhan Tanaman

Fungsi hormon Auksin dari tumbuhan yang sangat penting tersebut antara lain membantu dalam proses pertumbuhan akar. Kemudian, membantu dalam proses pembelahan sel tumbuhan tersebut.

Fungsi berikutnya adalah mematahkan dominasi pucuk atau apikal. Hal tersebut adalah kondisi saat pucuk dari tanaman atau juga bisa pada akar tak bisa lagi berkembang.

Selain itu, mempercepat proses kecambah yang mematahkan dominasi benih dan merangsang perkecambahan benih. Disamping itu, hormon auksin dapat mempercepat dari proses pematangan buah dan merangsang kambium dalam membentuk jaringan xilem dan juga floem.

Fungsi hormon Auksin yang lain adalah menghambat terjadi kerontokan pada buah. Membantu proses pembuahan tanpa beriringan dengan penyerbukan. lalu, menjaga elastisitas dinding sel dan membentuk sel dinding yang primer.

Fungsi Auksin dalam Bidang Pertanian

Pemakaian hormon auksin pada tumbuhan juga akan meningkatkan percepatan laju pertumbuhan tanaman dengan konsentrasi yang maksimal. Kemudian juga terjadi respon lain seperti menurunkan pertumbuhan pada konsentrasi yang terlalu tinggi atau juga terlalu rendah.

Sampai sekarang, banyak orang memakai hormon auksin sintetis dalam bidang pertanian. Tak sulit menemukan hormon ini karena telah banyak beredar pada masyarakat luas dan penjualannya pun sudah termasuk bebas.

Bahkan, bukan hanya auksin saja yang mampu orang peroleh jika datang ke toko pertanian. Karena akan memperoleh hormon giberelin, sitokin serta masih banyak lagi hormon yang hadir dalam bentuk kemasan.

Fungsi hormon auksin ini juga dapat kita temukan dalam bidang aplikasi lapangan dan juga laboratorium pertanian. Fungsi-fungsi tersebut seperti mencegah buah mengalami kerontokan, mencegah kerontokan daun, mempercepat proses pematangan buah, dan memperbanyak jumlah panen.

Caranya dengan merendam benih dengan hormon auksin sintetis. Kemudian, juga mempercepat pembentukan kecambah pada benih, sehingga akan membuat proses penanaman yang lebih awal. Dengan demikian, hasil panen juga akan lebih cepat.

Baca Juga: Urutan Taksonomi Tumbuhan Lengkap Beserta Penjelasannya

Cara kerja Hormon Auksin

Hormon ini bekerja dengan memacu protein tertentu yang ada dalam membran sel tumbuhan. Hal ini dapat berguna dalam memompa ion H+ pada dinding sel.

Kemudian, ion H+ tersebut mempunyai peran dalam mengaktifkan enzim tertentu dalam memutus beberapa hubungan silang antara hidrogen rantai partikel selulosa pembentuk dinding sel.

Fungsi Hormon Auksin dapat bekerja jika tidak mendapat sinar matahari. Jika tumbuhan terkena sinar matahari, maka hormon ini akan menjadi tidak aktif dan menghambat dari pemanjangan tumbuhan.

Hal ini juga menjadi alasan tentang bentuk tumbuhan yang berbelok tumbuh mengikuti arah cahaya. Untuk jenis tumbuhan yang berada pada area terang, maka akan terjadi pertumbuhan yang lambat.

Batang dari tanaman tersebut akan memiliki tekstur yang kuat dan warnanya menjadi hijau yang segar. Hal tersebut karena hormon auksin yang bekerja telah terhambat oleh sinar matahari. Sebaliknya, jika tanaman tersebut terletak pada area gelap, maka akan terlihat pucat dan juga tekstur batangnya lemah.

Hormon auksin yang memiliki kombinasi giberelin akan mempercepat sel kambium pembuluh membelah. Sehingga, dapat mendukung pertumbuhan diameter dari batang tumbuhan.

Selain itu, fungsi hormon auksin yang mempunyai kombinasi giberelin juga dapat memacu tumbuhnya jaringan pembuluh, misalkan jaringan meristem dan juga jaringan parenkim. (R10/HR Online)

The post Fungsi Hormon Auksin Untuk Pertumbuhan Tanaman dan Pertanian appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/fungsi-hormon-auksin-untuk-pertumbuhan-tanaman-dan-pertanian/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service