Fungsi Brake Bleeder, Mempermudah Penggantian Rem ABS Kendaraan

Fungsi Brake Bleeder, Mempermudah Penggantian Rem ABS Kendaraan

Fungsi brake bleeder yaitu sebagai penyedot minyak rem. Kendaraan sepeda motor memang hadir dengan berbagai jenis. Merk dan jenis kendaraan roda dua ini bisa terbagi melalui spesifikasinya.

Apalagi kini modifikasi kendaraan ini semakin marak saja terjadi. Banyak beberapa komponen motor yang berubah hanya demi kenyamanan atau menambah performa kendaraan.

Atas tampilan dan ketahanannya yang cukup bagus banyak orang memodif komponen rem motor. Biasanya modifikasi ini merubah slang rem standar dengan beranyaman kawat baja (braided brake lines).

Padahal untuk rem standar atau bawaan pabrik lebih mudah dan simpel. Sedangkan untuk tipe ABS akan lebih rumit. Rem cakram hidrolik memang lebih nyaman dan daya cengkramannya yang kuat. Sayangnya, tipe rem yang satu ini memiliki cara perawatan yang cukup dan lebih dibanding rem biasa.

Bahan ketika mengganti komponen rem bagian dalam tidak boleh ada udara dan minyak yang tertinggal sedikitpun. Oleh sebab itu, fungsi brake bleeder anda butuhkan.

Alat ini mampu membantu mengatasi hal ini dengan baik dan cepat. Sehingga tidak akan timbul masalah pada rem kendaraan.

Fungsi Brake Bleeder untuk Rem ABS

Pada umumnya, penggunaan brake bleeder memang sudah tersedia secara lengkap beserta komponen penunjangnya. Kelengkapan peralatan yang ada bertugas untuk memperlancar fungsi dari peralatan yang satu ini.

Komponen pelengkapnya meliputi kit, selang, pompa, tabung, hingga kotak penyimpanannya pun sudah tersedia. Sehingga ketika anda sudah lengkap dengan peralatan lainnya.

Baca Juga : Komponen Kopling Mobil Lengkap Dengan Fungsi dan Cara Kerjanya

Fungsi brake bleeder itu sendiri cukup penting. Sebenarnya rem ABS memiliki metode yang sama dengan cara pompa rem lainnya.

Caranya cukup lakukan pompa tuas secara terus-menerus. Namun, karena rem ABS jalurnya cukup panjang jika menggunakan secara manual pasti akan membutuhkan waktu yang lama.

Oleh sebab itu, brake bleeder yang bisa membantu. Peralatan yang satu ini merupakan alaat yang berfungsi untuk menyedot minyak rem.

Bentuknya sendiri mirip seperti tabung untuk tempat penampungan minyak. Pada bagian atas alat ini terdapat selang yang berhubungan dengan nipel kaliper.

Selain itu, terdapat pipa dengan kran yang melengkapinya. Pipa tersebut berhubungan dengan kompresor, sebab cara kerjanya berhubungan dengan tekanan angin.

Cara Ganti Rem ABS dengan Melihat Fungsi Brake Bleeder

Penggantian rem ABS pada kendaraan memang tidak semudah seperti mengganti pada rem standar. Ada beberapa kendala yang bisa timbul ketika mengganti rem ABS dengan brake bleeder.

Pertama, tidak semua bengkel yang menyediakan rem khusus motor ABS. Biasanya ketika anda membutuhkan komponen ini harus memesannya terlebih dulu.

Baca Juga : Keunggulan Powder Coating untuk Komponen Kendaraan Bermotor 

Sebab tidak adanya ready stock. Ketika proses pemasangan saat melakukan bleeding atau memompa minyak rem harus bisa habis tanpa ada yang tersisa.

Selang rem akan lebih panjang sehingga waktu yang anda butuhkan tidak sebentar. Hal ini terjadi karena rem ABS dari bagian master depan dan belakang tersalur dahulu ke modulator.

Dari sinilah baru ke kaliper pada kedua roda. Karena jalurnya yang panjang memompanya pun lebih lama. Lantas bagaimana cara ganti rem ABS dengan memanfaatkan fungsi brake bleeder.

Gunakan Suntikan

Ketika anda ingin mengganti rem ABS dengan bantuan brake bleeder, sebaiknya gunakan suntikan. Menggunakan peralatan ini mempersingkat pemompaan daripada anda lakukan secara manual.

Cara ini bisa anda lakukan bergantian dengan roda bagian depan dan belakang. Hal ini memang mudah, namun tidak semudah menggunakan peralatan pompa brake bleeder.

Menggunakan Brake Bleeder

Fungsi brake bleeder memang mempermudah penggantian rem ABS dengan cepat. Cara ini cukup praktis karena minyak rem akan terserap dengan sempurna.

Baca Juga : Laci Dashboard Mobil, Fungsikan dengan Baik dan Tepat

Tabung yang ada pada komponen ini terhubung langsung pada nipel kaliper dan pipa dengan kran. Pipa akan terhubung dengan kompresor sehingga minyak rem tersedot. Gunakan setelah selang rem anda ganti. Pasang komponen ini dan minyak rem akan segera habis.

Tambahkan Minyak Rem

Langkah selanjutnya ketika mengganti rem ABS yaitu segera tambahkan jika kurang. Selama penyedotan, jangan biarkan minyak rem pada bagian master habis.

Fungsi brake bleeder memang cukup penting dalam penggantian rem ABS. Selain lebih praktis, menggunakan peralatan ini akan membuat minyak rem benar-benar bersih tanpa ada angin yang masuk. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Penyebab Klakson Mobil Bunyi Terus, Segera Cabut Sekringnya

The post Fungsi Brake Bleeder, Mempermudah Penggantian Rem ABS Kendaraan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/fungsi-brake-bleeder/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service