Fenomena Astronomi Retrograde Mars, Apa Saja Dampaknya?

Fenomena Astronomi Retrograde Mars

Fenomena astronomi Retrograde Mars akan hadir bulan September ini. Tahun 2020 sendiri memang menjadi gudang fenomena astronomi. Sejak Januari sebagai pembuka hingga September ini sudah ada banyak fenomena yang terjadi.

Begitupun dengan fenomena seperti Retrograde Mars. Apa pengertian dari Retrograde Mars? Lalu apa pengaruh fenomena ini dengan planet yang lainnya? Ternyata fenomena ini tidak hanya terjadi sekali saja.

Pada tahun 2018 juga pernah terjadi Retrograde Mars mulai bulan Juni hingga Agustus. Sedangkan untuk saat ini, periodenya berlangsung dari bulan September hingga November.

Baca Juga: Fenomena Astronomi Sepanjang Agustus 2020, Ada Apa Saja?

Fenomena Astronomi Retrograde Mars, Apakah Itu?

Siklus mundur planet Mars dengan menjauhi sudut pandang Bumi merupakan pengertian dari Retrograde Mars. Sehingga istilah lainnya adalah Mars berjalan mundur pada orbitnya. Hal ini membuat sudut pandang Bumi bergeser dan Mars terlihat menjauh.

Sebenarnya periode Retrograde juga bisa terjadi pada planet lain. Namun retrospektifnya berbeda-beda sesuai dengan tema dan pandangan planet itu sendiri. Retrograde merupakan waktu untuk kembali mundur dan kemungkinan mengambil sesuatu yang hilang.

Melansir dari Pandora Astrology, fenomena ini kemungkinan besar memang untuk mengambil sesuatu yang hilang. Bisa juga berputar ke dalam atau bahkan melepaskan sesuatu. Dalam astrologi, planet Mars memiliki arti atau istilah tersendiri. Mars merupakan planet yang mengawasi kekuatan, keberanian, dan juga tindakan.

Ketika Mars mengalami Retrograde atau bergerak mundur, maka akan memberikan beberapa dampak. Siklus ini memang tidak menentu, sebab periode sebelumnya terjadi pada tahun 2018. Sehingga untuk tahun ini masuk ke kali kedua untuk fenomena Retrograde Mars.

Mars membutuhkan waktu sekitar delapan hingga sepuluh minggu untuk melakukan Retrograde. Waktu yang cukup lama untuk bergerak mundur. Gerakan maju dari planet Mars akan terhambat mulai dari 9 September hingga 13 November 2020.

Kemudian fenomena astronomi Retrograde Mars akan membentuk sebuah persegi. Bentuk ini merupakan sudut yang paling tegang dan berkaitan dengan planet lainnya. Mars nantinya akan membentuk sudut tegang dengan planet Saturnus. Fenomena ini kemungkinan terjadi setiap 26 bulan sekali.

Ternyata tidak hanya Mars saja yang bisa mengalami fenomena Retrograde. Merkurius atau planet yang dekat dengan Matahari ini ternyata juga mengalami fenomena Retrograde. Berbeda dengan Mars, planet Merkurius membutuhkan waktu yang singkat untuk melakukan Retrograde.

Baca Juga: Fenomena Astronomi Juni 2020 yang Bisa Disaksikan, Catat Tanggalnya!

Dampak Fenomena Astronomi Retrograde Mars

Menurut psikologis, Mars memiliki keterkaitan dengan proses individualis seseorang. Secara bertahap diri sendiri akan berusaha untuk menyenangkan dirinya sendiri. Tidak hanya itu saja, Mars juga memiliki keterkaitan dengan emosi kolerik yang berarti kemarahan dan frustasi.

Masih dalam perspektif psikologis yang membahas mengenai fenomena astronomi Retrograde Mars. Ketika planet Mars sudah masuk dalam fase mundur, maka seseorang akan menghadapi dirinya sendiri. Sehingga berkaitan dengan individual seseorang terhadap dirinya sendiri.

Efek dari Retrograde Mars ini sebenarnya tergantung pada posisi dan pergerakannya. Namun secara keseluruhan, planet yang bergerak mundur akan berpengaruh pada horoskop. Sehingga akan mempengaruhi beberapa karakter individual.

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa Retrograde adalah sesuatu yang buruk. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar, sebab fenomena ini bisa menjadi wujud untuk berevolusi. Sehingga menjadi tantangan tersendiri untuk tumbuh dan berkembang.

Mars mencerminkan planet energi yang berkaitan dengan tindakan. Menurut astrologi modern, Mars merupakan penguasa api dari Aries. Sedangkan astrologi tradisional menyebutkan bahwa Mars adalah penguasa air dari Scorpio. Fenomena astronomi Retrograde Mars akan berdampak pada bagaimana cara seseorang mengekspresikan kemarahannya.

Kemudian ekspresi untuk memberikan dorongan dan motivasi. Namun arti mendasar dari Retrograde Mars adalah kekurangan energi. Sehingga anda mungkin merasa enggan dan malas seperti minim tenaga.

Untuk puncak fenomena Retrograde Mars sendiri terjadi ketika sudah memasuki oposisi Mars. Apa arti dari oposisi Mars? Peristiwa ketika seluruh permukaan Mars telah menghadap ke Bumi.

Lalu terkena sinar Matahari dan tampak lebih terang. Sehingga pengamatan pergerakan Mars dari Bumi juga berbeda. Mulanya dari barat ke timur, namun harus berbeda arah menjadi timur ke barat.

Oposisi Mars akan terjadi pada 14 Oktober mendatang dan menjadi tanda puncak Retrograde Mars. Fenomena astronomi Retrograde Mars berikutnya akan berselang 2 tahun tepatnya Oktober 2022. (R10/HR Online)

The post Fenomena Astronomi Retrograde Mars, Apa Saja Dampaknya? appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/fenomena-astronomi-retrograde-mars/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service